Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Halo sobat WE+! Apakah ada diantara kamu yang merupakan seorang vegetarian? Menjadi vegan atau vegetarian kini memang menjadi gaya hidup yang sedang tren di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan. Gaya hidup sehat menjadi vegan atau vegetarian ini artinya tidak makan daging dan olahan daging. Lalu, apa perbedaan vegan dan vegetarian secara umum? 

Perbedaan Vegan dan Vegetarian dalam Pola Hidup Sehat

Sebelum memutuskan untuk menjalankan pola hidup sebagai vegan atau vegetarian, sobat WE+ harus tau apa perbedaan vegan dan vegetarian terlebih dahulu. Sebab, keduanya memiliki perbedaan tersendiri. Inilah perbedaan antara vegan dan juga vegetarian:

1. Vegetarian

Vegetarian merupakan orang-orang yang tak makan produk atau olahan dari hewan, yaitu daging-dagingan seperti daging ayam, ikan atau sapi. Seorang vegetarian juga tidak akan makan-makanan seperti berikut:

  1. Daging
  2. Lemak yang berasal dari hasil penyembelihan hewan
  3. Unggas (seperti misalnya daging ayam atau bebek)
  4. Gelatin dan jenis protein hewani
  5. Ikan, kerang dan jenis seafood lainnya
  6. Serangga

Namun sebagian besar vegetarian, ada juga yang masih mengkonsumsi produk sampingan yang diperoleh dari hewan tapi pengolahan produknya tidak harus membunuh hewan tersebut. Seperti misalnya:

  1. Madu
  2. Susu dan olahannya (contohnya keju atau yoghurt)
  3. Telur

Tipe-tipe dari vegetarian ini juga masing-masing tidak sama. Berikut ini beberapa tipe vegetarian yang juga bisa membedakan antara vegan dengan vegetarian:

  • Lacto-ovo vegetarian

Lacto-ovo vegetarian adalah vegetarian yang tidak mengkonsumsi daging tetapi masih mengkonsumsi telur, susu dan produk olahannya.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  • Vegan

Vegan adalah vegetarian yang tidak mengkonsumsi segala jenis dan bentuk makanan yang asalnya dari hewan.

  • Lacto vegetarian

Lacto vegetarian adalah vegetarian yang tidak mengkonsumsi daging dan telur tapi masih mengkonsumsi susu dan produk olahannya.

  • Ovo vegetarian

Ovo vegetarian adalah vegetarian yang tidak mengkonsumsi segala jenis makanan yang berasal dari hewan kecuali telur saja.

2. Vegan

Pada dasarnya, vegan hampir sama seperti vegetarian, karena keduanya sama-sama menghindari produk olahan dari hewan. Namun, yang membedakan dengan vegetarian adalah vegan merupakan bentuk dari vegetarian yang lebih ketat. Bagi vegan society, vegan ini telah menjadi gaya hidup yang dimana mereka sebisa mungkin akan menghindari segala jenis eksploitasi dan kekejaman yang dilakukan pada hewan. Jadi selain ingin hidup sehat, biasanya vegan ini adalah orang-orang yang suka atau menyayangi binatang sehingga sama sekali tak mau makan makanan yang berasal dari hewan itu.

Seorang vegan juga tidak hanya tak makan daging saja tapi mereka juga tak minum susu, tak makan telur, serta bahan-bahan yang berkaitan dengan hewani. Termasuk bahan-bahan seperti madu, albumin, kasein, gelatin, lak, dan sebagian besar makanan yang mengandung vitamin D3.

Dalam konteks jenis makanan yang dimakannya, vegan dengan vegetarian ini tentu berbeda. Seperti apa saja yang boleh dan tak boleh dimakan baik oleh vegetarian ataupun vegan. Jadi, kalau sobat WE+ ingin menjadi vegetarian bisa pilih dulu jenis makanan yang boleh dan tak boleh dimakan, atau bisa juga menjadi vegan yang sama sekali tak makan produk yang berasal dari hewan.

Nah, sobat WE+, itulah perbedaan vegan dan vegetarian di dalam pola hidup sehat yang kini sudah banyak dijalankan oleh orang-orang. Dari informasi ini bisa kita tahu bahwa meski dianggap sama, ternyata kedua istilah ini memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Jadi, sebelum memutuskan untuk menjadi vegan atau vegetarian, pahami dahulu perbedaan diantara keduanya ya sobat WE+. 

Penulis: Raka 28 Dec 2020 238