Hal-hal Kecil yang Menghasilkan Pasif Income

Hal-hal Kecil yang Menghasilkan Pasif Income

Halo Sobat WE+, pasti kamu pernah berpikir untuk mencari pendapatan tambahan tapi bingung caranya karena tidak memiliki banyak waktu luang untuk bekerja sampingan. Padahal, ada beberapa hal kecil yang tidak kamu sadari ternyata bisa lho mendatangkan pasif income atau penghasilan pasif. Tentunya tanpa harus menyita banyak waktu untuk melakukannya.

Penghasilan pasif dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan yang dapat diandalkan saat kamu mengalami kesulitan keuangan dan tidak bisa diselesaikan hanya dengan menggunakan penghasilan dari pekerjaan utama. Nah, bagi Sobat WE+ yang ingin mendapatkan penghasilan pasif dengan mudah dan tanpa menyita banyak waktu, berikut hal-hal kecil yang dapat kamu lakukan.

Cara Mendapatkan Pasif Income

Penghasilan pasif atau pasif income merupakan pendapatan yang diperoleh secara tidak langsung atau pendapat yang diperoleh secara pasif. Bahkan saat tidur pun kamu bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Berikut ini hal-hal kecil yang bisa membantu kamu mendapatkan penghasilan pasif:

  1. Menjual Foto di Platform Fotografi

Jika kamu memiliki minat di bidang fotografi sebaiknya memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menghasilkan pasif income dengan menjual hasil jepretan terbaikmu di platform fotografi. Untuk memulainya tidak perlu membeli kamera mahal gunakan kamera smartphone untuk memulainya. Apalagi di era seperti sekarang kamera smartphone tergolong canggih dan mampu menangkap gambar dengan baik. 

Beberapa platform yang bisa kamu coba untuk menjual hasil foto-fotomu adalah Shutterstock, iStockphoto, dan 500px, foto-foto yang kamu tawarkan di platform tersebut nantinya akan digunakan oleh para content creator yang membutuhkan visual atau gambar untuk content yang mereka buat. Dengan mengunduh foto yang kamu tawarkan mereka akan membayarnya dan bisa menjadi penghasilan tambahan yang paling mudah dilakukan.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Membuat Content di Youtube

Cara mendapatkan pasif income satu ini memang agak sulit dilakukan dan perlu niatan yang kuat untuk memulainya dari nol. Membuat content video di Youtube memang bukanlah perkara yang mudah apalagi jika kamu tidak memiliki audiens sebelumnya. Namun, jika kamu memiliki tekad yang kuat dan mampu membuat content yang menarik dan bermanfaat untuk para audiens semaunya akan terbayar dengan kerja keras saat kamu mengawalinya.

Saat kamu konsisten dengan niche yang diangkat dan mendapatkan banyak viewers dan subscriber nantinya kamu bisa mendapatkan penghasilan dari Google AdSense. Semakin banyak orang yang menonton Iklan yang terdapat di video Youtube akan semakin besar pula pendapatan yang diperoleh.

  1. Membuat Ebook dan Menjualnya

Jika kamu memiliki kemampuan di suatu bidang tertentu sebaiknya salurkan kemampuan tersebut dengan membuat ebook atau buku elektronik. Misalnya kamu memiliki keahlian di bidang digital marketing, kamu bisa membuat ebook tentang kiat-kiat menyusun strategi digital marketing yang efisien dan efektif. Selanjutnya kamu bisa menjualnya secara online melalui Google Books atau platform jual beli ebook lainnya.

Ebook seperti itu akan banyak diminati orang terutama bagi para pengusaha yang baru memulai usahanya dan membutuhkan pengetahuan tentang teknik marketing yang efisien. Atau keahlian yang lainnya yang dapat menarik banyak orang untuk membeli ebook tersebut.

  1. Berinvestasi

Selain melakukan hal-hal di atas, cara mendapatkan pasif income juga dapat dilakukan dengan berinvestasi. Meskipun melakukan investasi bukan termasuk pekerjaan sampingan tapi dapat membantu kamu mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah. Investasi saham bisa memberikan keuntungan yang lumayan tinggi tapi kamu juga harus siap dengan risiko kerugian yang tinggi. 

  1. Membuat Blog

Membangun blog juga bisa mendatangkan pasif income yang cukup menjanjikan dan cocok bagi kamu yang hobi menulis. Untuk mendapatkan penghasilan dari blog memang tidak bisa dilakukan dengan instan, kamu perlu membangun blog dengan konsisten dan membuat content yang ramah untuk pembaca. Serta memberikan informasi yang bermanfaat dan inspiratif juga akan membuat pembaca kamu betah dan sering berkunjung ke blogmu.

Mendapatkan pasif income memang tidak bisa dilakukan dengan instan karena semua hal yang baik diperlukan proses dan konsistensi. Nah, sobat WE+ dapat menekuni salah satu cara di atas untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selamat mencoba ya! 

Penulis: Raka 01 Oct 2021 45