Asuransi Hanya Buang-Buang Uang, Bener Gak Sih?

Asuransi Hanya Buang-Buang Uang, Bener Gak Sih?

Halo Sobat We+, tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya asuransi. Banyak pandangan yang mengatakan bahwa asuransi merupakan sesuatu hal yang mahal dan buang-buang uang. Tentunya hal ini adalah pandangan yang salah ya sobat WE+. Sebab, biaya yang kamu keluarkan setiap bulannya akan sebanding dengan perlindungan yang kamu dapatkan dari asuransi tersebut. 

Selain itu, tujuan dan manfaat dari asuransi juga sangat beragam. Inilah beberapa tujuan asuransi sekaligus manfaatnya yang bisa memudahkan kehidupanmu. Yuk, simak sampai selesai! 

Tujuan Asuransi

  1. Asuransi untuk Ganti Rugi

Asuransi berguna untuk membayar ganti rugi atas semua kecelakaan yang terjadi seperti misalnya asuransi kesehatan, kendaraan, kebakaran, dan juga jiwa. Adapun untuk asuransi yang diberikan pada pihak tertanggung bisa saja bersifat kerugian kerugian sebagian atau total.

  1. Asuransi sebagai Pengalihan Resiko

Hal ini merupakan sebuah bentuk antisipasi yang dilakukan oleh pihak tertanggung kepada pihak penanggung. Apabila Sobat We+ ingin meminimalisir resiko terhadap suatu kejadian buruk yang memungkinkan untuk terjadi, maka bisa mengajukan asuransi kepada pihak penanggung. 

Pengajuan asuransi ini nantinya akan membantu menghilangkan masalah finansial yang telah terjadi. Pengalihan resiko ini akan berlaku ketika Sobat We+ sudah melakukan pembayaran premi pada perusahaan asuransi. Namun ketika dalam masa asuransi pihak tertanggung tidak mengalami kecelakaan, premi asuransi akan masuk ke dalam keuntungan perusahaan.

  1. Asuransi sebagai Kesejahteraan Anggota

Asuransi sebagai kesejahteraan anggota sesuai dengan prinsip Syariah dimana selama keberjalanan asuransi tidak bertujuan untuk mencari keuntungan melainkan untuk kesejahteraan umatnya. Manfaat asuransi ini biasanya diperoleh pada jenis asuransi suatu perhimpunan atau perkumpulan dimana mekanisme kerjanya hampir sama dengan koperasi.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Asuransi untuk Membayar Santunan

Asuransi untuk membayar santunan akan diberikan kepada pihak tertanggung apabila mereka telah meninggal dunia akibat kerugian yang telah terjadi. Jumlah santunan yang disalurkan sesuai dengan yang sudah tercantum di polis asuransi dimana santunan tersebut akan diberikan kepada ahli waris pihak tertanggung.

Manfaat Asuransi

  1. Investasi dan Tabungan

Asuransi bermanfaat sebagai sebuah investasi atau tabungan yang akan diberikan kepada pihak tertanggung apabila mereka telah mengalami kecelakaan yang menimbulkan kerugian. Sebagai investasi atau tabungan, asuransi akan bermanfaat untuk mengurangi beban finansial yang mungkin terjadi pada pihak tertanggung. Adapun untuk pengembalian dana yang telah diasuransikan bisa dicairkan dalam kurun waktu 5, 7, dan 10 tahun keberjalanan asuransi.

  1. Membantu Mengatur Keuangan

Manajemen finansial yang baik penting untuk dilakukan. Salah satu implementasinya dapat dilakukan dengan cara mengikuti program asuransi. Hal ini akan mencegah terjadinya pembengkakan pengeluaran apabila nantinya terjadi kecelakaan yang menyebabkan kerugian. Sehingga ketika nantinya asuransi sudah dicairkan, pihak tertanggung tidak perlu membayar penuh atas semua kerugian yang telah terjadi dimana hal ini akan memangkas pengeluaran.

  1. Memberikan Ketenangan

Ketika Sobat We+ sudah mengikuti program asuransi, maka hal tersebut akan menimbulkan rasa tenang pada pihak tertanggung karena ada yang bertanggungjawab terhadap segala kerugian yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, asuransi sangat bermanfaat untuk menanggung masalah finansial yang mungkin terjadi di masa depan sehingga Sobat We+ akan merasa lebih aman.

  1. Meminimalisir Kerugian

Ketika sudah mengikuti program asuransi, maka Sobat We+ tidak akan merasa khawatir terhadap kerugian yang mungkin terjadi. Hal tersebut terjadi karena semua kerugian sudah menjadi tanggungan pihak penanggung sehingga pihak tertanggung akan dapat meminimalisir jumlah pengeluaran akibat kerugian yang telah terjadi. Kerugian tersebut seperti misalnya kecelakaan, kebakaran, dan juga biaya rumah sakit.

Itulah tadi tujuan dan manfaat dari program asuransi. Pada dasarnya, asuransi dibuat untuk kemudahan dan perlindungan nasabah. Orang yang mendaftarkan asuransi bukan berarti sedang buang-buang uang. Tetapi, ia mempersiapkan perlindungan akan kejadian yang tidak terduga di masa depan. 

Bagi sobat WE+ yang mencari produk asuransi terbaik, bisa mengunjungi http://www.weplus.id. Mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, dan berbagai asuransi lainnya bisa kamu pilih dengan mudah sesuai kebutuhan kamu. Jadi, yuk kunjungi WePlus sekarang juga! 

Penulis: Raka 07 Dec 2021 209