Hal Finansial Dasar yang Harus Kamu Ketahui

Hal Finansial Dasar yang Harus Kamu Ketahui

Mengatur anggaran keuangan memang terlihat sederhana, namun pada kenyataannya tak semudah yang kita kira. Jangankan untuk mengatur keuangan perusahaan atau bahkan negara, urusan keuangan pribadi atau keluarga pun perlu pemahaman terlebih dahulu supaya alokasi dan penggunaanya tepat. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini akan dibahas hal finansial dasar yang harus kamu ketahui supaya tak salah langkah dalam mengatur perihal keuangan. Simak sampai akhir ya sobat WE+! 

Beberapa Hal Finansial Mendasar untuk Dipahami

Berikut ini terdapat beberapa hal yang mendasar terkait finansial yang harus kamu pahami, diantaranya adalah:

  1. Investasi

Investasi merupakan kegiatan yang sangat penting untuk kamu lakukan untuk menjaga kondisi keuangan supaya tetap aman. Saat ini kesadaran masyarakat untuk berinvestasi juga semakin meningkat. Sesuai dengan definisinya, investasi merupakan suatu upaya penanaman modal guna mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Sedangkan dari definisinya yang lain, yaitu sisi finansial mengatakan bahwa investasi adalah kondisi di mana seseorang menyimpan uang dalam aset keuangan. Seperti contohnya saham atau obligasi, dengan harapan meraup keuntungan di kemudian hari.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Dibalik banyaknya yang mulai berinvestasi, masih ada pula yang sepertinya ragu akan risiko dari aktivitas keuangan ini. Memang segala sesuatu hal akan memiliki risikonya tersendiri, namun tak perlu khawatir karena ada banyak pilihan investasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kamu. Beberapa instrumen investasi yang populer adalah emas, saham, obligasi, dan lain sebagainya. 

  1. Inflasi

Untuk kata yang satu ini juga tak kalah sering kita dengar, biasanya berkaitan dengan keuangan negara bahkan perekonomian di dunia. Pada intinya, inflasi adalah keadaan di mana nilai mata uang menurun yang kemudian mengakibatkan harga barang dan jasa naik atau meningkat. Selain itu, inflasi biasanya bersifat meluas, dalam artian ketika satu atau dua barang pokok mengalami kenaikan harga, hal tersebut bisa berdampak barang lainnya yang kemudian mengalami kenaikan pula.

  1. Aturan 50/30/20

Sobat WE+ pernahkah kamu mendengar tentang aturan 50/30/20? Aturan ini cukup populer dan disebut-sebut sebagai cara mengelola keuangan secara mendasar. Aturan Elizabeth Warren ini dapat dibaca dengan rincian sebagai berikut; 50% pendapatan untuk pengeluaran, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan atau investasi. Jadi usahakan pengeluaran tiap posnya sesuai dan tidak melenceng ya. Supaya keuangan kamu terkelola dengan baik.

  1. Dana Darurat

Hal finansial dasar yang terakhir adalah dana darurat. Maksud dana darurat adalah simpanan uang yang diperlukan atau digunakan untuk situasi yang sifatnya darurat. Seperti contohnya saat kecelakaan, pensiun, atau hal lainnya. Memiliki dana ini memang sangat penting karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan. Jika tidak memiliki dana darurat, maka sobat WE+ bisa saja kelimpungan ketika terjadi resiko-resiko tersebut. 

Perlu diketahui juga bahwa dana darurat tidak sama dengan tabungan. Baiknya miliki pos untuk tabungan dan dana darurat masing-masing atau terpisah. Tujuannya adalah jika mungkin terjadi hal-hal yang di luar dugaan, kita dapat menggunakan dana darurat tanpa harus mengganggu tabungan. Sehingga keuangan tetap stabil. 

Nah sobat WE+, demikian berbagai hal finansial mendasar yang harus kamu ketahui. Semoga informasi kali ini tak hanya sebatas menambah keilmuan  untuk sobat WE+ saja, tapi juga menjadi acuan dan motivasi untuk mengatur dan mengelola keuangan dengan baik supaya tetap stabil dan diharapkan mendapat keuntungan juga kesejahteraan di kemudian hari.

Penulis: Raka 09 Feb 2022 165