2 Cara Cek Pajak Motor, Bebas Mau Pilih Yang Mana!

2 Cara Cek Pajak Motor, Bebas Mau Pilih Yang Mana!

Sobat WE+ yang memiliki kendaraan roda dua wajib melakukan cek pajak motor minimal setahun sekali. Jika tidak, maka bersiaplah kena tilang ketika ada razia polisi di jalan. Denda siap menanti setiap pengguna jalan yang tidak tertib membawa surat kendaraan dan bukti pembayaran pajak lengkap. Karena bukti pembayaran pajak kendaraan menjadi salah satu perangkat yang wajib dibawa kemanapun, ketika mengendarai motor atau kendaraannya.

Apalagi pembayaran pajak saat ini semakin mudah dilakukan. Ada beberapa pilihan cara pembayaran. Kamu sebagai pemilik atau penguasa kendaraan wajib membayar pajak sebagai bentuk kepatuhan kepada negara. Dengan taat membayar pajak, berarti juga telah membantu berlangsungnya pembangunan negara di semua bidang.

Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak kendaraan bermotor adalah pajak yang dikenakan atas kendaraan bermotor. Baik kendaraan roda dua, tiga, empat, atau lebih dari itu yang memiliki surat kepemilikan atau penguasaan atas kendaraan. Pajak ini dikenakan setiap tahun dan lima tahun sekali. Pajak kendaraan bermotor wajib dibayar oleh pemilik atau orang yang menguasainya. 

Penguasa atas kendaraan bermotor adalah orang yang menggunakan atau menguasai kendaraan bermotor.  Penguasaan itu bisa terjadi karena perpindahan kepemilikan yang belum ada proses balik nama secara administrasi. Atau pengguna yang diberi hak untuk memanfaatkan kendaraan dimaksud. Maka penguasa kendaraan wajib melakukan cek pajak motor.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

2 Cara Cek pajak motor

Musim pandemi dan teknologi yang semakin canggih memudahkan kita untuk melakukan cek pajak motor. Di sebagian provinsi pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan langsung melalui bank atau beberapa merchant yang melayani. Sedangkan di banyak kota, hanya bisa dilakukan secara langsung.

1. Cara Cek Pajak Motor Secara Langsung

Cara pembayaran pajak motor secara langsung adalah dengan mendatangi kantor Samsat. Pada hari biasa, di kota yang padat penduduk kantor Samsat cenderung penuh hampir setiap hari. Sebaiknya pilih waktu yang agak longgar untuk menyelesaikan pembayaran pajak motor secara langsung. 

Sehingga jika ingin segera selesai, lengkapi syaratnya kemudian bersiap sejak pagi agar proses dapat berjalan lebih cepat. Berikut cara cek pajak motor sekaligus melakukan pembayaran secara efektif:

  1. Datang ke Samsat dengan membawa syarat lengkap. Pembayaran pajak tahunan hanya membutuhkan STNK asli dan KTP pemilik. Bawa serta foto copy dokumen jika diperlukan. Sedangkan untuk pajak lima tahunan, siapkan juga BPKB asli dan foto copy-nya.
  2. Ambil formulir perpanjangan STNK atau pembayaran pajak 5 tahunan di loket yang tersedia. Kemudian isi sesuai data yang dibutuhkan. Setelah itu tunggu antrian.
  3. Cek pajak setelah petugas mempersilakan dan mengecek kelengkapan dokumen. Besar pajak biasanya sekitar 2% dari nilai kendaraan. Lakukan pembayaran di tempat tersebut dan bukti pembayaran pajak sudah dapat kamu terima.
  4. Bukti pembayaran pajak tersebut harus disimpan bersama STNK. Sewaktu-waktu jika terjadi razia, polisi biasa mengecek kelengkapan surat termasuk bukti pajak. 
  5. Untuk pembayaran pajak 5 tahunan, biasanya ada uji fisik yang harus dilalui. Jadi pastikan membawa kendaraan yang sesuai dengan surat administrasi kendaraan tersebut. Proses pembayaran dan uji fisik kendaraan bisa memakan waktu seharian.

2. Cara Cek Pajak Motor Secara Daring atau Online  

Cara ini adalah cara baru yang disediakan oleh kepolisian untuk mempermudah masyarakat melakukan pembayaran pajak. Dengan sistem online, proses pembayaran pajak dapat berjalan lebih cepat dan praktis. Kamu hanya perlu masuk ke website atau aplikasi layanan pajak motor sesuai provinsi masing-masing. Pastikan provinsi kamu telah membuka layanan via daring. 

Dengan memahami kedua cara cek pajak motor di atas, kamu tidak perlu khawatir salah langkah. Pengurusan pajak motor baik tahunan maupun 5 tahunan sebaiknya dilakukan mandiri. Karena dengan melakukan secara mandiri, tidak perlu membayar jasa calo dan tentu lebih nyaman. 

Penulis: Raka 21 Dec 2020 202