Lakukan Hal Ini Untuk Buat Konsumsi Bahan Bakar Motormu Lebih Irit

Lakukan Hal Ini Untuk Buat Konsumsi Bahan Bakar Motormu Lebih Irit

Lakukan Hal Ini Untuk Buat Konsumsi Bahan Bakar Motormu Lebih Irit

Salah satu yang sering banget jadi pertimbangan saat mencari motor adalah irit atau nggaknya konsumsi bahan bakar. Memang sih, saat ini banyak motor yang terbilang irit bahan bakar. Konsumsi bahan bakar motor lebih irit tidak hanya akan menguntungkan diri sendiri lho sobat WE+, tapi juga untuk performa motor.

Bagaimana tidak, jika bahan bakar yang digunakan lebih irit, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang tiap bulannya. Akan tetapi, untuk konsumsi bakar bakar yang lebih irit bisa dipengaruhi oleh banyak faktor dan ini harus diperhatikan dengan serius.

Tips Agar Konsumsi Bahan Bakar Motor Lebih Irit

Bagaimana cara agar konsumsi bahan bakar lebih irit? Tenang sobat WE+, karena sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan hal tersebut. Cara yang dilakukan tergolong mudah, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Atur Tekanan Ban

Cara konsumsi bahan bakar motor lebih irit satu ini nampaknya terdengar sepele. Akan tetapi, cara ini memiliki manfaat yang besar dalam menghemat BBM. Coba atur tekanan ban, jika tekanan angin berkurang, maka BBM akan lebih boros hingga 15 persen.

2. Atur Jarak Main Rem

Penggunaan rem juga perlu diperhatikan agar jaraknya tidak menempel. Kondisi demikian tentu akan membuat lari motor menjadi lebih berat dan akhirnya boros bahan bakar. Idealnya, jarak main tuas rem baik depan atau belakang adalah minimal sepertiga dari jarak main tuas secara keseluruhan.

3. Cek Kondisi Roda Secara Berkala

Cara konsumsi bahan bakar motor lebih irit selanjutnya adalah dengan mengecek kelancaran putaran roda. Wajib dilakukan karena jika putaran terasa berat dan tidak presisi, biasanya laju motor akan berat. Akibatnya penggunaan bahan bakar menjadi boros.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

4. Cek Busi

Salah satu piranti yang berpengaruh dalam boros tidaknya penggunaan bahan bakar adalah busi. Usia kerja busi terlihat efektif setelah jarak 6.000-7.000 km. Apabila melebihi jarak tersebut, umumnya performa busi akan menurun dan hasil pembakaran di ruang bakar pun turun. Alhasil penggunaan bahan bakar pun menjadi boros.

Tips ampuhnya, lakukan perawatan dengan rajin membersihkan busi saat melakukan servis. Bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, nantinya bisa berakibat menurunkan kualitas percikan busi. Kamu juga perlu mengatur kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yang dianjurkan.

5. Kualitas Pelumas

Salah satu yang membuat kitiran mesin lebih enteng adalah kualitas oli pelumas, serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar secara sempurna. Hal tersebut akan menciptakan power mesin lebih optimal dan motor akan berlari lebih cepat. Bahan bakar pun akan tetap hemat.

6. Gunakan Fuel Saver

Menggunakan aplikasi pengirit bahan bakar tidak ada salahnya. Misalnya saja power FX, ring bensin atau yang lainnya. Berdasarkan riset penggunaan fuel saver ini memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10 persen.

7. Jangan Membawa Beban Terlalu Berat

Beban berat yang ada pada motor akan membuat laju motor ikut berat. Kamu akan sering memuntir gas dalam saat hendak berlari kencang. Jadi, untuk konsumsi bahan bakar motor lebih irit sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yang dapat membuat bobot motor lebih berat.

8. Cara Berkendara

Mengirit bahan bakar tidak akan maksimal apabila diiringi dengan cara berkendara yang tidak benar. Misalnya saja kebut-kebutan, sering main selip kopling, sering memuntir gas mendadak setelah motor berhenti dan yang lainnya.

Konsumsi bahan bakar motor lebih irit adalah keinginan semua orang, termasuk kamu. Hal tersebut dapat tercapai apabila tips di atas kamu terapkan dengan baik. Dengan begitu, diharapkan konsumsi bahan bakar untuk motor sobat WE+ semua jadi lebih irit dan hemat. 

Penulis: Raka 24 May 2021 51