Cara Melindungi Diri Ketika Pandemi

Cara Melindungi Diri Ketika Pandemi

Sejak sekitar setahun yang lalu dunia dilanda musibah global berupa terjadinya pandemi ini. Sejak saat itu hingga sekarang kita hidup dengan menggunakan tata cara baru yang disebut new normal. Tata cara baru tersebut merupakan upaya perlindungan diri dari pandemi yang hingga sekarang belum ditemukan obatnya.

Dengan mematuhi aturan dan protokol kesehatan yang berlaku dalam new normal tersebut diharapkan dapat menurunkan penyebaran pandemi ini. Lalu bagaimana cara untuk melindungi diri dari pandemi ini dalam kehidupan sehari-hari?

Cara Melindungi Diri ketika Pandemi

1. Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Langkah pertama untuk mencegah penyebaran dan penularan pandemi ini Sobat We+ harus membiasakan diri mencuci tangan setiap kali selesai beraktivitas. Cuci tangan juga harus dilakukan ketika Kamu baru saja pulang dari bepergian. 

Cara mencuci tangan yang benar yaitu menggunakan air mengalir dan memakai sabun. Cuci tangan selama 20 detik atau sambil menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” dua kali. Jika tidak ada air dan sabun minimal Kamu harus membasuh tangan dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70% atau gunakan cairan desinfektan.

2. Jangan Sentuh Area Wajah, Mulut, Hidung dan Mata

Penyebaran dan penularan pandemi melalui droplet kemudian masuk melalui mulut, hidung dan mata. Oleh sebab itu sebisa mungkin hindari untuk menyentuh wajah Kamu terutama pada ketiga bagian tersebut. Apalagi kalau Kamu belum mencuci tangan dan sedang berada di tempat umum.

3. Menutup Mulut Saat Batuk

Biasakan untuk menutup mulut ketika batuk dengan menggunakan tisu atau lipatan siku. Segera buang tisu setelah digunakan agar tidak terpapar virus dan masuk ke dalam tubuh melalui droplet.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

4. Menghindari Keramaian dan Kerumunan

Jika tidak sangat mendesak hindari berada di tempat-tempat yang penuh orang atau kerumunan. Keramaian dan kerumunan orang menjadi salah satu media penyebaran virus yang sulit dideteksi. Kita tidak pernah tahu apakah semua orang yang ada di dalam kerumunan tersebut sehat atau sakit.

5. Tetap di Rumah Saat Tidak Enak Badan

Orang dengan tingkat kekebalan tubuh atau imunitas yang lemah lebih mudah terpapar virus Covid. Oleh karena itulah jagalah kondisi tubuh agar tingkat imunitas selalu baik. Jangan bepergian dan tetap di rumah saja ketika badan terasa tidak enak atau sakit karena akan lebih rawan tertular.

6. Memakai Masker dengan Benar

Satu kebiasaan yang paling mudah dan sudah banyak dilakukan masyarakat sejak pandemi melanda adalah memakai masker saat keluar rumah. Gunakan masker secara benar dan tepat agar berfungsi optimal untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19. 

Pakailah masker yang bisa menutup bagian hidung dan mulut dengan sempurna. Pilihlah masker yang setidaknya memiliki 3 lapisan agar virus tidak bisa menembus masuk ke dalam. Selalu ganti masker dengan yang bersih jangan pakai masker yang sudah rusak dan kotor.

7. Makan Makanan Bergizi

Makanan bergizi juga sangat penting untuk tubuh kita agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi sehingga imun tubuh selalu kuat. Dengan kandungan gizi yang seimbang, makan tubuh bisa lebih kuat dan kita tidak mudah sakit karena imun tubuh kita kuat untuk menghentikan virus untuk menyerang tubuh kita.

Itulah beberapa langkah melindungi diri dari pandemi ini. Dengan patuh terhadap protokol kesehatan dan tata cara perlindungan diri dari pandemi yang benar diharapkan Sobat We+ tidak akan terpapar penyakit mematikan tersebut. Kepatuhan dan kepedulian kitalah yang akan bisa menghentikan pandemi ini.

Penulis: Raka 18 Feb 2022 151