Perawatan Mobil yang Benar, Seperti Apa Sih?

Perawatan Mobil yang Benar, Seperti Apa Sih?

Halo sobat we+, sudah sepantasnya kamu melakukan perawatan mobil supaya mobil kamu tetap awet dan nyaman digunakan. Mobil yang jarang dirawat tentu akan mengalami banyak masalah sehingga berpotensi membahayakan saat digunakan. Hal ini berlaku untuk mobil jenis apa saja. 

Merawat mobil dibutuhkan konsistensi. Tak hanya perawatan bulanan saja akan tetapi juga perawatan harian. Hal-hal yang mungkin kamu anggap sepele bisa jadi memberi dampak buruk dalam beberapa tahun ke depan. Jika kamu tak ingin mengalaminya, maka mulai sekarang lakukan perawatan yang tepat pada mobilmu. 

5 Langkah Perawatan Mobil 

Nah, lantas apa saja perawatan mobil yang tepat supaya mobil tetap awet dan nyaman digunakan? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

  1. Memilih Bahan Bakar yang tepat

Mobil membutuhkan bahan bakar untuk dapat bergerak. Akan tetapi bahan bakar menghasilkan sisa yang dapat membuat kinerja mesin mobil terganggu. Namun hal ini dapat dicegah dengan cara memilih bahan bakar yang tepat. 

Bahan bakar yang tepat untuk mobil sebaiknya disesuaikan dengan anjuran dari pabriknya. Akan lebih baik lagi jika nilai oktan bahan bakarnya lebih tinggi. Karena semakin tinggi nilai oktan bahan bakar yang digunakan, maka terbakarnya akan lebih lambat. Sehingga dapat mengurangi sisa yang ditimbulkan dari pembakaran. 

  1. Rutin Cek Oli

Seperti yang kita tahu, oli adalah sesuatu yang penting untuk kendaraan. Termasuk diantaranya mobil. Sama halnya seperti sepeda motor, oli mobil pun perlu dicek secara rutin. Tak hanya dicek saja, oli juga harus rutin diganti. Sebab oli berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan pada mesin. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Mengganti oli dapat kamu lakukan dengan mendatangi tempat servis langganan. Biasanya kamu akan diberi kertas bertuliskan kapan harus melakukan pergantian oli berikutnya. Atau bisa juga dengan menggantinya setiap mencapai jarak tempuh 5.000 km. Waktu yang tepat untuk ganti oli juga bisa dilihat dari mesin mobil yang sudah terasa kasar dengan warna oli yang mulai encer dan menghitam. 

  1. Rutin Cek Aki Mobil

Untuk menjaga kenyamanan berkendara, penting halnya bagi kamu untuk selalu rutin mengecek aki mobil. Aki itu sendiri berfungsi sebagai suplai daya listrik untuk komponen-komponen mobil. Kontrol air aki untuk aki basah sebaiknya dilakukan minimal 2 minggu sekali. 

Pastikan air aki berada di level yang seharusnya yakni diantara garis batas penanda. Kamu juga dapat melakukan pengukuran tegangan aki dengan voltmeter. Sekaligus lakukan pengecekan di setiap bagian mobil supaya dapat mengurangi biaya perawatan. 

  1. Cek dan Ganti Air Radiator

Perawatan yang kerap diabaikan biasanya adalah air radiator. Fungsi dari air radiator itu sendiri adalah untuk mendinginkan suhu mesin, sehingga apabila airnya berkurang maka tentunya dapat berpengaruh terhadap mesin mobil. 

Pengecekan dan penggantian air radiator sebaiknya dilakukan di tempat servis. Karena pengisian air radiator dibutuhkan cairan khusus supaya tetap awet dan nyaman digunakan ketika berkendara. 

  1. Mengganti Minyak Rem

Minyak rem juga harus sering dicek dan diganti. Biasanya waktu penggantian minyak rem dilakukan setiap jarak tempuh 60.000 km. Jika minyak rem tidak diganti, maka dapat menyebabkan masalah karat dan korosi pada mesin mobil. 

Minyak rem itu sendiri memiliki sifat higroskopis yang dapat menyerap lembab. Walaupun minyak rem berada di dalam tempat yang tertutup, bisa saja cairan tersebut menyerap kelembaban dari lingkungan sekitar. Oleh karena itu wajib diganti supaya tidak berdampak buruk terhadap mesin mobil. 

Demikian penjelasan mengenai cara-cara perawatan mobil yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan bagi Sobat WE+ ya! 

Penulis: Raka 13 Sep 2021 20