Apa Saja Keuntungan Membeli Surat Utang Negara?

Apa Saja Keuntungan Membeli Surat Utang Negara?

Halo Sobat We+, sebagai kaum milenial berinvestasi menjadi suatu keharusan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih mapan. Nah, dengan membeli Surat Utang Negara (SUN) menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan untuk kamu pilih. Sebagai salah satu pilihan investasi yang cukup diminati masyarakat, Surat Utang Negara tidak hanya memberikan keuntungan kepada negara saja tapi juga memberikan keuntungan kepada para pembelinya.

Para pembeli atau investor SUN dapat dilakukan oleh perseorangan maupun perusahaan, SUN sendiri diterbitkan pemerintah sebagai upaya untuk menutup defisit yang terjadi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dalam jangka pendek. Sebagai gambarannya para pembeli SUN memberikan pinjaman kepada pemerintah berbentuk surat berharga yang pembayaran bunga dan pokoknya dijamin sesuai dengan kesepakatan dan masa berlaku yang telah ditentukan.

Sebagai investor mengetahui apa saja kelebihan dan keuntungan yang akan didapatkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi merupakan sebuah hal wajib untuk menghindari kerugian. Nah, bagi Sobat WE+ yang ingin membeli SUN kamu wajib membaca pembahasan tentang lima keuntungan membeli Surat Utang Negara berikut ini!

Keuntungan Membeli Surat Utang Negara

Sobat WE+ perlu tahu bahwa terdapat dua jenis SUN yaitu SPN dan Obligasi Negara yang bisa dipilih untuk memulai berinvestasi. SPN sendiri adalah Surat Perbendaharaan Negara yang berupa pinjaman berjangka kepada pemerintah dan jangka waktu maksimalnya yaitu 12 bulan. Sedangkan Obligasi Negara merupakan surat berharga yang berupa juga berupa pinjaman kepada pemerintah dengan jangka waktu lebih dari 12 bulan hingga 10 tahun. Berikut ini keuntungan yang akan kamu dapat jika membeli salah satu dari dua jenis SUN:

  1. Tidak Mengalami Fluktuasi

Kebanyakan instrumen investasi pasti akan mengalami fluktuasi pasar sehingga keuntungan yang didapatkan naik turun dan bahkan membuat investornya mengalami kerugian. Berbeda dengan jenis investasi lain, SUN mendapatkan keuntungan dari dua sumber yaitu dari kupon dan capital gain. Keuntungan kupon dan capital gain akan dibayarkan kepada para investor dengan nilai yang stabil karena tidak terpengaruh oleh fluktuasi pasar.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Mendapatkan Bunga yang Kompetitif

Ketika Sobat WE+ membeli Surat Utang Negara kamu akan mendapatkan besaran kupon bunga dan sistem bagi hasil yang selalu melebihi imbal hasil deposito. Oleh karena itu membeli SUN akan membuka kesempatan kamu mendapatkan bunga yang sangat kompetitif dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. 

Meskipun besaran kupon ORI tiap serinya berbeda-beda kamu tidak perlu khawatir karena telah disesuaikan dengan acuan suku bunga dari Bank Indonesia. Keuntungan dari kupon ORI dan bagi hasil biasanya akan dibayarkan kepada investor setiap bulannya.

  1. Bisa Dijual dan Digadaikan

Selain dapat dijadikan sebagai lahan berinvestasi, SUN juga bisa kamu gadaikan saat membutuhkan uang untuk kebutuhan mendesak. Tidak hanya bisa dijadikan jaminan di pegadaian, SUN juga bisa dijual kembali di pasar saham sekunder.

  1. Besaran Pajak yang Lebih Ringan daripada Deposito

Berbeda dengan besaran pajak yang ditanggungkan pada deposito, besaran pajak SUN lebih rendah sehingga keuntungan yang kamu dapatkan akan lebih besar karena potongan pajak yang kecil. Besaran pajak yang ditanggungkan pada bagi hasil dan kupon ORI hanya sebesar 15 persen tentunya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan besaran pajak deposito yang bisa mencapai 20 persen.

  1. Risiko yang Sangat Rendah

Sobat WE+ akan merasa aman dan tenang saat membeli SUN sebagai investasi karena risiko kerugian yang akan dialami tergolong sangat rendah dan bahkan bisa dikatakan tanpa risiko sama sekali. Itu karena pembayaran bunga dan pokoknya telah dijamin oleh negara yang tentunya berbeda dengan instrumen investasi lain seperti saham yang berisiko tinggi mengalami kerugian karena mengikuti fluktuatif pasar.

Nah, itulah berbagai keuntungan Surat Utang Negara. Bagi Sobat WE+ yang belum mahir berinvestasi membeli Surat Utang Negara bisa dijadikan pilihan yang tepat karena minimnya risiko yang akan ditanggung dan besaran bunga yang cukup kompetitif menjadi keuntungan yang memudahkan para investor pemula.

Penulis: Raka 28 Sep 2021 39