Perlindungan Diri dari Covid Bisa Dilakukan Melalui Cara Ini

Perlindungan Diri dari Covid Bisa Dilakukan Melalui Cara Ini

Sejak sekitar setahun yang lalu dunia dilanda musibah global berupa terjadinya pandemi Covid-19. Sejak saat itu hingga sekarang kita hidup dengan menggunakan tata cara baru yang disebut new normal. Tata cara baru tersebut merupakan upaya perlindungan diri dari Covid yang hingga sekarang belum ditemukan obatnya.

Dengan mematuhi aturan dan protokol kesehatan yang berlaku dalam new normal tersebut diharapkan dapat menurunkan penyebaran virus ganas Covid-19. Lalu bagaimana cara untuk melindungi diri dari virus mematikan tersebut dalam kehidupan sehari-hari?

Cara Melindungi Diri dari Virus Covid-19 Menurut WHO

1. Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Langkah pertama untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid maka Sobat We+ harus membiasakan diri mencuci tangan setiap kali selesai beraktivitas. Cuci tangan juga harus dilakukan ketika Kamu baru saja pulang dari bepergian. 

Cara mencuci tangan yang benar yaitu menggunakan air mengalir dan memakai sabun. Cuci tangan selama 20 detik atau sambil menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” dua kali. Jika tidak ada air dan sabun minimal Kamu harus membasuh tangan dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70% atau gunakan cairan desinfektan.

2. Jangan Sentuh Area Wajah, Mulut, Hidung dan Mata

Penyebaran dan penularan virus Covid melalui droplet kemudian masuk melalui mulut, hidung dan mata. Oleh sebab itu sebisa mungkin hindari untuk menyentuh wajah Kamu terutama pada ketiga bagian tersebut. Apalagi kalau Kamu belum mencuci tangan dan sedang berada di tempat umum.

3. Menutup Mulut Saat Batuk

Biasakan untuk menutup mulut ketika batuk dengan menggunakan tisu atau lipatan siku. Segera buang tisu setelah digunakan agar tidak terpapar virus dan masuk ke dalam tubuh melalui droplet.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

4. Menghindari Keramaian dan Kerumunan

Jika tidak sangat mendesak hindari berada di tempat-tempat yang penuh orang atau kerumunan. Keramaian dan kerumunan orang menjadi salah satu media penyebaran virus yang sulit dideteksi. Kita tidak pernah tahu apakah semua orang yang ada di dalam kerumunan tersebut sehat atau sakit.

5. Tetap di Rumah Saat Tidak Enak Badan

Orang dengan tingkat kekebalan tubuh atau imunitas yang lemah lebih mudah terpapar virus Covid. Oleh karena itulah jagalah kondisi tubuh agar tingkat imunitas selalu baik. Jangan bepergian dan tetap di rumah saja ketika badan terasa tidak enak atau sakit karena akan lebih rawan tertular virus Covid.

6. Segera Hubungi Layanan Kesehatan Saat Merasa Gejala Seperti Demam

Gejala penyakit Corona yang disebabkan oleh virus Covid 19 pada awalnya mirip dengan gejala yang dialami oleh mereka yang flu. Agar tidak terlambat sebaiknya segera hubungi layanan kesehatan terdekat ketika Sobat We+ mulai merasakan gejala seperti demam, sulit bernafas dan batuk. Tujuannya agar bisa segera dilakukan pemeriksaan sehingga bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

7. Memakai Masker dengan Benar

Satu kebiasaan yang paling mudah dan sudah banyak dilakukan masyarakat sejak pandemi melanda adalah memakai masker saat keluar rumah. Gunakan masker secara benar dan tepat agar berfungsi optimal untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19. 

Pakailah masker yang bisa menutup bagian hidung dan mulut dengan sempurna. Pilihlah masker yang setidaknya memiliki 3 lapisan agar virus tidak bisa menembus masuk ke dalam. Selalu ganti masker dengan yang bersih jangan pakai masker yang sudah rusak dan kotor.

Itulah beberapa langkah melindungi diri dari Covid-19. Dengan patuh terhadap protokol kesehatan dan tata cara perlindungan diri dari Covid yang benar diharapkan Sobat We+ tidak akan terpapar penyakit mematikan tersebut. Kepatuhan dan kepedulian kitalah yang akan bisa menghentikan penyebaran virus Covid-19 tersebut.

Penulis: Raka 30 Jan 2021 1013