Jangan Sembarangan, Yuk Ikuti 5 Tips Fitness yang Benar

Jangan Sembarangan, Yuk Ikuti 5 Tips Fitness yang Benar

Fitness memang sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Akan tetapi, hal itu bisa menimbulkan dampak yang kurang baik jika sobat WE+ melakukannya dengan sembarangan tanpa memperhatikan aturan serta tips fitness. Sebab, jika tidak ada panduan dalam fitness, cedera otot bukan tidak mungkin akan sering menghampiri.

Macam-macam Tips Fitness yang Perlu Diperhatikan

Keberadaan tips-tips yang dibuat oleh para ahli bagi pecinta fitness bukanlah tanpa tujuan. Jika tips tersebut dilakukan dan dipatuhi dengan baik, proses olahraga akan berjalan lancar dan nyaman tanpa takut adanya cedera otot atau gangguan pada bagian-bagian tubuh lainnya.  Inilah beberapa tips fitness yang harus sobat WE+ perhatikan:

1. Jangan Hanya Terfokus pada Satu Alat Saja

Bagi sobat WE+ pecinta fitness khususnya yang masih pemula, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan fitness yang berfokus pada satu alat saja. Hal ini akan membuat otot yang terbentuk di dalam tubuh tidak akan merata.

Selanjutnya, jika otot tidak merata, maka bagian tubuh yang lain bisa mengalami gangguan yang berarti. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan kombinasi alat-alat fitness minimal 2 macam untuk permulaan agar keseimbangan di dalam tubuh akan senantiasa terjaga.

2. Jangan Terburu-buru

Fitness adalah olahraga berat yang mana dalam melakukannya sobat WE+ semua harus santai dan dilarang terburu-buru. Dalam hal ini, semua tahapan dari fitness harus dilakukan dengan urut dan hati-hati. Sebaiknya, libatkanlah instruktur jika sobat WE+ memang masih pemula.

Jika fitness dilakukan dengan terburu-buru, dikhawatirkan jika kinerja otot di dalam tubuh tidak akan kuat mengimbangi latihan fisik yang cepat dan berat. Selanjutnya, otot tersebut akan mengalami pembengkakkan dan gejala-gejala  gangguan yang lain.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Tidak Boleh Memaksakan Diri Melakukan Latihan Berat

Tips fitness berikutnya yakni sobat WE+ tidak boleh memaksakan diri untuk cepat melakukan latihan fisik yang berat. Tingkatan latihan fisik dalam fitness harus benar-benar diselesaikan tahap demi tahap agar tubuh kuat dalam melakukan latihan yang lebih berat pada tahapan berikutnya.

Memaksakan diri untuk cepat melakukan latihan yang lebih berat merupakan tindakan yang salah dan bisa membahayakan diri sendiri.

4. Wajib Melakukan Pemanasan

sobat WE+ jangan beranggapan bahwa pemanasan sebelum melakukan fitness hanyalah sebatas formalitas dan tidak wajib dilakukan. Sebaliknya, hal itu merupakan suatu keharusan yang mempunyai dampak sangat besar jika tidak dilakukan.

Ketika sobat WE+ tidak melakukan pemanasan sebelum fitness, maka kondisi otot belum rileks dan kemungkinan besar belum kuat jika diajak melakukan gerakan latihan fisik yang berat. Akibatnya, cedera bisa menghampiri kapan saja.

5. Tahu Waktu untuk Beristirahat

Jangan memaksakan diri untuk terus melanjutkan aktifitas fitness jika memang sudah mulai kelelahan. Walaupun tidak merasa lelah, sobat WE+ juga harus tahu diri kapan waktu terbaik untuk beristirahat dari segala latihan fisik yang sangat berat tersebut.

Istirahat di sini sangat penting karena bisa membuat otot relaksasi lebih lama dan untuk menghindari adanya kram. Dalam satu kali latihan, istirahat selama 20 hingga 30 menit sambil meneguk minuman dan menyantap makanan sehat sangat diperlukan. 

Semoga beberapa tips fitness yang disampaikan di dalam pembahasan kali ini memberikan manfaat bagi sobat WE+ semua agar bisa lebih berhati-hati ketika sedang berolahraga. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi pemula yang baru terjun ke dunia fitness. Jangan lupa juga untuk disebarkan luaskan kepada sesama pecinta olahraga supaya mereka terhindar dari berbagai macam cedera ya! 

Penulis: Raka 23 Jan 2021 32