Ini 5 Manfaat Jalan Kaki yang Berdampak Baik untuk Tubuh

Ini 5 Manfaat Jalan Kaki yang Berdampak Baik untuk Tubuh

Jalan kaki jadi olahraga yang paling praktis dan murah yang bisa sobat WE+ lakukan. Meski banyak tren olahraga baru terus bermunculan, tapi pilihan olahraga ini masih banyak peminatnya loh. Selain itu juga membawa dampak baik untuk kesehatan tubuh.

Selain sudah pasti tanpa biaya, aktivitas fisik ini juga bisa jadi rutinitas harian sobat WE+. Mudah untuk dilakukan kapan saja, tergantung waktu luang. sobat WE+ bisa melakukannya di pagi hari setelah bangun tidur atau malam hari saat usai bekerja. Olahraga ini termasuk minim resiko, sehingga aman juga dilakukan oleh siapa saja.

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Sobat WE+ bisa melakukan olahraga ini dengan konsisten, mulai dari berapa langkah yang sobat WE+ mampu. Tidak perlu sampai 10.000 langkah, anjurannya hanya 7.500 langkah per hari sudah cukup. Inilah berbagai manfaat jalan kaki untuk kesehatan:

1. Menjaga Berat Badan Stabil

Olahraga yang mudah dan murah tersebut, sudah terbukti dapat menurunkan berat badan. Apalagi jika dilakukan rutin setiap hari, dan sudah lebih dari 10.000 langkah. Hasilnya akan meningkatkan pembakaran lemak yang bisa juga menjaga berat badan sobat WE+ lebih stabil.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur juga akan meningkat, kalau sobat WE+ rutin melakukan aktivitas tersebut. Hingga ada penelitian mengenai adanya hubungan dua arah tentang kualitas tidur seseorang. Jika istirahat seseorang cukup dan berkualitas, maka akan cenderung lebih aktif secara fisik. Keaktifan itu akan membuat lelah dan tidur jadi lebih nyenyak.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung juga dapat dipengaruhi oleh aktivitas sobat WE+ lho. Jika konsisten melakukan aktivitas fisik setiap harinya, akan mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Bahkan bisa sampai 31 persen, dan mengurangi risiko kematian 32 persen.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Manfaat ini bisa dirasakan kalau sobat WE+ berjalan santai dengan kecepatan sekitar 3 km per jam. Orang-orang dengan aktivitas tersebut, yang mampu berjalan lebih jauh, akan menikmati perlindungan terhadap penyakit jantung.

4. Mengurangi Stres

Sudah pasti setiap orang hidup akan berisiko mengalami stres. Ternyata, hanya dengan rutin berjalan, itu bisa membantu mengurangi stres sobat WE+, lho. Menurut seorang peneliti di Amerika, berjalan selama 10 menit akan sama efektifnya dengan olahraga 45 menit. Itu akan berpengaruh pada rasa cemas dan depresi yang bisa terus menurun.

Dengan berjalan dan terus bergerak, akan mengurangi kadar kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Ini yang membuat sobat WE+ lebih merasa tenang. Berbagai kecemasan dan depresi jadi lebih mudah mereda.

5. Meningkatkan Energi

Selain mengurangi rasa lesu, dengan terus berjalan justru akan semakin meningkatkan energi. Kegiatan jalan kaki ini juga bisa meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu juga menambah kadar hormon pengatur tingkat energi dalam tubuh.

Meningkatnya energi akan memberikan pengaruh positif bagi tubuh. Jadi kekebalan tubuh juga semakin meningkat. Ini dibuktikan dengan jarangnya orang yang terkena penyakit ringan seperti flu, batuk dan pilek, jika sobat WE+ rutin berjalan.

Dalam studi yang meneliti seribu orang partisipan, ditemukan jika mereka yang rajin berjalan, punya masa sakit yang lebih rendah. Saat sakit pun, jika sobat WE+ rutin berjalan, maka membantu mempercepat proses penyembuhan.

Mulai menerapkan kebiasaan baik yang sederhana dengan jalan kaki setiap hari. Aktivitas positif ini akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh sobat WE+. Selain itu, juga bisa membantu mengatasi masalah polusi lingkungan dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Penulis: Raka 11 Jan 2021 225