Mudah Banget! Ini 5 Cara Menabung untuk Para Millenial

Mudah Banget! Ini 5 Cara Menabung untuk Para Millenial

Halo Sobat WE+, apa kabar kalian semua? Apa kabar juga dengan isi  dompet kalian nih? Eits, gak usah sedih kalau mengingat isi dompet apalagi masih pertengahan bulan gini atau bahkan ada diantara kamu yang sudah kesusahan mencarinya pinjaman online. Hmm sepertinya kamu butuh bimbingan agar lebih tepat mengelola keuangan nih. Salah satunya kamu harus mulai untuk menabung, tapi bagaimana jika penghasilan kamu pas-pasan? Tenang menabung tidak harus dalam jumlah besar kok Sobat WE+, berikut ini akan akan dijelaskan cara menabung  yang mudah untuk kaum millenial. Simak Yuk!

5 Cara Mudah Menabung untuk Para Millenial

1. Jangan Menuruti Gengsi 

Nah bagi kaum milenial gengsi menjadi hal utama yang biasa di kedepankan. Makan di tempat mahal, hangout sana-sini, itu bukan lagi kebutuhan pokok yang harus kamu turuti demi mengejar gengsi semata.  Mulai saat ini, mulai lah hidup hemat dan buang jauh-jauh rasa gengsi akan gaya hidup kamu ya Sobat WE+ jika diteruskan sama saja kamu menanam racun yang akan merusak kondisi keuangan kamu. Beli lah dan lakukan hal-hal yang akan berdampak positif pada kondisi keuangan kamu ya Sobat WE+ hindari menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

2. Bisa Dimulai dengan Menabung Emas

Sobat WE+ jangan pesimis dulu ya dengar kata menabung emas, pasalnya di era digital ini menabung emas tidak melulu harus membeli perhiasan emas yang identik mahal. Saat ini kamu bisa membeli emas secara digital dengan mudah dan murah, kamu bisa mulai membeli emas digital senilai Rp10.000 dan kamu akan mendapatkan emas sekitar 0.0100 gram. 

Cara yang mudah cukup sisihkan Rp10.000/harinya lakukan secara rutin, jika dihitung kamu bisa mengumpulkan Rp10.000/hari x 30 = Rp300.000 atau setara 0.3 gram/bulannya. Saat ini banyak platform digital yang memperjual-belikan emas digital, bahkan beberapa marketplace online seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee menawarkan fitur investasi emas digital yang bisa kamu beli mulai dari Rp.10.000 saja. 

Kamu tidak perlu menyisihkan banyak uang untuk memulai menabung emas digital. Jaman dahulu jika ingin membeli emas harus datang ke toko lalu membawanya pulang, ini sangat tidak praktis untuk kaum milenial yang menginginkan segala hal serba cepat.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3 . Menabung Mata Uang Asing

Jika Sobat WE+ tertarik dengan investasi mata uang asing, kamu sebaiknya memilih dollar Amerika karena mata uang ini dianggap paling stabil diantara mata uang lain. Sehingga angka kerugian kamu tidak terlalu tinggi. Jika kamu berpikir mustahil menabung menggunakan mata uang asing, kamu bisa menjadi freelancer yang dibayar menggunakan dollar agar menghasilkan uang tambahan untuk ditabung. Mulai saja dari pekerjaan yang ringan saja, contohnya mengikuti survey online seperti SurveyOn, YouGov, dan Toluna. Dari mengisi survey di situs tersebut kamu akan diberikan imbalan berupa dollar yang bisa kamu kumpulkan.

4. Mulai Investasi P2P Lending

Peer to Peer (P2P) Lending merupakan tempat yang mempertemukan antara investor dengan pemilik bisnis menengah yang sedang berkembang dan membutuhkan modal untuk usahanya. Biasanya suku bunga pada investasi jenis ini tergolong cukup tinggi dibandingkan dengan suku bunga deposito. Kamu bisa mencoba berinvestasi dengan sistem P2P Lending mulai dengan dana 1 jutaan saja. Banyak platform P2P Lending yang dapat kamu pilih, pastikan platform tersebut memiliki izin dan diawasi oleh OJK ya Sobat WE+.

5. Mulai Menabung Reksadana

Reksadana adalah cara menabung mudah dan praktis yang sesuai dengan para millenial. Hanya melalui smartphone saja Sobat WE+ sudah dapat berinvestasi dengan mudah. Reksandana bisa dijadikan investasi yang menjanjikan, dalam satu tahun rata-rata return yang dihasilkan bisa di atas 20%. Sobat WE+ bisa mulai berinvestasi reksadana dengan jumlah kecil dahulu jika memang sudah yakin dengan resiko yang harus diterima barulah putuskan dengan jumlah yang lebih besar.

 

Itu lah beberapa cara menabung agar Sobat WE+ mempunyai kondisi keuangan yang stabil. Semoga kamu minimal bisa menerapkan salah satu cara di atas ya.

Penulis: Raka 12 Nov 1212 80