Cara Mengatur Keuangan Untuk Fresh Graduated

Cara Mengatur Keuangan Untuk Fresh Graduated

Baru lulus dan langsung mendapatkan pekerjaan, pasti menyenangkan. Kamu tentu merasakan serunya punya uang dari hasil kerja sendiri. Namun, jangan lupa terapkan cara mengatur keuangan fresh graduated ini, ya sobat WE+. Tujuannya tentu agar gaji tidak amblas begitu saja.

Seringkali karena merasa senang mendapatkan hasil dari keringat sendiri, malah jadi lupa menabung dan berinvestasi. Ketika menerima gaji langsung membeli barang-barang idaman tanpa perhitungan. Sayangnya, hal ini bisa menjadi kebiasaan yang akan berlanjut sampai nanti, sehingga membuat keuangan kacau. Lalu, bagaimana pengaturan keuangan yang tepat? 

6 Tips Mengatur Keuangan Fresh Graduated

Agar memiliki kebiasaan pengelolaan uang dengan baik, tentu perlu melatihnya sejak awal. Jadi, kamu bisa memulainya sedari pertama bekerja. Berikut ini adalah beberapa cara dalam melakukan pengaturan keuangan yang bisa kamu terapkan:

1. Menyusun Perencanaan Secara Mendetail

Perencanaan memegang peranan penting dalam sebuah pengelolaan keuangan. Dengan membuatnya, kamu menjadi mudah menentukan mana yang sekadar keinginan maupun benar-benar kebutuhan. Jadi, bisa terhindar dari berbelanja barang yang tidak terlalu penting.

Buatlah juga perencanaan keuangan jangka panjang. Contohnya rencana untuk membeli kendaraan, rumah dan kebutuhan lainnya. Pastikan rencana tersebut memberikan gambaran yang mendetail. Di antaranya termasuk harga dan target waktu pembeliannya.

2. Berlatih Menahan Diri

Cara mengatur keuangan fresh graduated yang berikutnya adalah berlatih untuk menahan diri agar bisa melakukan pengeluaran dengan lebih rasional. Tidak jarang orang langsung membelanjakan gajinya ketika menerima gaji. Sebenarnya, cara ini kurang tepat, karena ada kecenderungan kalap belanja.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Pada akhirnya justru melakukan pembelian berdasarkan emosi dan tanpa pikir panjang. Hal ini bisa berakibat pada pemborosan. Jadi, sebaiknya tahan dahulu ketika menerima gaji. Perhatikan daftar keinginan dan kebutuhan yang sudah kamu buat sebelumnya, lalu pilihlah yang paling penting dan mendesak.

3. Utamakan Membayar Hutang

Apabila sebelumnya kamu memiliki utang, maka waktu gajian adalah saat yang tepat untuk melunasinya. Setidaknya, sisihkan 20% dari pendapatan untuk membayar tanggungan tersebut. Jadi bisa cepat lunas dan kamu terbebas dari kewajiban membayar lagi.

4. Sisihkan Tabungan Di Awal

Selanjutnya, bagaimana dengan gaya menabungmu? Jika kamu terbiasa menabung hanya dari sisa uang, maka sebaiknya ubah hal itu. Mulailah membiasakan diri menyisihkan uang untuk savings, ketika baru menerima gaji. Langsung masukkan uang tersebut ke tabungan dan jangan utak-atik lagi.

Dengan demikian, setiap bulannya kamu pasti punya setoran tabungan dengan jumlah yang tetap. Hal ini akan memudahkan dalam memenuhi rencana keuangan besar seperti membeli kendaraan, maupun rumah idaman. Di samping itu, kamu juga bisa mempunyai dana untuk melakukan investasi dan meraih passive income.

5. Hindari Melakukan Kredit 

Memiliki gaji tetap setiap bulan sering membuat orang tergoda membeli barang secara kredit. Sayangnya, kebanyakan dari produk kreditan ini merupakan barang konsumsi yang tidak terlalu mendesak. Pada akhirnya, cicilan kredit tersebut malah menjadi bebanmu setiap bulannya. Jadi, biasakan untuk membeli secara cash.

6. Miliki Asuransi Kesehatan

Tahukah kamu? Kesehatan adalah aset utama. Jika badan sehat, kamu bisa semangat bekerja dan menghasilkan pemasukan. Sebaliknya, sakit bisa mengganggu stabilitas finansial, karena tidak bisa bekerja, sekaligus harus membayar biaya pengobatan.

Untuk mengatasi hal ini, sangat tepat jika kamu memiliki asuransi kesehatan. Jadi, jika terjadi risiko sakit atau kecelakaan, keuangan tidak terganggu karena ada pertanggungan biaya pengobatan. Untuk memudahkan pembelian asuransi, kamu bisa membelinya di WePlus.id. Ini merupakan sebuah platform untuk membeli asuransi secara digital. Ada lebih dari 20 perusahaan asuransi dengan berbagai penawaran produk yang bisa kamu pilih. 

Nah sobat WE+, itulah beberapa cara mengatur keuangan fresh graduated yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan informasi ini, kamu bisa memiliki keuangan yang stabil dan sehat ya! 

Penulis: Raka 06 Mar 2022 198