Boros Uang? Ikut 5 Cara Menabung Unik dan Kreatif Berikut Ini

Boros Uang? Ikut 5 Cara Menabung Unik dan Kreatif Berikut Ini

Pasti semua orang sepakat bahwa menabung adalah suatu cara efektif untuk memiliki uang cadangan saat keadaan terdesak nantinya. Sayangnya, banyak orang terbiasa hidup boros dan kurang mampu konsisten melakukannya. Solusinya, coba cara menabung unik dan kreatif, agar selalu bersemangat menyisihkan uang.

Cara Menabung Unik yang Bakal Bikin Semangat Menabung

Salah satu cara untuk menghindari boros adalah membiasakan diri untuk menabung setiap hari. Jika sudah berkomitmen untuk melakukannya, keinginan untuk membelanjakan uang akan dapat ditekan. Agar lebih semangat, coba cara menabung unik dan kreatif yang bisa diterapkan setiap hari di bawah ini.

1. Menabung Berdasarkan Angka Kalender

Kamu bisa menabung berdasarkan tanggal hari itu. Contohnya, tanggal 1 artinya kamu harus menabung Rp.1000, tanggal 2 Rp.2000, dan seterusnya. Atau kamu bisa membaliknya, tanggal 1 Rp.31.000, tanggal 2 Rp.30.000, dan jumlahnya berkurang hingga tanggal 31 hanya perlu menabung Rp.1000.

2. Menabung Pecahan Tertentu

Cara ini efektif dalam memaksa seseorang merelakan uangnya untuk ditabung. Tentukan nominal berapa yang dipilih. Misalnya Rp.10.000 atau Rp.20.000. Jika di dompet ada pecahan tersebut, jangan digunakan, langsung masukkan ke dalam celengan. Dengan cara ini, tanpa disadari jumlah tabungan akan cepat meningkat. 

3. Menguras Isi Tas

Kedengarannya lucu, ya? Maksud menguras isi tas adalah untuk menemukan semua uang koin yang kamu miliki, kemudian memasukkannya ke dalam celengan. Tidak hanya tas, periksa laci atau tempat lain untuk menemukan uang koin. Terlihat sepele, tetapi ternyata menabung uang koin bisa membuatmu terkejut saat menghitung jumlahnya nanti, loh.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

4. Menabung  Setiap Melakukan Transaksi Online

Sering tergiur melakukan transaksi online? Kamu dapat melakukan cara menabung unik dan kreatif ini. Caranya, sisihkan Rp.20.000 ke dalam celengan, setiap kamu membeli barang apapun secara online, baik itu makanan ataupun produk fashion. Setelah setahun, kamu bakalan terkejut saat menghitung jumlah uang yang terkumpul.

5. Menabung Saat Jajan

Kurang lebih sama dengan cara menabung unik sebelumnya, tabunglah Rp.20.000 setiap membeli jajanan. Jika tidak memiliki uang untuk ditabung, artinya kamu tidak seharusnya jajan saat itu. Selain efektif untuk menabung, cara ini cukup ampuh untuk mengurangi keinginan jajan makanan kekinian yang sangat menggoda itu. 

Masih banyak lagi cara unik yang bisa kamu coba untuk membiasakan diri menabung. Pilih cara mana yang paling pas buatmu. Agar lebih semangat, coba tentukan hal apa yang paling kamu inginkan, kemudian tempel gambarnya di celengan, sehingga selalu mengingatnya.

Demikianlah cara menabung unik yang bisa dilakukan sobat WE+. Dengan cara-cara yang unik, diharapkan kamu akan semangat dan bisa menabung dengan lebih optimal. Menabung memang sangat penting dalam menyediakan dana cadangan. Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi risiko keuangan yang tak terduga, yaitu melalui asuransi. Dengan membeli asuransi, dapat memiliki keamanan finansial jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Tertarik untuk membeli asuransi? Kunjungi https://weplus.id sekarang juga. Situs ini merupakan sebuah marketplace asuransi terpercaya yang dapat memudahkan dalam mencari informasi, membandingkan, dan memilih produk asuransi yang diinginkan. Kamu dapat membeli polis asuransi secara online dari berbagai perusahaan melalui aplikasi yang bisa diunduh di smartphone ini.

Penulis: Raka 28 Jul 2021 75