Jangan Langsung Dibuang, Berikut Manfaat Ampas Kopi!

Jangan Langsung Dibuang, Berikut Manfaat Ampas Kopi!

Kalau kamu senang menyeduh kopi sendiri di rumah, pastinya kamu akan menemukan banyak ampas kopi yang tersisa. Eits, jangan langsung dibuang begitu saja ya. Ada banyak banget cara cerdas dan kreatif supaya kamu bisa mengambil manfaat ampas kopi.

Tidak masalah jenis biji kopi yang kamu gunakan, semua ampas kopi memiliki peluang untuk dimanfaatkan kembali. Bahkan saat ini ada juga lho bisnis jual ampas kopi karena permintaannya sendiri juga lumayan banyak. Tengok yuk apa yang bisa kamu lakukan dengan ampas kopimu. 

Gunakan sebagai Pupuk Tanaman

Ternyata, manfaat ampas kopi untuk tanaman tidak main-main. Ampas kopi memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan tanaman, seperti nitrogen, kalsium, dan kromium. Selain itu, ampas ini juga dapat membantu tanah menyerap kandungan logam berat yang berpotensi menjadi polutan.

Untuk dapat menggunakan ampas kopi sebagai pupuk, kamu tinggal menyebarkannya saja di atas tanah. Gunakan secukupnya saja dan ulangi setelah beberapa waktu. 

Sebagai Bahan Membuat Scrub Alami

Kamu tidak perlu repot lagi membeli lulur atau body scrub di pasaran. Ampas kopi adalah salah satu eksfoliator alami terbaik yang bekerja efektif mengangkat lapisan sel kulit mati. Selain itu, kopi juga memiliki manfaat mengencangkan kulit.

Pertama-tama kamu perlu menyiapkan wadah kaca bersih. Masukkan 3 sendok makan ampas kopi, lalu tambahkan 1-2 sendok makan virgin coconut oil. Jika kamu memiliki avocado oil ataupun rice bran oil, kamu juga bisa sedikit menambahkannya. Aduk hingga merata dan scrub alamimu siap digunakan.

Penghalau Serangga

Kebanyakan serangga tidak terlalu menyukai aroma kopi yang begitu menyengat, termasuk ampas kopi sekalipun. Jika kerumunan semut sering mengitari area tertentu di rumah kamu, ini saatnya memanfaatkan sisa seduhan kopimu.

Ambil segenggam ampas kopi lalu taburkan agak tebal di sekitar area yang sering dilalui semut. Untuk memastikannya tetap bekerja dengan baik, kamu perlu mengulanginya lagi setidaknya satu kali dalam seminggu. 

Selain itu, ampas kopi juga bisa lho digunakan sebagai pengganti obat nyamuk, namun kamu perlu sedikit usaha ekstra. Pertama-tama, pastikan ampas kopi sudah kering lalu ambil beberapa bagian dan letakkan di dalam clay pot. Selanjutnya, ambil satu batang korek api, nyalakan apinya lalu letakkan di atas ampas kopi.

Nyamuk-nyamuk tidak akan mendekat di area tersebut. 

Sebagai Penghilang Bau Tempat Sampah

Bau tidak sedap di sekitar tempat sampah tentu mengganggu kenyamanan kamu. Nah, kabar baiknya, ampas kopi bisa kamu jadikan sebagai penyerap bau yang tidak sedap ini.

Caranya, siapkan satu wadah kaca, lalu masukkan ampas kopi secukupnya ke dalam. Selanjutnya masukkan sedikit soda kue dan tambahkan juga garam. Aduk secara merata dan letakkan di dekat tempat sampah. 

Kamu tidak akan lagi mencium bau-bauan tidak sedap di sekitarnya. Selain itu, kamu bisa juga menggunakan ampas kopi untuk pengharum ruangan.

Mengurangi Kantong Hitam Bawah Mata

Banyak sekali tradisi skincare rumahan yang berusaha mengambil manfaat ampas kopi untuk wajah. Salah satu yang cukup populer yaitu untuk mengurangi lingkaran di bagian bawah mata yang menghitam dan kelelahan.

Pertama-tama, kamu perlu siapkan satu sendok makan ampas kopi. Kemudian campur dengan sedikit air dan aduk perlahan hingga menjadi pasta. Oleskan perlahan di bagian kantong mata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kalau kamu mau, kamu juga bisa meratakannya di seluruh muka sebagai masker kopi.

Setelah itu, bilas dengan air. Jika kamu melakukannya secara rutin, lingkaran hitam di bawah mata akan perlahan memudar dan kondisi kulitmu semakin membaik.

Nah, itu dia beberapa manfaat ampas kopi yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semuanya mudah, murah, dan pastinya kreatif. Semoga artikel ini berguna untuk kamu ya!

 

Gambar oleh Elias Shariff Falla Mardini dari Pixabay

Penulis: Raka 06 Jul 2020 133

Penulis: Raka
10 Jun 707
249
Penulis: Raka
11 Nov 909
30
Penulis: Raka
07 Oct 2020
75