Cara Menambah Pemasukan di Masa Pandemi

Cara Menambah Pemasukan di Masa Pandemi

Seperti yang sudah sobat WE+ ketahui, adanya pandemi virus corona memang membawa dampak yang signifikan ke berbagai aspek kehidupan, termasuk ekonomi. Banyak orang yang mengalami penurunan pemasukan bahkan kehilangan pekerjaannya. Untuk itulah, banyak yang berusaha mencari cara menambah pemasukan di masa pandemi. Lalu, bagaimana cara yang bisa ditempuh? 

5 Cara Menambah Pemasukan Saat Pandemi 

Sebagai referensi, inilah beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan pemasukan tambahan: 

  1. Menghasilkan Uang dari Hobi atau Keahlian yang Dimiliki

Upaya yang dapat dilakukan agar bisa menambah pemasukan selama pandemi adalah dengan cara menggunakan hobi untuk mencari uang. Misalnya ada yang memiliki hobi melukis, maka bisa menjual hasil karya sebuah lukisan secara online. Bisa juga bagi yang hobi fotografi untuk menjual gambar hasil hunting di situs foto berbayar. Untuk yang suka memasak pun juga bisa mulai jualan camilan atau makanan yang sedang banyak diminati orang. 

Pada intinya jika memiliki keahlian, baiknya buat hal tersebut sebagai jalan untuk mendapat penghasilan tambahan. Setiap keahlian dapat digunakan serta dikembangkan untuk berkarya dan mencari pendapatan. 

  1. Memanfaatkan Internet dan Smartphone 

Sekarang sudah memasuki era digital, dimana hampir semua aktivitas atau kegiatan dilakukan secara mobile. Serta sekarang ini sudah hampir semua orang sudah memiliki smartphone yang pasti satu paket dengan koneksi internet. Dari situ ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Ada peluang untuk menjadi content creator atau youtuber mengandalkan koneksi internet dan juga gadget khususnya smartphone. Menjadi influencer pun juga bisa dilakukan hanya dengan bermodal smartphone dan internet. Mencoba untuk menerima endorse juga bisa merupakan cara mendapatkan penghasilan tambahan.

Ada juga giveaway yang biasa diadakan oleh para influencer Instagram. Ini adalah acara bagi-bagi hadiah bagi para pengikut akun IG influencer atau selebritis. Meski peluangnya mungkin kecil namun saat berhasil mendapatkan salah satu giveaway yang ada di Instagram tentu itu bisa menjadi salah satu pemasukan yang terhitung lumayan. 

  1. Berinvestasi

Investasi adalah salah satu cara yang cukup ampuh dalam menjaga kondisi keuangan seseorang. Jenis instrumen investasi sendiri yang beragam bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Seperti sekarang ini yang sedang banyak diminati adalah cryptocurrency, ada juga yang merasa cocok dengan reksadana. Pilihlah salah satu investasi yang ada dan dapatkan keuntungannya sebagai penghasilan tambahan. 

  1. Menjual Barang Secara Online

Barang yang sudah tidak terpakai namun masih dalam kondisi yang baik dan layak dipakai bisa dijual melalui salah satu situs online yang sesuai. Selain bisa membersihkan rumah dari tumpukan barang yang dipakai, ada uang juga yang bisa terkumpul dari beberapa barang tersebut. Selain itu bisa juga menjual barang baru milik orang atau bisa disebut dengan sistem dropship atau reseller. 

  1. Menjadi Freelancer

Freelancer bisa mencakup banyak bidang. Mulai dari penulis freelancer, desainer grafis, editor, dan masih banyak lagi yang sistem kerjanya remote atau freelancer. Jadi tidak terikat dan bisa dilakukan kapan saja. Ini cocok bagi yang memang sudah dan masih memiliki pekerjaan tetap di masa pandemi ini. Kerja freelancer bisa disesuaikan dengan passion atau hobi yang dimiliki setiap orang. 

Nah sobat WE+, itu dia beberapa cara untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Asal ada kemauan tentu ada jalan. Berangkat dari hobi serta menyesuaikan kondisi yang ada, banyak jalan untuk bisa mendapatkan pendapatan tambahan meski sedang di masa pandemi. 

Penulis: Raka 23 Feb 2022 101