Bingung Mau Usaha Sendiri? Mulai dari Ini Dulu!

Bingung Mau Usaha Sendiri? Mulai dari Ini Dulu!

Halo Sobat WE+, di era sekarang banyak orang termasuk dari kalangan milenial lebih memilih membuka usaha sendiri daripada menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Selain, lebih leluasa menuangkan ide-ide kreatif yang ada di kepala membuka usaha juga bisa melatih kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, dan kegigihan seseorang. Para penguasa sukses dulu juga sama seperti orang-orang kebanyakan yang merasa bingung mencari celah untuk memulai usahanya secara mandiri.

Bagi para milenial membuka usaha secara mandiri memang cukup sulit karena kurangnya pengalaman dan wawasan seputar usaha yang ditekuninya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membaca pembahasan kali ini untuk mengetahui langkah-langkah apa saja untuk memulai usaha secara mandiri.

Langkah-langkah untuk Memulai Usaha Secara Mandiri

  1. Meriset Jenis Usaha yang Hendak Dijalankan

Dalam menjalankan usaha diperlukan persiapan yang matang termasuk mencari tahu segala hal terkait dengan jenis usaha yang ingin dijalankan. Kamu harus memastikan bahwa dirimu memiliki minat yang kuat terhadap jenis usaha tersebut dengan begitu kamu akan lebih fokus dan tidak mudah bosan atau putus asa saat mengalami kegagalan. Selain itu, kamu juga perlu melakukan analisis pasar, apakah jenis usaha tersebut memiliki pasar yang menjanjikan? 

Apakah akan banyak orang tertarik dengan usahamu? Apakah kamu bisa bersaing dengan para kompetitor yang sudah lebih dulu berkecimpung dalam usaha tersebut? Kamu harus memikirkan hal-hal tersebut dan mampu menjawabnya, menentukan strategi marketing yang akan digunakan juga perlu dipikirkan terlebih dulu sebagai gambaran. Buatlah kerangka usaha terlebih dulu untuk memudahkan kamu merealisasikan jenis usaha yang diinginkan. 

  1. Menyusun Rencana dan Anggaran Usaha

Setelah membuat kerangka usaha yang sesuai selanjutnya kamu perlu membuat rencana usaha atau yang lebih dikenal dengan istilah business plan proposal. Business plan proposal sangat dibutuhkan terutama bagi kamu yang mencari modal usaha dari investor. Tujuannya agar mereka mengerti konsep bisnis yang dibuat dan seberapa besar peluang keberhasilan dari usaha tersebut. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Tidak hanya itu, business plan proposal juga diperlukan meskipun memodali usaha secara mandiri untuk membantu mengetahui besaran modal yang harus dipersiapkan dan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut.

  1. Mempersiapkan Modal Usaha

Langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha sendiri yakni menyiapkan modal usaha. Modal tersebut bisa kamu dapat dengan menggunakan uang tabungan atau dengan melakukan pinjaman modal. 

Jika kamu memulai usaha berskala kecil akan lebih baik jika menggunakan uang tabungan sebagai modal apabila kamu memiliki jiwa bisnis yang tinggi. Dan ingin membangun sebuah bisnis dengan skala besar yang sudah dipersiapkan dengan matang bisa juga dengan mencari pinjaman modal untuk memulainya.

  1. Memperluas Relasi

Dalam menjalankan usaha, relasi menjadi salah satu hal penting untuk menunjang keberlangsungan usahamu loh. Untuk mendapatkan relasi yang luas kamu bisa mulai bergabung dengan beberapa komunitas yang berkaitan dengan jenis usaha yang kamu tekuni. 

Dengan begitu kamu akan memiliki relasi yang luas dalam membantu memasarkan produk atau kamu bisa mengambil ilmu-ilmu dari mereka untuk diterapkan pada usahamu. Jadi, membangun sebuah usaha tanpa membangun relasi yang baik dengan banyak orang akan mempersulit langkahmu menuju keberhasilan. Meskipun, tanpa memiliki relasi yang luas masih ada kemungkinan mendapatkan banyak keuntungan tapi dengan adanya relasi kamu akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dari itu.

Meskipun Sobat WE+ tidak memiliki pengalaman menjalankan sebuah usaha, kamu tidak perlu takut memulai usaha sendiri. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang baik untuk kamu ya sobat WE+! 

Penulis: Raka 26 Nov 2021 20