Mau Cek BPJS Kesehatan? Ini tip Cara Mudahnya Disini!

Mau Cek BPJS Kesehatan? Ini tip Cara Mudahnya Disini!

Halo sobat WE+! Apakah kalian adalah salah satu pengguna BPJS dan kebetulan ingin cek BPJS kalian? Jika iya, maka informasi ini akan sangat cocok untuk kamu. Sebab, akan membahas bagaimana cara mudah untuk cek BPJS kesehatan. Seperti yang kita tahu, BPJS kini menjadi layanan pembayaran kesehatan dari pemerintah yang sangat penting. Semakin banyak orang yang menggunakan layanan tersebut untuk meringankan biaya perawatan atau penyembuhan penyakit, dan hal-hal yang berkaitan dengan medis. 

Ketika mendaftar sebagai salah satu orang yang mendapat layanan dari BPJS maka kamu harus membayar sejumlah dana setiap bulannya. Nah, dengan begitu kamu bisa mengeceknya kapan saja. Misalnya mengecek jumlah tagihan atau cara membayar iuran BPJS dengan mudah. Cara pengecekan ini bisa dilakukan dengan cara apa saja ya sobat WE+, dan kamu bisa memilih cara yang paling mudah.

Cara Cek BPJS Kesehatan dengan Mudah 

Bagi kamu pengguna BPJS, inilah beberapa pilihan cara untuk mengecek BPJS: 

1. Lakukan Pengecekan Melalui Website Resmi BPJS

Cara yang satu ini menjadi pilihan yang paling tepat dan pas dalam mengecek BPJS kesehatan dengan menggunakan layanan internet, yaitu dengan cara masuk ke website resmi BPJS terlebih dahulu. Kalau kamu ingin mengecek tagihan pembayaran caranya yaitu:

  1. Buka website resmi BPJS kesehatan yang bisa kamu akses di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ 
  2. Kemudian kamu akan diminta mengisi data yang terdiri dari tanggal lahir serta nomor kartu yang kamu punya.
  3. Jika sudah mengisi kolom di sana, maka kamu harus mengetikkan angka validasi yang ada di sana. Setelah itu klik Cek, dan rincian pembayaran akan muncul di layar. Rincian ini berisi tagihan yang sudah dan belum dibayar.

2. Lakukan Pengecekan dengan Menggunakan SMS Gateway

Ada kemudahan lainnya yang bisa kamu nikmati dalam mengecek BPJS, yaitu dengan mengirim SMS saja. Jadi, kamu bisa menggunakan layanan SMS gateway dengan mengakses jaringan seluler melalui nomor berikut 08777 5500 400. Segala macam informasi yang kamu butuhkan dari BPJS ini, bisa kamu peroleh dari SMS Gateway tersebut. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Misalnya tagihan bulanan yang belum dibayar dan jumlah denda yang harus dibayar. Informasi tentang tagihan bisa diakses dengan data diri kamu misalnya nomor NIK dari KTP atau nomor BPJS. Misalnya jika kamu mengecek informasi dengan menggunakan nomor BPJS maka contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Tagihan 000098765432
  2. Setelah itu kirim ke nomor  087775500400

3. Melakukan Pengecekan dengan Melalui Aplikasi JKN

Cara lainnya yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi yang disebut dengan JKN. Cara pengecekannya bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Install aplikasi JKN melalui ponsel atau smartphone kamu.
  2. Setelah itu lakukan registrasi untuk pembuatan akun.
  3. Masuk ke dalam aplikasi JKN.
  4. Pilih menu Tagihan dan Premi.
  5. Kemudian akan muncul tagihan pembayaran BPJS kesehatan tersebut.

4. Melalui Care Center BPJS 

Selain beberapa cara tersebut di atas, kamu juga bisa menggunakan Care Center di nomor 1500 400 yang merupakan layanan telepon BPJS secara mobile yang sudah ada di beberapa kota besar yang ada di Indonesia.

Itulah beberapa cara yang bisa Sobat WE+ lakukan dalam cek BPJS kesehatan dengan mudah dan cepat. Dengan berkembangnya teknologi, beragam cara bisa kamu lakukan secara digital saja untuk menghemat waktu dan tenaga. Kamu bisa memilih cara mana yang paling mudah untuk kamu lakukan ya sobat WE+. 

Penulis: Raka 18 Dec 2020 485