Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan, Saat Banjir Melanda

Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan, Saat Banjir Melanda

Sebentar lagi musim hujan akan tiba maka perhatikan dengan seksama cara menjaga kesehatan. Biasanya ketika musim hujan melanda, salah satu musibah yang terjadi hampir merata di setiap pulau adalah banjir. Entah itu daerah dataran rendah maupun tinggi. Saat banjir melanda, maka akan banyak orang yang terkena penyakit. Dari yang ringan seperti batuk dan pilek, sampai yang cukup parah seperti diare atau demam berdarah. 

Kondisi cuaca yang dingin dan sangat lembab membuat penyakit mudah menyerang. Ketika musim panas, bakteri dan virus lebih mudah mati dengan bantuan sinar matahari. Namun saat musim penghujan, sinar matahari tidak terlalu serang memancarkan panasnya yang membara. ini juga menyebabkan tubuh kurang terpapar sinar matahari. Akibatnya bakteri dan virus lebih mudah menyerang.  

5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Banjir

Memang dalam kondisi musim hujan ditambah banjir melanda, stamina tubuh harus lebih ditingkatkan. Pastikan asupan kebutuhan tubuh terpenuhi dengan baik. Tak perlu juga sampai harus merogoh kocek terlalu dalam untuk vitamin dan meningkatkan stamina. Berikut adalah cara menjaga kesehatan saat banjir datang:

 

  • Jaga Suhu Tubuh Agar Selalu Hangat 

 

Cuaca tak menentu dingin sering menyerang. Usahakan agar kondisi badan lebih hangat. Sebagian orang tidak kuat cuaca dingin. Bawalah payung atau jaket bila bepergian. Bawa baju ganti karena kita tak pernah tahu kapan hujan akan datang. Bila baju basah karena kehujanan, segera ganti. 

 

  • Jaga pola makan

 

Perhatikan asupan makanan dan minuman. Gizi yang seimbang tak harus mahal kok. Tetap konsumsi sayur, buah, protein nabati, dan hewani. Hindari junk food dan minuman kemasan yang banyak mengandung gula. Makanan dan minuman instan kurang baik untuk kesehatan. Kalau ada dana lebih, silahkan alokasikan untuk membeli vitamin penambah stamina. Bila tidak, asal asupan nutrisi tercukupi, tak masalah kok tak mengkonsumsi suplemen atau vitamin.

Cukupi asupan cairan tubuh. Cuaca dingin seringkali membuat orang malas minum karena merasa tidak haus. Belum lagi cuaca dingin membuat orang lebih serang ke kamar kecil untuk buang air kecil sehingga banyak yang mengabaikan asupan cairan tubuh. Padahal dengan terhidrasinya tubuh, maka kesehatan akan lebih terjaga. 

 

  • Jaga Kebersihan Alas Kaki

 

Akan lebih baik membawa sandal anti air untuk digunakan saat terjebak banjir. Bila alas kaki basah, segera keringkan, dan ganti. Kondisi kaki yang lembab dan basah dapat membuat tubuh sakit. Masuk angin, kepala pusing, bahkan demam. Karena itulah, usahakan agar alas kaki selalu kering dan kaki selalu bersih. 

 

  • Jaga Pikiran Agar Tetap Positif

 

Kondisi pikiran sangat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Dalam keadaan apapun, salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan menjaga pikiran positif. Tidak perlu terlalu cemas dengan banjir yang sedang melanda. Pikiran positif akan mengundang energi yang lebih banyak. Bahkan penelitian telah membuktikan bahwa selalu merasa bahagia dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh secara signifikan. 

 

  • Tingkatkan Vitalitas

 

Cara menjaga kesehatan berikutnya adalah dengan meningkatkan vitalitas tubuh. Olahraga juga tetap diperlukan lho saat musim banjir. Memang tidak sebebas saat musim panas ketika berolahraga, namun bisa diakali dengan melakukan olahraga dalam ruangan. Paling mudah adalah dengan melakukan yoga, bahkan saat banjir melanda pun yoga dapat dilakukan.

Demikianlah 5 tips cara menjaga kesehatan saat banjir melanda. Mudah bukan? Tidak mahal juga lho. Nah setelah mengetahui tips mudah ini, maka kamu gak perlu khawatir lagi menghadapi musim hujan yang segera datang. Juga tak perlu takut saat banjir melanda. Hadapi dengan tenang. Jangan panik dan tetap jaga kondisi fisik dan mental ya Sobat WE+! 

Penulis: Raka 09 Nov 2020 57