Katanya Hanya Sedikit Millennials yang Bisa Beli Rumah, Bener Gak Sih?

Katanya Hanya Sedikit Millennials yang Bisa Beli Rumah, Bener Gak Sih?

Halo Sobat WE+, sebagai seorang millennials memang seringkali dipusingkan dengan urusan finansial. Terutama memikirkan bagaimana agar bisa membeli rumah pribadi di usia muda dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Nah, berikut ini adalah tips cara mengatur keuangan milenial yang bisa Sobat WE+ lakukan agar tujuan membeli rumah bisa tercapai. Simak yuk!

Terapkan 5 Cara Mengatur Keuangan Milenial 

  1. Produktif di Usia Muda

Siapa yang bilang, jika orang yang sukses adalah mereka yang sudah berumur dan sudah lama bergelut dalam pekerjaannya? Faktanya, di era modern nan canggih seperti ini, kaum milenial pun bisa berkarya dan mendatangkan pundi-pundi uang untuk mengelola finansial di masa depan.

Produktif di usia muda ini juga mendatangkan banyak keuntungan bagi kaum milenial. Apalagi di tengah maraknya teknologi canggih saat ini, yang semuanya bisa disulap menjadi uang. Misalnya saja adalah menjadi content creator YouTube, seperti Atta Halilintar yang meraup milyaran rupiah tiap bulannya. 

  1. Budayakan Kebiasaan Menabung

Trik selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengatur keuangan adalah membudidayakan kebiasaan menabung. Berapapun nominalnya, baik besar maupun kecil, kebiasaan  rutin menyisihkan uang ini bisa menjadi bekal untuk kamu di masa depan. Dengan mempunyai uang tabungan ini juga, kamu bisa menyusun berbagai plan untuk target ke depan.

Kamu bisa mulai membuka rekening khusus tabungan. Dimana rekening ini berbeda dengan rekening pribadi yang bisa kamu tarik dan setor semaumu. Gunakanlah rekening khusus tabungan ini sebagai biaya cadanganmu di tahun-tahun berikutnya. Karena kita tidak pernah tau, apa saja yang akan terjadi di hari mendatang.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Sisihkan 10% dari Penghasilan

Untuk memulai poin ke-2, kamu bisa mengawalinya dengan menyisihkan 10% dari akumulasi penghasilan yang kamu peroleh selama satu bulan. Mungkin jika dilihat, nominal ini terlihat kecil. Namun, jika kamu konsisten untuk melakukannya, maka selama satu tahun kamu sudah menabung 120% dari hasil kerja selama 1 tahun.

Misal saja gaji perbulan adalah Rp 4.000.000,00 maka akan didapatkan 10% sebanyak Rp 400.000,00. Jika angka ini dikali 1 tahun (12 bulan) maka akan diperoleh Rp 48.000.000,00. Dengan uang ini, kamu bisa mencicil untuk membangun masa depan, misalnya saja membangun rumah masa depan.

  1. Catat List Pengeluaran

Cara mengelola keuangan ala milenial berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah membuat list setiap pengeluaran yang kamu lakukan. Mungkin, terdengar sepele. Namun, dengan mencatat secara detail apa saja yang sudah kamu lakukan ini, secara tidak langsung kamu bisa berhemat dan menekan angka pembelanjaan di kemudian hari.

Untuk menerapkan trik yang ini, kamu tidak perlu membawa buku dan bolpoin ke mana saja. Pasalnya, sekarang sudah banyak aplikasi di Play Store yang bisa mengelola keuangan dan mencatat secara detail apa saja pengeluaranmu selama satu bulan penuh. 

  1. Selalu Latih dan Motivasi Diri untuk Investasi

Cara mengatur keuangan milenial terakhir yang bisa dicoba adalah dengan memberanikan diri untuk investasi sejak dini. Mungkin sebagian orang akan merasa takut jika mendengar kata “investasi” apalagi bagi mereka kaum milenial, padahal investasi ini mendatangkan banyak manfaat untuk kita.

Beragam keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi ini adalah kita mempunyai cadangan dana, jika sewaktu-waktu muncul kejadian maupun hal yang terduga. Pilihan jenis investasi ini pun sangat beragam, mulai dari deposito, reksadana, obligasi, saham, emas hingga properti.

Itulah lima cara mengatur keuangan milenial yang bisa diterapkan. Dengan melakukan berbagai tips tersebut, impian memiliki rumah di usia muda kini bukan hanya sebatas angan-angan saja. Mulai sekarang, yuk kelola keuangan kamu sebaik mungkin! 

Penulis: Raka 16 Aug 2021 37