Apa Sih Asuransi Kesehatan Itu? Berikut Penjelasannya

Apa Sih Asuransi Kesehatan Itu? Berikut Penjelasannya

Kesehatan adalah hal berharga dalam hidup yang harus dijaga sebaik mungkin. Salah satu bentuk menjaga kesehatan adalah dengan menggunakan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah proteksi yang diberikan untuk mengcover kebutuhan medis para penggunanya. Selain itu, seperti dikutip dari Investopedia (2019), asuransi kesehatan adalah jenis pertanggungan asuransi yang membayar biaya medis, bedah, ataupun terkait biaya perawatan kesehatan seperti yang disebutkan dalam polis asuransi.

Perusahaan atau penyedia jasa asuransi kesehatan akan mengganti biaya yang sobat WE+ keluarkan untuk kebutuhan medis yang dialami, seperti sakit, rawat inap, cedera, operasi maupun beberapa kondisi lainnya. Perusahaan asuransi tersebut biasanya akan menawarkan paket yang bisa sobat WE+ pilih sesuai dengan kemampuan atau kesepakatan yang ada. Seperti nilai premi yang harus dibayarkan atau metode pembayarannya. Bisa dipotong melalui gaji,  dibebankan maupun kerjasama dengan perusahaan atau memang harus sobat WE+ bayarkan langsung setiap bulannya.

Apa Saja Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan ?

Asuransi kesehatan akan sangat penting untuk dimiliki. Baik untuk kesehatan pribadi ataupun kesehatan keluarga. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita bisa mendapat beberapa keuntungan, Apa Sih Asuransi Kesehatan Itu? Berikut Penjelasannya

1. Memberi Rasa Tenang

Salah satu alasan banyak pihak memilih asuransi kesehatan adalah manfaatnya yang mampu memberikan rasa tenang. Dengan fasilitas kesehatan kita yang terjamin, maka rasa khawatir bisa berkurang karena adanya perlindungan dan jaminan medis yang bisa kita dapatkan.

2. Meminimalisir Resiko yang Mungkin Terjadi

Keadaan kesehatan kita di masa depan memang tidak ada yang bisa memastikannya, untuk itu memilih asuransi kesehatan bisa menjadi cara untuk meminimalisir resiko yang mungkin saja bisa terjadi. Sedia payung sebelum hujan, mungkin seperti itu peribahasa yang pas untuk menggambarkannya. Berbagai resiko medis juga resiko finansial bisa tertangani dengan asuransi ini.

3. Membantu Pengelolaan Keuangan

Dengan memilih asuransi kesehatan ini, tentu kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk premi secara rutin. Hal tersebut bisa menjadi sisi positif, bahwa sobat we+ akan bisa lebih mengelola keuangan dengan baik.

4. Pelayanan Kesehatan yang Baik dan Layak

Memiliki asuransi kesehatan, berarti juga menjamin sobat WE+ untuk mendapat fasilitas dan pelayanan yang baik di rumah sakit yang dipilih ketika mengalami masalah kesehatan. Fasilitas yang didapatkan tersebut bisa berupa:

  1. Rawat Inap
    Rawat inap adalah biaya yang dikeluarkan ketika kita harus menjalani perawatan untuk beberapa waktu di rumah sakit, seperti: biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya melahirkan, juga biaya gawat darurat.

  2. Rawat Jalan
    Rawat jalan adalah biaya yang dikeluarkan ketika kita menjalani pengobatan tanpa harus berada di rumah sakit tersebut, seperti: konsultasi dokter, obat, biaya tindakan, dan biaya alat-alat medis.

  3. Nilai Tunai
    Selain kedua fasilitas di atas, sobat we+ juga bisa mendapat nilai tunai atau biaya untuk mengganti uang transport maupun penunjang kebutuhan lainnya selama sakit juga perawatan.

5. Efisien

Memiliki asuransi kesehatan, merupakan salah satu cara efisien juga. Karena ketika kita membutuhkan biaya yang cukup besar untuk pengobatan, sobat we+ tidak perlu bingung akan besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Asuransi kesehatan menjadi solusi ketika ada masalah mendadak. Bahkan beberapa penggunaanya bisa secara cashless hanya dengan memperlihatkan kartu atau dokumen dari asuransi kesehatan tersebut.

Baca juga : Klaim Asuransi Itu Susah! Apakah Benar ?

6. Jaminan atau Investasi Masa depan

Asuransi kesehatan bisa juga berfungsi sebagai jaminan. Dalam artian, kesehatan kita akan lebih terjamin. Selain itu, pihak perusahaan asuransi biasanya memiliki kebijakan pengembalian dana jika masa berlaku polis telah habis dan tentu berdasarkan aturan yang telah disepakati. Jadi, selain jaminan asuransi kesehatan dapat menjadi salah satu bentuk investasi.

Setelah membaca informasi di atas, telah dijelaskan bahwa Asuransi Kesehatan Terbaik adalah solusi dan cara kita agar mendapat jaminan kesehatan, mengurangi rasa khawatir, juga ketenangan saat menjalani aktivitas. Jadi, untuk kesehatan yang lebih terjamin di masa depan, yuk mulai pertimbangkan menggunakan asuransi kesehatan mulai sekarang! 

 

Penulis: Raka 12 Oct 2020 46