Cara Untuk Mengolah Emosi

Cara Untuk Mengolah Emosi

Setiap manusia pasti memiliki emosi, baik itu senang, marah, sedih, dan lain sebagainya. Sobat WE+ juga perlu tahu bagaimana cara mengolah emosi dengan baik. Tujuannya agar emosi yang kamu rasakan tidak menjadi berlebihan dan justru memberikan dampak negatif. Seperti misalnya emosi marah yang berlebihan dan bisa membuat kamu melampiaskannya ke orang lain. Lalu seperti apa cara pengolahan emosi itu?

8 Cara untuk Mengolah Emosi dengan Baik 

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola emosimu: 

  1. Dengan Mendengarkan Musik 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan emosi berlebih adalah dengan mendengarkan musik favorit. Mendengarkan musik ternyata bisa membuatmu menjadi tenang. Dengarkan musik favorit dengan menggunakan earphone atau dengan pergi ke tempat yang tenang dan nyaman. Biarkan musik yang kamu dengar membawa emosi dan membuatmu menjadi lebih tenang. 

  1. Hentikan Sejenak Aktivitasmu 

Ketika kamu sedang marah sebaiknya hentikan sejenak semua aktivitasmu. Duduklah lalu pikirkan apa yang ingin dilakukan serta dikatakan. Dengan kamu berhenti sejenak dari aktivitas dan berpikir maka bisa memikirkan apa tanggapan dari perbuatan atau perkataan yang akan dilakukan. Apakah perbuatan atau perkataan tersebut bisa menyakiti orang lain atau memperbaiki keadaan? Jika iya sebaiknya pikirkan kembali untuk mengutarakan perkataan atau perbuatan tersebut.

  1. Pejamkan Mata dan Tarik Napas Dalam-dalam

Pada saat ada peristiwa atau kejadian yang membuatmu marah, sebaiknya tahan amarah tersebut lalu ambil jeda beberapa detik untuk menenangkan diri. Pejamkan mata kemudian tarik napas dalam-dalam secara perlahan. Cara ini cukup efektif untuk mengelola emosi dan membuatmu menjadi lebih nyaman.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Berolahraga 

Ternyata emosi atau amarah bisa diatasi dengan melakukan olahraga. Ada banyak olahraga yang bisa dilakukan, seperti lari, jalan kaki, berenang, sepak bola dan sebagainya. Apapun olahraga yang dilakukan bisa menstimulasi zat-zat kimia dalam otak sehingga bisa membuatmu lebih rileks dan juga bahagia. Tidak hanya itu saja, olahraga akan menguras energi sehingga bisa melenturkan syaraf yang tegang. 

  1. Memaafkan dan Melupakan 

Setiap masalah yang ada harus diselesaikan dengan baik. Jika sudah selesai sebaiknya tidak perlu mengungkitnya kembali karena bisa menimbulkan emosi. Oleh karena itu, kamu harus memaafkan semua orang yang pernah memberimu masalah lalu lupakan. Cara ini menjadi cara terbaik untuk menghilangkan emosi. Dengan kamu memaafkan dan melupakan masalah maka akan lebih fokus pada hal atau kegiatan yang memberikan dampak positif. 

  1. Mengingat Dampak Negatif yang Mungkin akan Terjadi 

Emosi yang tidak terkendali bisa berakibat fatal seperti memaki-maki, memukul, berteriak atau merusak barang-barang. Keadaan seperti ini harus bisa dihindari karena akan berdampak buruk pada diri sendiri maupun orang sekitar. Jika kamu sedang marah, kendalikan amarah tersebut sambil mengingat dampak negatif yang mungkin akan terjadi jika tidak bisa mengendalikannya. 

  1. Berhitung

Cara untuk menahan emosi adalah dengan berhitung. Sebelum amarah tersebut meledak, kamu disarankan untuk berhitung dari 1 hingga 10. Jika sangat marah bisa berhitung hingga angka 100. Ketika kamu berhitung, denyut nadi akan turun dan amarah akan lebih cepat untuk mereda.

  1. Relaksasi Otot 

Cara terakhir untuk mengolah emosi adalah dengan melakukan relaksasi otot. Kamu bisa melakukan peregangan pada kelompok otot pada tubuhmu dan juga kendurkan perlahan-lahan dengan cara membuang napas. Contoh peregangan otot yaitu menggoyangkan bahu dan juga menggerakkan leher. Gerakan relaksasi otot yang dilakukan bisa membantu mengendalikan emosi. Cara ini bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan alat.

Nah itulah 8 cara yang bisa dilakukan untuk mengolah emosi. Agar emosi tidak menimbulkan dampak negatif sebaiknya dikelola dengan baik dengan cara yang tepat ya! 

Penulis: Raka 30 Jun 2022 55