Ini 5 Tips Sebelum Membeli Rumah yang Wajib Diperhatikan

Ini 5 Tips Sebelum Membeli Rumah yang Wajib Diperhatikan

Sebagai sebuah kebutuhan primer, rumah memang sangat penting untuk dimiliki. Untuk itu, dalam membeli rumah juga tidak bisa sembarangan, karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dengan matang. Kamu harus memperhatikan beberapa hal, agar bisa mendapatkan rumah idaman yang diinginkan. Lalu, apa saja tips beli rumah yang wajib kamu tahu?

Catat 5 Poin Penting Tips Saat Ingin Beli Rumah

Berikut ini adalah tips penting yang harus sebelum Kamu membeli Rumah.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Keluarga

Tips beli rumah pertama yang harus kamu perhatikan adalah mengenai kebutuhan tiap anggota keluarga. pastinya, sebelum membeli rumah kamu harus mempunyai ancang-ancang mengenai, berapa banyak kamar yang diperlukan? Apakah memerlukan garasi mobil? Apakah memerlukan taman belakang? Dan juga kebutuhan lainnya.

Jika sudah mengambil ancang-ancang mengenai jumlah kamar, fasilitas yang ditawarkan, dan juga sudah melakukan diskusi keluarga, kamu bisa melanjutkan memilih rumah hunian yang layak dan sesuai keinginan keluarga besar. Tentunya, harus memperhatikan berapa budget yang ada di kantong kamu juga.

Baca Juga : Setelah Menikah Beli Rumah atau Beli Mobil Dulu?

2. Sesuaikan dengan Budget atau Keuangan yang Dimiliki

Tips membeli rumah berikutnya yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah mengenai budget yang kamu miliki. Jangan mudah terbujuk pada tawaran rumah idaman yang memiliki fasilitas lengkap dan nyaman, namun dipatok dengan harga tinggi dan tidak sesuai di kantongmu. Pasalnya, hal ini malah akan merepotkanmu di kemudian hari.

Untuk itu, pastikan kamu melihat harga-harga rumah hunian yang ditawarkan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jika kamu membayar uang DP lebih besar, maka jumlah cicilan di kemudian hari akan lebih kecil. Berlaku juga sebaliknya. Untuk itu, pastikan kamu benar-benar memperhitungkan budget dan pendapat bersih kamu setiap bulannya.

3. Skor Kredit yang Dimiliki

Sebelum membeli rumah idaman hunian keluarga, kamu juga harus memperhatikan skor kredit yang dimiliki. Skor kredit ini sendiri akan menentukan seberapa layaknya kamu memenuhi persyaratan untuk mengajukan KPR. Tidak hanya itu saja, skor kredit ini juga akan menentukan berapa tingkat suku bunga yang harus kamu bayarkan.

Tidak hanya itu, pihak pemberi kredit juga akan menentukan besarnya rasio hutang terhadap penghasilan yang dimiliki saat ini dengan melihat skor kredit yang kamu miliki. Untuk itu, kamu hanya bisa mengajukan kredit dengan rasio utang terhadap penghasilan sebesar 30% saja.

4. Survei Langsung Rumah yang Akan Dibeli

Tips membeli rumah selanjutnya adalah pastikan kamu sudah menyurvei secara langsung rumah yang akan dibeli. Jangan hanya mengandalkan makelar dan percaya begitu saja dengan perkataan penjual.

Pastikan juga jika rumah yang akan kamu beli terletak di tempat yang strategis, dekat jalan raya, Mall, RS, dan tempat ibadah. Kamu juga harus mencari tahu berapa pasaran harga tanah di daerah sekitar, sebelum langsung percaya dengan penjual dan menyerahkan uang DP.

5. Pastikan Sudah Mempersiapkan Dana untuk DP

Setelah semua poin di atas kamu lakukan, langkah selanjutnya yang bisa kamu ambil adalah mempersiapkan DP atau uang muka. Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, semakin besar DP yang kamu bayar di muka, maka cicilan bulan selanjutnya akan kecil.

Hal ini akan berbanding terbalik jika DP yang kamu bayar adalah sedikit. Maka bisa jadi, cicilan per bulannya bertambah banyak, atau jangka pembayarannya diperpanjang. Kamu bisa menyesuaikan ini sesuai dengan pengeluaran dan pendapatan bersih tiap bulan.

Baca Juga : 4 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Hidup Lebih Aman

Itulah lima tips beli rumah yang wajib kamu pahami. Jangan hanya terpancing dengan omongan penjual atau makelar saja, kamu juga harus membuktikannya secara langsung mengenai hunian idaman yang akan kamu tempati. Dengan begitu, kondisi rumah yang akan dibeli benar-benar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi kamu. 

Penulis: Raka 16 Oct 2020 69

Penulis: Raka
28 Aug 2020
201