Ketahui 7 Cara Klaim Asuransi Kesehatan dengan Mudah

Ketahui 7 Cara Klaim Asuransi Kesehatan dengan Mudah

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita bisa merasa terbantu jika mengalami kondisi atau masalah pada kesehatan terutama untuk kasus-kasus berat, seperti contohnya operasi atau perlunya rawat inap untuk pemulihan dari penyakit yang diderita. Setelah terdaftar dalam salah satu asuransi, pertanyaannya ketika sakit nanti, bagaimanakah cara klaim asuransi kesehatan tersebut? 

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, serta langkah-langkah yang harus diketahui ketika kita ingin mengajukan klaim atas asuransi kesehatan. Jika sudah paham, maka pada prosesnya nanti, kamu nggak akan kebingungan lagi. Untuk itu, baca informasi ini hingga selesai ya.

Seperti Ini Langkah dan Cara Klaim Asuransi Kesehatan 

Berikut tata cara untuk klaim asuransi kesehatan yang harus kamu ketahui, diantaranya:

  1. Saat mengalami masalah kesehatan, masuk rumah sakit, harus rawat inap atau berbagai keadaan lain yang mengharuskan adanya tindakan kesehatan, kamu bisa langsung menghubungi pihak asuransi kesehatan untuk memberikan kabar. Biasanya penyedia jasa asuransi atau agen akan memberitahu langkah apa yang kemudian harus kita lakukan. Bahkan, beberapa diantaranya telah bekerja sama dengan pihak rumah sakit atau menaruh perwakilannya di rumah sakit tersebut untuk mempermudah urusan kita.
  2. Jangan lupa untuk menyimpan setiap bukti transaksi yang dilakukan untuk proses reimburse nantinya.
  3. Ketika proses tindakan telah selesai, kamu bisa mulai mengajukan klaim dengan mengisi data atau sejumlah form yang dibutuhkan. Biasanya akan tersedia di website agen asuransi yang dipilih
  4. Kemudian, kamu akan diminta untuk mengikuti prosedur yang ditetapkan. Bisa mengirimkan form dan data yang dibutuhkan langsung ke kantor asuransi, bisa pula data-data tersebut dikirim atau diunggah secara online.
  5. Setelah dokumen tersebut terkirim, perusahaan asuransi akan melakukan pengecekkan atau konfirmasi ulang.
  6. Setelah selesai, maka dalam jangka waktu yang ditentukan pihak asuransi akan membayarkan dana pengobatan yang diajukan sesuai dengan kesepakatan.
  7. Sebaiknya jangan menunda pengajuan klaim terlalu lama, biasanya pihak asuransi tidak menerima pengajuan jika lebih dari 30 hari.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Klaim Asuransi Kesehatan

Selain langkah atau cara yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa poin yang berkaitan dengan asuransi kesehatan dan harus kamu pahami, yaitu:

  1. Pastikan Asuransi Kesehatan dalam Keadaan Aktif

Hal ini menjadi poin penting dan jangan sampai dilupakan. Lakukan pembayaran asuransi secara rutin. Selain itu, pastikan juga polis asuransi kamu telah melewati masa tunggu untuk klaim asuransi kesehatan.

  1. Mengetahui Poin atau Kondisi Apa Saja yang Bisa di Klaim

Sebelum mengajukan dan melakukan cara klaim asuransi kesehatan, pastikan dulu kondisimu bukan termasuk pada poin pengecualian ya. Biasanya kesepakatan ini sudah dijelaskan di awal. Mana saja yang dapat dicairkan dan mana pula yang tidak termasuk juga tak dapat di klaim.

  1. Memahami Metode Klaim

Proses klaim satu perusahaan asuransi dan yang lainnya mungkin saja tidak sama, jadi ketika memilih pada asuransi mana yang akan kita gunakan jasanya, maka ketahui dan pahamilah seluk beluknya sejak awal. Mulai dari premi, klausal pengecualian, hingga metode klaim termasuk pada hal-hal yang sifatnya mendadak. Poin ini penting agar kita tak kebingungan atau bahkan ‘kelimpungan’ ketika hendak mengklaim dana asuransi kesehatan tersebut.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan jika memiliki asuransi kesehatan. Salah satunya adalah kita bisa merasa lebih tenang dan terlindungi. Selain itu, dengan memahami cara klaim asuransi kesehatan yang benar, maka diharapkan proses klaim yang dilakukan bisa berjalan lancar dan tanpa hambatan. 

Penulis: Raka 19 Oct 2020 78