Jadi Kaya dari Jualan Makanan Online? Ini Caranya!

Jadi Kaya dari Jualan Makanan Online? Ini Caranya!

Halo Sobat WE+, makanan menjadi kebutuhan pokok masyarakat, tidak heran jika ide bisnis makanan akan terus berkembang. Jualan makanan online bisa dijadikan usaha yang cukup menjanjikan mendatangkan keuntungan yang besar, berkembangnya teknologi akan memudahkan kamu dalam menjual produk kuliner. Saat ini banyak pengusaha makanan yang memanfaatkan teknologi sebagai alat pemasaran yang cukup efisien. 

Jika menjual makanan secara konvensional kamu perlu membuat warung atau restoran untuk mendapatkan pelanggan. Berbeda dengan menjual makanan secara online kamu tidak diharuskan untuk memiliki tempat jualan khusus cukup di rumah kamu sudah bisa berjualan. Selain itu juga, menjual makanan secara online akan lebih memudahkan pembeli memesan makanan lewat ponsel tanpa perlu pergi ke luar rumah.

Tips Cara Berjualan Makanan Secara Online

  1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial bisa kamu manfaat sebagai alat promosi dan pemasaran yang gratis dan cukup efisien mendatangkan pelanggan. Fakta menyatakan bahwa sebagian besar masyarakat memiliki media sosial pribadi, fakta ini akan memudahkan kamu mendapatkan pelanggan dalam jangkauan yang lebih luas. Salah satu media sosial yang bisa digunakan untuk berjalan makanan yaitu Facebook, fitur-fitur di Facebook lebih lengkap untuk berjualan baik makanan maupun produk lainnya. 

Selain itu, kamu bisa bergabung ke grup komunitas yang relevan dengan jenis usaha makanan yang kamu jalankan. Biasanya mengunggah postingan penawaran produk kuliner di grup Facebook lebih berpeluang mendapatkan pelanggan baru dalam cakupan yang lebih luas. Tawarkan juga berbagai promo atau penawaran menarik lain untuk menarik perhatian mereka.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Bergabung dengan Aplikasi Pesan Antar

Selain, menawarkan jualan di media sosial kamu juga perlu mendaftarkan usaha kuliner di aplikasi pesan antar, seperti GoFood, GrabFood, dan Shopee Food yang sekarang paling banyak digunakan masyarakat. Dengan mendaftarkan usaha kuliner di aplikasi pesan antar bisa berpeluang meningkatkan omset penjualan. 

Orang akan lebih mudah menemukan produk makanan yang kamu jual melalui aplikasi pesan antar tersebut. Tidak hanya itu pelanggan akan lebih terbantu saat ingin membeli makanan darimu karena mereka cukup menunggunya pesanannya diantar ke rumah.

  1. Selalu Jaga Cita Rasa

Terkadang ada pengusaha makanan yang mengubah cita rasa makanannya karena sudah memiliki banyak pelanggan dan sudah dikenal banyak orang. Tujuan mereka biasanya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan mengurangi takaran bumbu yang biasanya digunakan. Hal ini, justru tidak patut dicontoh meskipun berjualan makanan online di mana penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. 

Jika dilakukan, malah akan berdampak buruk untuk usaha makananmu para pelanggan setianya akan beralih membeli makanan dari tempat lain yang dinilai memiliki rasa yang lebih enak. Jika harga bahan baku sedang naik sebaiknya tidak mengurangi takaran bumbu dan bahan-bahan lainnya agar cita rasa tidak berubah, solusinya bisa dengan menaikkan harga agar kamu tidak rugi dan pelanggan tetap puas saat membeli makanan darimu.

  1. Memberikan Penawaran Menarik kepada Pelanggan

Untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya kamu perlu membuat penawaran menarik untuk tujuan promosi. Dengan memberikan penawaran menarik seperti promo buy one get one atau memberikan merchandise untuk setiap pembeli yang membeli dengan jumlah pesanan tertentu. Membuat program promosi bisa kamu lakukan sesekali pada hari-hari spesial atau hari-hari besar.

Sobat WE+ usaha jualan makanan online memang cukup irit modal dan cukup mudah dilakukan oleh siapa saja. Terutama untuk para ibu rumah tangga yang membutuhkan penghasilan tambahan.

Penulis: Raka 26 Nov 2021 23