Ingin Beli Sepeda Listrik? Simak 5 Tips Agar Tidak Salah Pilih

Ingin Beli Sepeda Listrik? Simak 5 Tips Agar Tidak Salah Pilih

Bagi sobat WE+ yang suka merasa lelah di tengah jalan ketika sedang bersepeda, memilih sepeda listrik merupakan salah satu alternatif terbaik. Bagaimana tidak, sepeda ini mampu digunakan dalam 2 fungsi yakni dikayuh secara manual dan dijalankan menggunakan listrik seperti sepeda motor sehingga pengendara tidak akan mudah capek. Di samping itu, lajunya lebih cepat sehingga memakan sedikit waktu untuk mencapai tempat tujuan. 

Tips Membeli Sepeda Listrik dengan Tepat

Apabila sobat WE+ juga tertarik membelinya, maka harus memperhatikan beberapa tips agar barang yang didapatkan benar-benar berkualitas dan harganya pun masih aman di kantong. Inilah beberapa tips untuk memilih sepeda listrik yang bagus dan berkualitas: 

1. Ketahui Jenis Baterai yang Digunakan

Baterai adalah salah satu hal yang sangat krusial dalam komponen penyusun sepeda listrik. Sebab, di dalam baterai tersebut akan dialiri listrik untuk mengoperasikan sepeda. Jika jenisnya buruk, sepeda pun  tidak akan bertahan lama dan tidak bisa beroperasi dengan baik.

Oleh sebab itu, sobat WE+ harus tahu terlebih dahulu jenis baterai yang digunakan pada sepeda. Jenis baterai yang biasa digunakan pada sepeda listrik yaitu NIHM, LiION, LifePO4, LIPO, dan Li2TiO3. Semuanya memiliki kualitas dan kapasitas yang berbeda-beda. Pastikan bahwa kamu sudah memahami jenis baterai yang digunakan dalam sepeda yang kamu pilih ya.

2. Pahami Siklus Pengisian Baterai

Selain mengetahui jenis baterai, memahami siklus pengisian baterai juga sangat penting untuk Sobat pahami sebelum membeli sepeda. Sebab, nantinya sobat harus mengisi baterai sepeda secara rutin. Hal ini harus dilakukan dengan prosedur yang benar supaya baterai tidak cepat rusak. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Untuk mengetahui prosedur pengisian baterai yang benar, sobat WE+ harus mengetahui terlebih dahulu siklus pengisian baterainya. Untuk siklus baterai ini, biasanya akan tersedia di buku panduan sehingga kamu bisa membacanya. Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi mengenai siklus ini di internet.

3. Ketahui Daya Listrik yang Bisa Ditampung Oleh Baterai

Ketika sobat WE+ akan membeli sepeda, sesuaikanlah kapasitas baterai listrik dengan keperluan Sobat dalam menggunakan sepeda. Jika kamu ingin menggunakan sepeda untuk bepergian jauh, gunakanlah kapasitas baterai listrik dengan kapasitas yang besar dan juga sebaliknya.

Tanyakan terlebih dahulu kepada penjual dan baca keterangan kapasitas baterai secara detail agar Sobat WE+ tidak menyesal karena ternyata kapasitasnya kecil setelah memutuskan membelinya. Jadilah orang yang teliti dan tidak malu bertanya dalam hal ini.

4. Tanyakan Secara Detail Bahan dan Kualitas Sepeda

Di samping mengetahui kualitas, kapasitas, dan juga jenis baterai, mengecek kondisi komponen sepeda lainnya sepert ban, rantai, kondisi kerangka, dan lain sebagainya juga wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar sepeda memang benar-benar aman, nyaman, serta awet ketika digunakan baik dalam jarak dekat maupun jauh. Jangan tergiur oleh harga yang murah. Namun, ketahui terlebih dahulu kualitas semua komponen sepeda sebelum sobat WE+ benar-benar memutuskan untuk membawanya pulang.

5. Coba Sepeda Sebelum Membelinya

Setelah semua komponen sepeda dirasa berkualitas, tips terakhir yakni sobat WE+ harus mencoba sepeda tersebut ketika masih berada di toko. Hal ini untuk memastikan apakah ada komponen sepeda yang kurang pas, rusak, atau ingin diganti. Jika memang ada yang kurang nyaman dan pas, sobat WE+ bisa meminta pihak toko untuk melakukan penyetelan ulang atau meminta ganti barang dengan jenis yang sama, namun tidak ada sedikitpun kecacatan. 

Demikianlah ulasan gamblang mengenai tips membeli sepeda listrik yang bisa sobat WE+ terapkan agar tidak salah dalam memilih barang. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi siapa saja yang membacanya. 

Penulis: Raka 27 Jan 2021 41