Apa Itu Olahraga Cardio? Kenali 5 Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Apa Itu Olahraga Cardio? Kenali 5 Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Hai Sobat We+, salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat adalah olahraga cardio. Sesuai namanya olahraga cardio atau olahraga kardiovaskular ini memiliki tujuan utama untuk melatih jantung, paru-paru serta sistem peredaran darah. Olahraga cardio umumnya hanya dilakukan dengan durasi sebentar akan tetapi dampaknya cukup besar dalam meningkatkan detak jantung. 

Tidak heran jika olahraga ini sangat baik kamu lakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga cardio memiliki banyak jenis dan manfaatnya, lho. Untuk itu simak penjelasan mengenai manfaat serta jenis olahraga cardio berikut ini. 

5 Manfaat dan Jenis-Jenis Olahraga Cardio

1. Menjaga Kesehatan Paru-paru

Dengan melakukan olahraga cardio secara rutin, kamu sebenarnya sedang menjaga kesehatan paru-paru, lho. Olahraga cardio seperti jogging dan lompat tali selain bermanfaat meningkatkan detak jantung, kamu juga akan mendapat manfaat berupa sistem pernapasan yang semakin baik. Ketika melakukan olahraga cardio, paru-parumu akan bekerja menjadi lebih efisien, sehingga paru-paru akan semakin terlatih dan semakin kuat.

2. Menjaga Kualitas Tidur

Bagi Sobat We+ yang memiliki masalah pola tidur yang berantakan, melakukan olahraga cardio dapat menjadi solusi. Olahraga cardio yang dilakukan setiap pagi hari dengan benar akan memicu berbagai senyawa kimia di otak yang mengatur keinginan waktu tidur. Sehingga kamu akan mendapatkan kualitas tidur terbaik di malam hari. 

Dampak dari pola tidur yang tidak baik dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya, diantaranya obesitas, penyakit jantung, diabetes, sleep apnea, bahkan kematian dini.

3. Mengatasi Stress

Olahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan, tidak hanya berdampak baik terhadap fisik, namun juga memberikan efek positif terhadap kesehatan mental. Tak terkecuali dengan olahraga cardio yang dapat membantumu mengatasi stress. Stress sendiri merupakan suatu reaksi yang kerap muncul saat seseorang sedang menghadapi tekanan, ancaman hingga suatu perubahan. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Stress jika dibiarkan berlarut-larut akan membuat seseorang menjadi putus asa, marah, tidak bersemangat, hingga bermuara pada depresi. Oleh karena itu mengapa olahraga cardio sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin. Tujuannya selain untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta peredaran darah, juga sebenarnya adalah untuk mengatasi stress. 

Dengan melakukan olahraga cardio maka akan mampu merangsang pelepasan dopamin dan serotonin yang mampu meningkatkan perasaan bahagia seseorang. Sobat We+ bisa melakukan zumba yang merupakan salah satu jenis olahraga cardio yang dapat mengatasi stress.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Program diet tidak akan berjalan efektif tanpa melakukan olahraga cardio. Selain dapat menjaga kesehatan jantung,olahraga cardio juga memiliki manfaat dapat membantu menurunkan berat badan. Berbagai pilihan jenis olahraga cardio terbukti ampuh untuk membakar lemak dalam tubuh. Terlebih olahraga cardio bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun bahkan tanpa bantuan alat sekalipun. 

Contoh olahraga cardio yang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan adalah HIIT alias High Intensity Interval Training. Olahraga cardio ini dapat memaksimalkan pembakaran lemak serta meningkatkan metabolisme tubuh selama 24 jam apabila dilakukan dengan benar.

5. Meningkatkan Imunitas

Manfaat terakhir dari olahraga cardio ini adalah dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Latihan cardio secara rutin dan teratur mampu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih inilah yang merupakan komponen utama dalam sistem imun tubuh. Fungsi dari sel darah putih adalah membantu tubuh melawan berbagai macam patogen penyebab penyakit. 

Itulah kelima manfaat serta jenis-jenis dari olahraga cardio yang harus kamu tahu. Meskipun sangat bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi kamu tidak disarankan untuk melakukannya secara berlebihan karena dapat menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh kamu. Jadi, lakukan secukupnya dan bila perlu konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan olahraga cardio ini ya sobat WE+.

Penulis: Raka 27 Jan 2021 96