Apa Itu Teknologi Virtual Reality? Ini Pengertian dan Contoh

Apa Itu Teknologi Virtual Reality? Ini Pengertian dan Contoh

Halo sobat WE+, bagi kalian generasi milenial, pengertian mengenai apa itu virtual reality tentu sudah tidak asing lagi.  Sebab faktanya, teknologi tersebut sudah cukup lama diaplikasikan. Begitu juga Indonesia yang ternyata sudah mengadopsi teknologi ini di beberapa bidang. 

Perlu diketahui, teknologi virtual reality dulu seringkali digunakan dalam bidang arsitektur, medis, maupun penerbangan yang memiliki risiko tinggi. Mereka memerlukan fasilitas untuk belajar dan berlatih, sebelum terjun langsung dalam kondisi nyata atau yang biasa dikenal dengan istilah prototype.  

Apa Itu Teknologi Virtual Reality, Pengertian dan Contoh

Tidak bisa dipungkiri, teknologi ini mampu menghadirkan pengalaman dan sensasi yang sangat berbeda pada dunia teknologi. Lantas, apa itu teknologi virtual reality dan apa saja contohnya?

1. Pengertian

Secara bahasa, virtual reality terdiri dari dua suku kata. Pertama, virtual yang berarti dekat, dan kedua reality yang berarti segala sesuatu yang bersifat nyata. Oleh karena itu, virtual reality bisa diartikan sebagai salah satu teknologi yang mampu mensimulasikan keadaan persis dengan kondisi aslinya. 

Di sini, pengguna atau user tidak hanya menonton saja, tetapi juga bisa ikut terlibat dan berinteraksi dengan sekitarnya. Tampilan di dalam layar pun dibuat dalam bentuk 3 dimensi, sehingga seolah-olah berada di alam nyata. Masyarakat sering menyebutnya dengan istilah VR, sementara di kamus Indonesia disebut realitas maya.

2. Contoh

Setelah mengetahui pengertian tentang apa itu teknologi virtual reality, maka tiba saatnya untuk mengetahui contoh dari penerapan teknologi tersebut. Hebatnya, teknologi VR kini bisa ditemukan dan diaplikasikan di mana saja. Tak percaya? Berikut contoh penerapan teknologi VR dalam berbagai bidang:

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

a. Bidang Kedokteran

Dalam bidang kedokteran, teknologi VR bisa membantu mereka untuk mendeskripsikan anatomi tubuh secara lebih mendetail. Dengan demikian, dokter bedah pun bisa mengambil keputusan tepat saat terjadi kejadian gawat darurat. Lebih dari itu, dokter juga biasa memanfaatkannya untuk mendiagnosa sebuah penyakit, melakukan perawatan lebih tepat, dan melihat perkembangan kondisi pasien.

b. Bidang Militer

Dalam bidang militer, teknologi VR berfungsi sebagai simulator dalam menghadapi peperangan. VR mampu menghadirkan tampilan digital dari suatu lingkungan dengan lebih jelas dan nyata, sehingga sesi latihan pun lebih maksimal. Tak hanya lebih efektif, teknologi ini ternyata juga mampu menghemat biaya pelatihan, lho.

c. Bidang Ekonomi

Siapa sangka, jika sebuah teknologi bisa mendukung kondisi perekonomian seseorang dengan begitu signifikan. Ya, berkat teknologi VR penjual bisa mempromosikan barang dagangannya secara nyata. Sementara pengunjung bisa mencoba beberapa produk, sehingga seolah-olah mengenakannya secara langsung. Dari sini, pengunjung bisa menilai apakah produk tersebut cocok atau tidak.

d. Bidang Pendidikan

Pernah nonton bioskop 3D atau 4D dengan efek dramatis? Bayangkan, jika hal tersebut bisa dipindahkan ke sebuah lembaga pendidikan atau sekolah. Bukan tidak mungkin, para siswa mampu memahami pelajaran dengan lebih baik lagi, karena bentuknya benar-benar seperti nyata. Di sini, siswa bisa mencoba untuk memproyeksikan anatomi tubuh, antariksa, dan lain-lain.

e. Bidang Media dan Hiburan

Ini dia yang ditunggu-tunggu, yaitu penerapan teknologi VR pada bidang media dan hiburan. Saat ini, ada banyak sekali jenis permainan yang bisa dimainkan menggunakan sistem VR. Kamu bisa pilih sesuai dengan genre permainan yang diinginkan, mulai dari perang-perangan, simulator kendaraan, dan lain-lain.

Melihat beberapa contoh di atas, maka kehadiran teknologi VR perlu disambut dengan baik. Sebab, masih banyak bidang-bidang lain yang ternyata juga bisa mengambil manfaat dari teknologi tersebut. Semoga rasa penasaran tentang apa itu teknologi virtual reality, bisa tercerahkan ya sobat WE+. 

Penulis: Raka 22 Jan 2021 43