Berdampak Baik bagi Kesehatan, Ini Manfaat Minuman Probiotik

Berdampak Baik bagi Kesehatan, Ini Manfaat Minuman Probiotik

Hai Sobat We+, menjaga kesehatan itu sangat penting loh terlebih dalam kondisi pandemi seperti ini. Selain dengan menerapkan gaya hidup sehat, olahraga teratur, serta istirahat yang cukup, salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi minuman probiotik. 

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah minuman probiotik seperti di iklan-iklan di TV. Salah satu contoh minuman probiotik adalah yakult dan kombucha. Disebut minuman probiotik karena didalamnya terkandung sejumlah bakteri probiotik yang baik bagi kesehatan. Namun tahukah kamu apa saja manfaat dari minuman probiotik? Untuk itu simak penjelasan di bawah ini dengan seksama. 

5 Manfaat Minuman Probiotik bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bakteri probiotik yang terkandung dalam minuman probiotik yang kamu konsumsi memiliki manfaat dapat menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan probiotik dapat menyeimbangkan kembali ekosistem bakteri dalam pencernaan manusia. 

Selain itu, di dalam minuman probiotik, bakteri probiotik juga dapat membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar, mengatasi penyakit radang usus serta melawan infeksi bakteri H.pylori yang dapat memicu kanker lambung loh Sobat We+.

2. Menyeimbangkan  Ekosistem di Pencernaan

Manfaat dari minuman probiotik tentu saja tak lepas dari peran bakteri probiotik di dalamnya. Perlu Sobat We+ ketahui, bahwa bakteri serta jamur probiotik merupakan sesuatu yang amat dibutuhkan oleh tubuh, terutama dalam menyeimbangkan ekosistem bakteri dalam pencernaan. 

Dengan mengkonsumsi minuman probiotik, maka secara tak langsung kamu sudah membuat mikroorganisme baik dalam tubuh tetap bekerja dengan baik, sehingga akan berdampak juga terhadap baiknya sistem imun kamu. Apabila mikroorganisme dalam pencernaan kamu mengalami ketidakseimbangan, maka akan berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Mencegah dan Mengatasi Masalah Diare

Manfaat minuman probiotik juga dapat mencegah serta mengatasi masalah diare. Fakta ini dilansir dari Healthline yang menyebutkan bahwa probiotik baik untuk mencegah serta mengatasi masalah diare. 

Tidak ada salahnya apabila Sobat We+ mencoba mengkonsumsi minuman probiotik saat sedang mengalami diare. Sehingga memungkinkan gejala diare cepat diatasi dan tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Meskipun minuman probiotik digunakan dengan cara diminum, akan tetapi siapa sangka kalau rupanya probiotik dapat memberikan manfaat pada kesehatan kulit. Disebutkan bahwa bakteri atau jamur probiotik dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat, membantu saat pemulihan luka, serta melindungi kulit dari sinar matahari. 

Meski begitu ada baiknya konsumsi minuman probiotik juga tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tentu akan berdampak negatif bagi tubuh.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Sobat We+ yang saat ini sedang berjuang menurunkan berat badan berlebih, tidak ada salahnya nih untuk memasukkan minuman probiotik sebagai salah satu menu saat diet. Hal ini didasari dari riset yang menemukan bahwa bakteri probiotik yaitu Lactobacillus gasseri rupanya dapat mengurangi lemak di perut dalam kurun waktu 12 minggu. 

Meski begitu masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai fungsi dari probiotik terhadap penurunan berat badan nih Sobat We+. Jadi apabila kamu ingin menambahkan minuman probiotik dalam daftar menu sehat diet, sebaiknya konsumsi dengan secukupnya saja, jangan sampai berlebihan. 

Itulah 5 manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh yang harus kamu tahu. Selain kelima manfaat di atas, masih ada banyak manfaat bakteri probiotik lainnya seperti mengatasi infeksi pernapasan, menurunkan kolesterol jahat, hingga membantu menjaga kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Jadi, jangan lupa untuk minum minuman probiotik ya!

Penulis: Raka 30 Jan 2021 31