AC Mobil Bau Saat Dinyalakan? Ini Penyebab dan Solusinya

AC Mobil Bau Saat Dinyalakan? Ini Penyebab dan Solusinya

Halo Sobat WE+, kamu pasti pernah mendapati jika AC mobil kamu tercium bau tidak sedap saat pertama kali dinyalakan. Ini bisa jadi sangat mengganggu ya Sobat WE+ pasalnya AC sangat dibutuhkan dalam kondisi cuaca di Indonesia, apalagi saat berada di kemacetan pasti sangat panas jika tidak menghidupkan AC di dalam mobil. Tapi, bagaimana jika AC yang menjadi penyejuk di kala macet itu bermasalah dan mengeluarkan bau kurang sedap? Pasti terasa tidak nyaman ya Sobat WE+. Berikut ini kamu dapat menyimak apa penyebab dan cara mengatasinya agar berkendara kamu semakin menyenangkan.

5 Penyebab AC Mobil Bau, Inilah Beberapa Penyebabnya

Pasti setiap kerusakan yang terjadi pada komponen mobil memiliki suatu sebab. Maka dari itu kamu harus segera mencari tahu apa penyebabnya agar kerusakan tersebut tidak berkelanjutan, dan kamu bisa tahu solusi untuk mengatasi AC mobil yang mengeluarkan bau tak sedap dengan mudah dan tepat. Nah untuk mengetahui apa penyebab AC mobil mengeluarkan bau tak sedap mungkin karena beberapa faktor berikut ini:

1. Ventilasi Jendela Mobil Terbuka

Nah kamu sadar tidak kalau ventilasi jendela mobil kamu yang terbuka menjadi salah satu penyebab. Ini bisa menjadi penyebab karena ventilasi yang terbuka dapat menyebabkan bau dari asap knalpot dan polusi udara di luar mobil dan bersirkulasi di dalam kabin.

2. Ada Serangga Terjepit di Dalam AC

Faktor berikutnya mungkin karena adanya serangga atau hewan kecil lainnya seperti cicak yang terjepit di dalam komponen AC. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa mengecek kondisi AC secara langsung ya sobat WE+.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Evaporator Dalam Keadaan Kotor

Kamu juga perlu mengecek evaporator pada mobil kamu. Jika kondisinya berlendir itu bisa jadi penyebab AC mobil menjadi bau, karena evaporator yang kotor dapat menimbulkan jamur dan sarang bakteri.

4. Karpet Mobil yang Kotor

Bau yang dikeluarkan AC bisa juga disebabkan oleh karpet mobil yang kotor, debu pada karpet berputar dan bercampur dengan udara di kabin mobil.

5. Menggunakan Parfum dengan Kadar Alkohol Tinggi

Jika Sobat WE+ menggunakan parfum dengan kadar alkohol tinggi ini juga memicu AC mobil kamu mengeluarkan bau asam.

Solusi untuk Mengatasi AC Mobil Bau

Setelah mengetahui penyebab AC mobil mengeluarkan bau tak sedap, selanjutnya kamu harus tahu juga bagaimana solusi untuk mengatasinya. Nah Sobat WE+ berikut ini solusi mudah dan tepat yang bisa kamu terapkan pada mobil kamu di rumah.

  1. Melakukan perawatan AC minimal 6 bulan sekali agar berfungsi dengan baik.
  2. Menghindari membuka kaca mobil terlalu sering dan dalam waktu yang terlalu lama. Ini karena udara luar yang kotor dan masuk dapat juga menimbulkan bau tak sedap saat menghidupkan AC mobil.
  3. Biasakan rutin membersihkan evaporator AC mobil kamu, karena evaporator yang kotor menjadi penyebab utama munculnya bau tak sedap dari AC mobil kamu.
  4. Biasakan juga rutin membersihkan karpet mobil agar debu dan kotoran pada karpet tidak bersirkulasi pada kabin mobil.
  5. Jangan merokok saat berada di dalam mobil ya Sobat WE+, itu karena bau asap rokok yang kamu keluarkan akan melekat pada bagian-bagian dalam mobil seperti pada jok, plafon dan bahkan karpet mobil kamu. Bau asap rokok sangat sulit dibuang dan terus bersirkulasi dalam kabin mobil.
  6. Gunakan bubuk kopi sebagai penetralisir bau jika dirasakan parfum mobil kurang efektif 

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi ac mobil bau. Semoga solusi di atas bisa membantu kamu ya Sobat WE+ agar AC mobil kembali mengeluarkan udara segar dan membuat mood berkendara  kamu menjadi lebih baik.

Penulis: Raka 23 Nov 2020 1036