Punya Mobil Tua? Asuransi Mobil Tua Ini Harus Kamu Tahu

Punya Mobil Tua? Asuransi Mobil Tua Ini Harus Kamu Tahu

Para pecinta otomotif atau kolektor mobil biasanya sangat telaten soal barang kesayangannya. Apalagi jika benda itu termasuk pada jenis yang unik, langka atau dengan harga yang selangit. Pastinya kamu sayang banget, kan? Nggak mau kalau mobil itu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Bentuk nyata dari kepedulian kita akan kendaraan kesayangan itu adalah asuransi. Lalu, sudahkah kamu mencari informasi tentang asuransi mobil tua yang dimiliki?

Sebagai informasi nih, dalam pemilihannya nanti, kita pastinya harus memperhatikan beberapa poin agar mendapat asuransi yang pas dan tidak salah pilih. Untuk itu, pembahasan kali ini akan menguraikan tentang hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih asuransi mobil tua yang bisa kamu jadikan referensi.

Beli Asuransi Mobil Tua Inilah Beberapa Tips Memilihnya

Berikut beberapa tips dan trik yang sebaiknya kamu ketahui ketika akan memilih Asuransi Mobil Tua, yaitu:

1. Pemahaman Tentang Proteksi dari Comprehensive Insurance/All Risk

Seperti namanya, asuransi jenis ini akan memberikan perlindungan menyeluruh terhadap kendaraan kita (kecuali terhadap beberapa poin yang diluar proteksi). Misalnya saat terjadi kerusakan baik ringan maupun berat, kecelakaan, musibah atau kehilangan dan beberapa hal yang tidak diinginkan lainnya.

Yang harus diperhatikan adalah anggarannya, karena pasti biaya All risk ini akan lebih tinggi karena proteksinya tentu lebih luas. Selain dari budget yang disanggupi, kamu juga bisa memperhitungkannya berdasarkan seberapa banyak dan seberapa dalam kita membutuhkan proteksi tersebut. Mulai dari jenis, seri dan aksesoris mobil, keadaan lingkungan atau jalan yang akan dilewati, apakah memungkinkan untuk terjadinya kerusakan, rawan pencurian dan lain-lain, serta seberapa sering kita menggunakan kendaraan tersebut.

2. Pemahaman Tentang Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jika pada poin sebelumnya, proteksi kendaraan kita mencakup keseluruhan, pada TLO ini, kamu akan mendapat perlindungan hanya jika mengalami kehilangan/ kerusakan total. Kerugian total itu berarti nilainya sebesar atau lebih dari 75 persen harga dari kendaraan.

Preminya memang lebih rendah dari All risk, namun memang proteksinya tidak selengkap asuransi sebelumnya. Oleh karenanya, seperti yang telah disinggung, kita bisa menentukannya dari berbagai kemungkinan serta kemampuan yang dimiliki.

3. Perbandingan Beberapa Asuransi

Setelah menentukan jenisnya, kamu kemudian bisa mendapat asuransi yang tepat dengan membandingkan beberapa jasa atau layanan penyedia asuransi, seperti:

a. Nilai premi dan proteksi yang bisa diterima

Harga premi tersebut, biasanya disesuaikan dengan beberapa faktor, yaitu:

  1. Harga Mobil
  2. Tipe dan Tahun Mobil
  3. Jenis Plat

b. Plus minus dari tipe asuransi yang ditawarkan dan proses klaimnya

c. Customer. Karena, jika pengguna layanan tersebut sudah banyak, berarti penyedia jasa asuransi yang akan kita pilih sudah terbukti kredibilitasnya. Jika ada dan memungkinkan, kita bahkan bisa melihat testimoni dari pengguna jasa tersebut.

Keuntungan Memilih Asuransi Mobil Tua

Dengan mendaftarkan kendaraan  pada jasa layanan asuransi, kamu bisa mendapat beberapa keuntungan, berupa:

  1. Kenyamanan, ketenangan
  2. Terhindar dari kerugian akibat hal-hal yang tidak diinginkan
  3. Fasilitas tambahan atau keuntungan lain yang ditawarkan pihak penyedia jasa layanan asuransi

Bagaimana? Sudah terpikirkan untuk mendaftarkan mobil tua yang kamu miliki ke jasa penyedia layanan asuransi mobil tua? Dari informasi ini dapat kita ketahui bahwa tidak hanya mobil keluaran terbaru yang membutuhkan asuransi, karena mobil berusia tua juga sama-sama membutuhkan asuransi agar perlindungan yang diberikan terhadap mobil itu bisa lebih maksimal dan pemilik kendaraan bisa lebih tenang.

Penulis: Raka 19 Oct 2020 38

Penulis: Raka
11 Aug 2020
140
Penulis: Raka
12 Aug 2020
220
Penulis: Raka
10 Nov 909
52