Kenali Apa Itu Manajemen Bisnis Syariah dan Cara Kerjanya

Kenali Apa Itu Manajemen Bisnis Syariah dan Cara Kerjanya

Halo Sobat WE+, bisnis syariah memang memiliki tempat tersendiri di masyarakat. Hal tersebut tidak mengherankan karena di Indonesia mayoritas masyarakatnya memang menganut agama Islam. Dalam menjalankan manajemen bisnis syariah, pelaku bisnis tidak hanya mengacu pada keuntungan saja. Tapi juga lebih mengarah kepada nilai-nilai islami sesuai dengan Al Quran dan hadist.

Istilah manajemen berasal dari bahasa Perancis yang berarti mengatur dan melaksanakan. Jadi manajemen merupakan sebuah proses perencanaan, pengoordinasian, pengorganisasian, pengontrolan sumber data untuk mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan efisien.

Istilah syariah sendiri dapat diartikan sebagai hukum agama yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia lainnya, dan manusia dengan alam di sekitarnya. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manajemen bisnis syariah, berikut penjelasannya.

Pengertian dan Cara Kerja Bisnis Syariah

Jika didefinisikan manajemen bisnis syariah merupakan cara mengelola dan menjalankan suatu bisnis dengan tata cara yang telah diatur dalam ajaran agama Islam. Meskipun begitu hingga kini banyak orang yang masih salah mengira tentang sistem bisnis berbasis syariah. Kebanyakan orang akan terpikir sistem syariah hanya digunakan dalam bisnis keuangan saja. Seperti perbankan syariah dan investasi syariah.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Padahal manajemen bisnis syariah dapat diterapkan pada segala bidang bisnis. Ketika ingin menjalankan sebuah bisnis, kamu bisa menggunakan sistem bisnis berbasis syariah. Mulai dari tata cara mengelola dan menjalankan bisnis kamu harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan pada hukum Islam. Hal tersebut tentunya untuk menghindari dari keuntungan yang masuk dalam jenis riba' dalam agama Islam. Serta mewujudkan keuntungan yang halal. 

Bukan hanya sekedar memikirkan keuntungan sebesar-besarnya saja. Keberkahan dari sebuah bisnis yang dijalankan menjadi suatu hal yang terpenting. Sehingga, selain mendapatkan keuntungan di dunia kamu juga bisa mendapatkan keselamatan di akhirat. 

Cara Kerja Manajemen Bisnis Syariah

Lalu bagaimana cara kerja manajemen bisnis syariah dilakukan? Masih belum banyak orang yang menerapkan bisnis berbasis syariah karena dianggap sesuatu hal yang sulit. Padahal jika sungguh-sungguh ingin menjalankan sistem bisnis syariah. Semua orang bisa melakukannya.

Untuk dapat melaksanakannya kamu perlu mempelajari dan mengetahui dasar-dasar hukum syariah. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menjalankannya. Cara kerja bisnis berbasis syariah dijalankan dengan hukum-hukum syariah. Berikut dasar hukum syariah tersebut:

  1. Produk yang dibuat harus halal. Pada bisnes berbasis syariah tidak boleh memperdagangkan sesuatu yang haram. Seperti babi, bangkai, darah, minuman keras, perjudian, pelacuran, jual beli manusia.
  2. Bebas dari riba, dalam menjalankan manajemen bisnis syariah tidak boleh ada segala sesuatu yang diterima sebagai tambahan keuntungan.
  3. Akad dari dasar bertransaksi bebas dari gharar dan maysir. Gharar merupakan sesuatu hal yang menimbulkan ketidakpastian dalam bertransaksi atau ada sesuatu yang ditutupi dalam transaksi tersebut. Maysir sendiri adalah sesuatu yang bersifat untung-untungan sehingga secara tidak langsung mengandung unsur perjudian.
  4. Terdapat ijab qabul atau akad bisnis antara penjual dan pembeli ketika bertransaksi. Ijab qabul dalam bisnis syariah adalah serah terima yang jelas yang dilakukan oleh penjual kepada pembeli. 
  5. Transaksi yang dilakukan di dalam bisnis harus dilakukan secara adil. Di dalam bisnis berbasis syariah, keadilan menjadi sebuah hal yang penting dan harus dilakukan dengan keteguhan. Dengan keadilan yang ditangguhkan di dalam bertransaksi, akan membuat penjual ataupun pembeli terbebas dari kezaliman atau sikap sewenang-wenang yang bisa merugikan salah satu pihak.

Itulah penjelasan mengenai manajemen bisnis syariah yang bisa kamu terapkan pada bisnis. Pada dasarnya, ini merupakan cara mengelola dan menjalankan suatu bisnis dengan tata cara yang telah diatur dalam ajaran agama Islam. Semoga dengan informasi diatas, sobat WE+ semakin memahami tentang manajemen dari bisnis syariah itu sendiri ya! 

Penulis: Raka 06 Aug 2021 59

Penulis: Raka
29 Aug 2020
641
Penulis: Raka
02 Sep 2021
31