Cara Melindungi Keluarga Dari Bahaya DBD

Cara Melindungi Keluarga Dari Bahaya DBD

Salah satu penyakit yang berkaitan erat dengan musim hujan adalah DBD. DBD atau yang biasa masyarakat dikenal sebagai penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Meskipun gejala yang ditimbulkan penyakit ini sepele, namun jika tidak segera diobati, DBD bisa menjadi penyakit membahayakan. Untuk itu, 

Tips Penting Melindungi Keluarga Dari Bahaya DBD

Berikut ini beberapa tips penting 'Cara Melindungi Keluarga Dari Bahaya DBD' :

  • Rajin Menguras Bak Mandi

Penyebab utama penyakit DBD adalah karena perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti yang berkembang di air yang tergenang. Untuk itu, saat musim penghujan tiba pastika kamu sudah menutup semua wadah yang bisa menimbulkan genangan air, tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD ini.

Jika sudah memastikan semua tempat aman dari munculnya genang air, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah rajin menguras bak mandi. Pastikan jika bak mandimu selalu bersih dan terjaga dari jentik nyamuk. Kuras bak mandi seminggu sekali, untuk memastikan tidak ada larva nyamuk yang berkembang biak di dalamnya.

  • Pasang Kasa dan Kelambu Nyamuk

Jika kamu mempunyai anak yang berusia bayi, maupun di bawah 5 tahun, memasang kelambu nyamuk di tempat tidurnya bisa menjadi salah satu langkah yang cukup efektif untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti ini. 

Selain memasang kasa maupun kelambu nyamuk ini, kamu juga bisa menggunakan lotion anti gigitan nyamuk yang biasa dijual di supermarket. Nyamuk tidak akan suka dengan wangi dan kandungan yang terdapat di dalam lotion, sehingga bisa mematikan nyamuk secara cepat.

  • Jangan Menumpuk Baju Terlalu Lama

Tips pencegahan DBD selanjutnya adalah jangan menumpuk maupun menggantung baju terlalu lama. Karena, hal ini bisa dijadikan sebagai alat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti untuk menaruh telurnya, tentunya selain menggunakan media air yang tergenang. 

Untuk itu, selalu rajinlah membersihkan rumah. Baik itu bak mandi di kamar mandi, maupun gantungan baju yang sering digantung di belakang pintu kamar. Mulai saat ini, biasakan untuk langsung melipat baju yang sudah kering dan menyusunnya di lemari dengan rapi untuk meminimalisir perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.

  • Bersihkan Diri dan Lingkungan Sekitar

Untuk menjaga keluargamu dari penyakit DBD, langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan diri sendiri dan juga lingkungan sekitar. Langkah membersihkan diri sendir yaitu dengan rutin mandi dua kali sehari, dan selalu menggunakan pakaian tertutup saat keluar, agar tidak terkena gigitan nyamuk penyebab DB.

Sedangkan langkah yang bisa kamu tempuh untuk membersihkan lingkungan adalah, dengan menutup semua tempat yang memungkinkan terjadinya genangan air, memangkas rumput liar di sekitar rumah, dan melakukan fogging untuk mematikan larva nyamuk Aedes aegypti.

  • Mendaftarkan Keluarga Asuransi DBD

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk melindungi diri dan keluarga dari ganasnya penyakit DBD adalah dengan mendaftarkan asuransi demam berdarah. Pendaftaran asuransi ini bisa kamu lakukan di www.weplus.id . Dengan mendaftar asuransi demam berdarah ini, kamu sudah melakukan hal yang bisa menyelamatkan seluruh anggota keluarga.

Mungkin terdengar asing di telinga sebagian orang, karena asuransi pada umumnya adalah asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi mobil atau asuransi motor. Namun, di weplus.id memberikan asuransi demam berdarah yang bisa melindungi keluarga dan orang tersayang. Dengan begitu perlindungan kesehatan keluarga bisa lebih terjaga. 

Itulah lima tips mencegah dbd untuk keluarga yang bisa dilakukan dengan ampuh. Diharapkan dengan tips ini, keluarga bisa terbebas dari penyakit DBD. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan dan asupan nutrisi harian agar senantiasa sehat ya!

Penulis: Raka 17 Sep 2020 309