Inilah Gejala Penyakit Tipes, Penyebab dan Faktor Risikonya

Inilah Gejala Penyakit Tipes, Penyebab dan Faktor Risikonya

Tipes menjadi salah satu penyakit yang bisa terjadi pada siapa saja. Baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit tipes atau tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyebaran penyakit ini dilakukan melalui makanan atau minuman. Kalau tidak ditangani dengan baik, penyakit ini bisa membahayakan jiwa loh sobat WE+.

Tipes juga mengalami penularan yang sangat cepat. Infeksi demam ini akan terjadi ketika penderita mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi dan terdapat bakteri di dalam tinjanya. Penularannya juga bisa terjadi akibat urine yang juga sudah terinfeksi oleh bakteri. Namun untuk kasus tersebut memang jarang terjadi. Kebersihan akan makanan atau minuman juga menjadi hal yang paling utama, jika kamu ingin terhindar dari tipes tersebut. 

Penyebab dan Gejala Penyakit Tipes

Pada umumnya gejala tipes akan muncul di 1-3 minggu sesudah tubuh terinfeksi. Cirinya yaitu berupa diare, demam tinggi, sakit perut, dan sakit kepala. Kondisi tersebut bisa menjadi semakin buruk dalam hitungan minggu. Apabila tidak ditangani dengan baik maka penderita bisa mengalami perdarahan internal atau yang disebut dengan sistem pencernaan pada usus yang pecah. Risiko terjadinya komplikasi ini akan membahayakan nyawa seseorang jika tidak segera ditangani.

Apabila penderita tidak mendapat perawatan yang benar maka hal itu bisa menyebabkan kematian. Walaupun penderita masih bisa sembuh tetapi ia bisa menderita komplikasi yang disebabkan oleh infeksi tersebut. Secara umum, tipes ini masih bisa ditangani dengan memberi pasien obat antibiotik.

Tingkat keparahan pasien akan menentukan jenis perawatan yang harus ia terima. Apakah harus dirawat di rumah sakit atau dirawat di rumah saja. Kalau tingkat keparahannya masih rendah maka pasien bisa ditangani di rumah dengan memberinya antibiotik. Dan pasien harus dirawat selama 1-2 minggu. Penyebab dari penyakit tipes ini biasanya adalah makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh bakteri. Sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna juga bisa menjadi penyebab mengapa tipes sering terjadi pada anak-anak.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Faktor Risiko Seseorang yang Terkena Tipes

Ada beberapa faktor risiko untuk seseorang yang terkena tipes, diantaranya sebagai berikut:

  1. Sanitasi yang buruk
  2. Tidak mencuci tangan sebelum makan atau kurang bersihnya makanan yang dikonsumsi.
  3. Menggunakan toilet yang sudah terkontaminasi oleh bakteri.
  4. Mengkonsumsi makanan seperti produk susu dan olahannya yang juga sudah terkontaminasi.
  5. Mengkonsumsi sayuran yang memakai pupuk dari kotoran manusia yang sudah terinfeksi.

Pengobatan dan Pencegahan Tipes

Cara mengobati atau mengatasi tipes adalah dengan memberinya obat antibiotik dan juga obat penurun demam untuk menurunkan suhu tubuh pasien. Pengobatan bisa dilakukan di rumah sakit atau di rumah saja jika tingkat keparahannya masih rendah. Sedangkan untuk mencegah penyakit tipes bisa dengan melakukan vaksinasi. Vaksin tifoid menjadi salah satu vaksin yang juga dianjurkan oleh pemerintah. Vaksin ini bisa diberikan pada anak usia 2 tahun dan diulang kembali saat anak sudah berusia 3 tahun. 

Tindakan pencegahan lainnya adalah dengan memperhatikan setiap makanan atau minuman yang dikonsumsi. Sebaiknya tidak makan di tempat terbuka karena mudah terpapar bakteri Salmonella typhi tersebut. Kebersihan makanan atau minuman selalu menjadi yang utama.

Nah sobat WE+, itulah informasi mengenai gejala, penyebab, faktor resiko, dan pengobatan penyakit tipes. Mengingat bahwa penyakit ini bisa menyebabkan kondisi fatal pada seseorang, maka jaga kesehatan kamu dengan lebih baik agar tidak terkena tipes ya. Selalu cuci tangan sebelum makan dan pilihlah makanan yang memang bernutrisi ya sobat WE+! 

Penulis: Raka 25 Aug 2021 45