Begini Cara Mengganti Ban Mobil dengan Aman dan Mudah

Begini Cara Mengganti Ban Mobil dengan Aman dan Mudah

Untuk Sobat WE+ yang sering bepergian ke luar kota menggunakan mobil pribadi, maka harus mempunyai keahlian untuk mengganti ban mobil sendiri. Pasalnya, kita tidak bisa mengandalkan bengkel di pinggir jalan untuk membenarkan ban mobil kita. Bagaimana jika mobil berhenti pada daerah yang sepi penduduk? Berikut ini adalah cara mengganti ban mobil.

5 Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri dengan Mudah

Ternyata masih banyak loh pengemudi yang masih belum tau Caranya Mengganti Ban Mobil Sendiri, Hal ini sangat penting ketika ada hal hal yang tidak diinginkan terjain (misal : Ban bocor saat perjalanan) tentunya pengemudi harus tau dan bisa untuk mengganti ban mobil sendiri agar bisa melanjutkan perjalanan.

1. Tepikan Mobil Terlebih Dahulu

Tahapan pertama yang bisa sobat WE+ lakukan saat mengganti ban mobil adalah menepikan terlebih dahulu mobil yang akan diganti ban mobil. Kamu bisa menepikannya di jalanan yang sekiranya sepi agar tidak mengganggu aktivitas jalan raya. Tidak ada salahnya juga jika kamu memberikan tanda peringatan bahwa mobil sedang dalam perbaikan.

Memberikan tanda peringatan ini bisa membuat pengguna jalan lain tidak salah paham, sehingga menunggu kita untuk melaju. Dalam hal ini, nantinya tidak akan terjadi kemacetan karena antrian melaju.

2. Menyiapkan Semua Peralatan

Jika sudah menepikan mobil di tempat yang aman, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengganti ban mobil sendiri adalah dengan menyiapkan semua peralatan. Peralatan yang dibutuhkan dalam mengganti ban mobil sendiri ini tidak terlalu banyak. Kamu cukup membutuhkan dongkrak mobil, kunci roda, dan ban cadangan.

Jika semua peralatan ini sudah siap, maka kamu bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. Namun, jika salah satu peralatan ini belum siap maka kamu bisa menyiapkannya terlebih dahulu, terutama ban cadangan. Itulah mengapa, kamu harus selalu berjaga-jaga dan membawa ban cadangan kemanapun pergi.

3. Gunakan Kunci Roda untuk Mengendurkan Baut

Langkah selanjutnya yang bisa kamu memulai adalah dengan mengendurkan baut mobil menggunakan kunci roda. Pertama-tama, lepaskan terlebih dahulu penutup baut ban mobil dengan obeng. Setelah itu, gunakan kunci roda untuk mempermudah memutar baut ke arah berlawanan jarum jam.

Tips yang bisa kamu pakai untuk mengendurkan baut mobil dengan mudah dan cepat adalah dengan cara mengendorkan baut ban mobil dengan posisi saling berseberangan. Perlu kamu ingat, dalam hal ini adalah mengendurkan baut saja, jangan sampai baut terlepas penuh.

4. Gunakan Dongkrak untuk Mengangkat Mobil

Setelah mengendurkan baut, langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk memasang ban mobil sendiri adalah dengan mengangkat ban menggunakan bantuan dongkrak. Untuk memasang dongkrak ini, ada beberapa teknik yang perlu sahabat WE ketahui.

Pastikan bahwa dongkrak terpasang di tempat yang mempunyai struktur kuat. Jangan sampai menaruhnya di sembarangan, karena ini akan sangat fatal jika memasang dongkrak pada tempat yang salah.Setelah memastikan posisi dongkrak sudah tegak lurus, lalu angkatlah ban mobil. 

5.  Membuka Baut Ban Mobil yang Bocor

Jika mobil sudah terangkat, maka kamu bisa membuka baut ban mobil sampai terlepas secara keseluruhan.  Satu yang perlu kamu ingat dalam melakukan hal ini adalah untuk menyimpan baut baut ban mobil yang tadi dilepas. Jika sudah, lepas ban yang bocor dan pasang ban yang baru.

Cara memasang ban mobil sendiri yang bisa kamu terapkan adalah dengan memiringkannya dan sedikit menggoyangkannya. Hal ini dilakukan agar ban mobil cepat terpasang dan tidak membuang banyak tenaga. Jika ban sudah terpasang dengan baik, kamu bisa mengangkat dongkrak dan merapikan semua peralatan.

Itulah cara mengganti ban mobil sendiri dengan aman dan mudah. Diharapkan dengan mengetahui cara ini, kamu bisa mengatasi pergantian ban sendiri saat bepergian. Semoga bermanfaat ya! 

Penulis: Raka 21 Oct 2020 78

Penulis: Raka
11 Aug 2020
202
Penulis: Raka
11 Sep 2020
97
Penulis: Raka
02 Nov 2020
223