Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bersepeda

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bersepeda

Akhir-akhir ini, bersepeda menjadi salah satu olahraga yang sedang di gandrungi oleh orang-orang. Mulai dari anak-anak sampai bapak-bapak banyak sekali yang menggandrungi hobi satu ini. Terkadang banyak orang bersepeda tanpa persiapan dan perlengkapan bersepeda yang lengkap. Padahal perlengkapan bersepeda harus sangat diperhatikan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan, serta mencegah cidera dalam bersepeda. Nah berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan ketika akan bersepeda.

  • Kondisi Sepeda

Gunakan sepeda yang cocok dengan mempertimbangkan tinggi badan dan kondisi jalan. Pilih sepeda yang tidak begitu tinggi. Standarnya, tinggi sepeda bisa dicapai dengan cara berjinjit. Usahakan ketika mengayuh sepeda, lutut dapat tertekuk sempurna 90 derajat. Jenis sepeda juga disesuaikan dengan kondisi jalan. Apabila rute perjalanan melewati jalanan kota, pilih sepeda dengan roda tipis, contohnya sepeda fixie atau sepeda lipat. Jika rute perjalanan melewati jalanan yang tidak rata, sebaiknya pilih sepeda jenis mountain bike atau sepeda dengan roda tebal dan kasar. Jangan lupa juga cek rantai dan rem sepeda ketika akan bersepeda karena bagian itu adalah salah satu bagian fital yang jika ada masalah pada rantai atau rem bisa membahayakan kita saat bersepeda. Dan jika perlu, tambahkan lampu pada sepeda jika akan bersepeda pada malam hari.

  • Perlengkapan Bersepeda

Selain kondisi sepeda, kita juga harus mempersiapkan perlengkapan bersepeda, mulai dari helm, sepatu, sarung tangan hingga botol minum jika diperlukan. Perlengkapan ini berguna sebagai penunjang keselamatan kita saat bersepeda. Gunakan helm yang sesuai standar agar kepala kita terlindungi dengan baik jika kita terjatuh. Usahakan gunakan sepatu yang lentur agar nyaman saat mengayuh sepeda. Pun dengan sarung tangan, gunakan sarung tangan yang bisa menyerap keringat agar tangan kita tidak slip ketika berkeringat dan botol minum agar kita tidak dehidrasi ditengah jalan.

  • Stretching / Pemanasan

Hal ini pun menjadi salah satu hal yang sangat penting dipersiapkan sebelum bersepeda. Lakukan stretching 10-20 menit sebelum bersepeda agar otot-otot tubuh tidak tegang. Stretching dapat menghindarkan tubuh dari kram karena dapat melenturkan otot dan membuat otot lebih mudah untuk beradaptasi. Fokuskan peregangan di daerah kaki dan punggung. Kedua daerah tersebut merupakan bagian yang paling aktif ketika bersepeda.

  • Peraturan Lalu Lintas

Ketika bersepeda, kalian wajib banget untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Selain itu, sekarang di kota-kota besar sudah disediakan jalur khusus untuk pesepeda, jadi akan lebih aman ketika sedang bersepeda.

  • Asuransi Kecelakaan

Hal ini merupakan salah satu langkah preventif jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan ketika bersepeda. Karena jaman sekarang kondisi jalanan sudah padat dengan kendaraan jadi kita harus tetap berhati-hati ketika bersepeda. BCA Life hadir untuk memberi keamanan lebih untuk para pesepeda ketika berada dijalanan. Dengan biaya santunan sampai Rp 100 juta dan biaya pertanggungan kecelakaan sebesar Rp 2,5 juta, kalian bisa bersepeda dengan lebih nyaman. Untuk informasi lebih lanjut, klik disini.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bersepeda. Karena dengan persiapan yang baik kita bisa meminimalisir hal yang tidak diinginkan ketika bersepeda. Jadi, mau gowes kemana weekend ini?

Penulis: Raka 11 Sep 2020 188

Penulis: Raka
13 Jul 2020
298
Penulis: Raka
21 Oct 2020
5