Fakta tentang SBSN (Surat Berharga Syariah Negara)

Fakta tentang SBSN (Surat Berharga Syariah Negara)

Halo Sobat WE+, dari sekian banyak instrumen investasi yang ada di luar sana, investasi berbasis syariah mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. SBSN atau kepanjangan dari Surat Berharga Syariah Negara menjadi salah satu investasi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan umat muslim yang ingin berinvestasi tanpa harus melanggar aturan dan syariat Islam. Lalu sebenarnya, apa saja fakta tentang SBSN ini? 

Fakta Tentang Surat Berharga Syariah Negara

Pada dasarnya, Surat Berharga Syariah Negara menjadi salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih bagi kamu yang tidak ingin terjerat dengan riba'. Tapi sebelum itu kamu harus tahu fakta-fakta tentang Surat Berharga Syariah Negara yang akan dibahas pada kali ini. Surat Berharga Syariah Negara hampir serupa dengan Surat Berharga Negara (SBN) namun yang paling jelas membedakan terlihat dari sistem yang digunakan. 

Di mana Surat Berharga Syariah Negara dijalankan dengan menggunakan hukum syariat Islam dalam implementasinya. Tidak kalah menguntungkan, Surat Berharga Syariah Negara juga menawarkan berbagai kelebihan dan keuntungan bagi para pembelinya atau investornya. Berikut ini beberapa fakta tentang kelebihan dan keuntungan Surat Berharga Syariah Negara.

  1. Investasi Aman dan Minim Resiko karena Dijamin oleh Pemerintah

Sesuai dengan dasar hukum yang digunakan Surat Berharga Syariah Negara yakni Undang-Undang No.19 Tahun 2008 dan Undang-Undang No.24 Tahun 2001 dapat disimpulkan bahwa pemerintah menjamin pembayaran pokok dan imbalan sukuk kepada para investor. Selain itu, kamu juga tidak perlu merasa khawatir uangmu akan hilang atau berkurang nilainya karena pemerintah akan mengembalikan semua uang yang diinvestasikan. Ini menjadi keunggulan yang patut dipertimbangkan.

Surat Berharga Syariah Negara juga serupa dengan Surat Berharga Negara yang diawasi langsung oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang pastinya aman dan minim resiko. Keamanan menjadi hal utama bagi para investor dalam memilih investasi yang tepat, terutama bagi orang-orang yang baru mulai terjun di dunia investasi. Surat Berharga Syariah Negara menjadi instrumen investasi yang minim resiko dan cocok untuk para pemula.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Bebas Riba' karena Menganut Sistem Berbasis Syariah

Dilihat dari namanya, SBSN menerapkan prinsip-prinsip yang berlandaskan syariat Islam yang menandakan bahwa instrumen investasi satu ini bebas dari riba’ (bunga), maisir (judi), gharar (ketidakpastian) yang ditentang dalam ajaran agama Islam. Semua yang terkait dengan Surat Berharga Syariah Negara yang kamu beli akan dijelaskan secara lengkap dan tidak ada yang ditutup-tutupi karena mulai dari proses, struktur, dan keuntungan yang akan diperoleh akan diinformasikan secara terperinci oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

  1. Nilai Keuntungan yang Kompetitif

Keuntungan yang didapatkan dari membeli Surat Berharga Syariah Negara yang diberikan adalah berupa ujrah atau uang sewa dengan persentase tertentu yang menggunakan prinsip-prinsip syariat Islam yang tentunya tidak mengandung unsur riba'. Kamu juga tidak perlu khawatir karena keuntungan yang didapatkan dari imbal hasil atau sukuk akan dibayar secara rutin setiap bulan sedangkan nilai pokok investasi akan dikembalikan pada saat sudah memasuki tanggal jatuh tempo. Jangka waktu tanggal jatuh tempo biasanya selamat dua tahun.

Rata-rata keuntungan yang ditawarkan oleh Surat Berharga Syariah Negara cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan bunga deposito bank. Imbal hasil yang digunakan menggunakan sistem mengambang dengan batas minimal perhitungan imbalan mengikuti perkembangan Bank Indonesia serta jaminan imbal hasil minimal hingga tanggal jatuh tempo. Dengan begitu akan ada kesempatan mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi saat acuan naik tapi tidak bisa turun melebihi batas minimal yang ditetapkan.

  1. Dapat Dibeli Secara Online dengan Mudah

Fakta menarik lainnya dari Surat Berharga Syariah Negara satu ini sangat memudahkan kamu ketika tidak memiliki banyak waktu, kamu bisa membelinya melalui e-SBN dengan mudah. Sebelum membeli Surat Berharga Syariah Negara pastikan kamu membaca secara teliti terkait syarat dan ketentuan menjadi yang berlaku.

  1. Turut Membantu dan Mendukung Pembangunan Indonesia

Secara tidak langsung kamu turut membantu dan mendukung pembangunan di Indonesia karena uang yang terkumpul dari para investor akan digunakan untuk kebutuhan negara, seperti pembangunan jalan, jembatan, sekolah, dan infrastruktur negara lainnya. Dengan berinvestasi melalui Surat Berharga Syariah Negara atau SBSN akan membantu pemerintah mendapatkan dana lebih besar untuk membangun Indonesia menjadi negara yang lebih maju dan sejahtera.

Itulah informasi mengenai beberapa fakta tentang SBSN atau Surat Berharga Syariah Negara. Diharapkan, dengan adanya informasi ini sobat WE+ bisa menjadi referensi bagi kamu sebelum berinvestasi di instrumen ini ya! 

Penulis: Raka 28 Sep 2021 36

Penulis: Raka
19 Aug 2020
571
Penulis: Raka
13 Sep 2021
102