Akan Liburan Ke Solo? Ini 5 Wisata Solo yang Bisa Dikunjungi

Akan Liburan Ke Solo? Ini 5 Wisata Solo yang Bisa Dikunjungi

Halo sobat WE+! Apakah kalian sudah merencanakan liburan akhir tahun? Jika iya, sepertinya wisata Solo akan menjadi alternatif liburan yang seru untuk kamu nih. Kota Solo sejak dahulu memang telah menjadi destinasi wisata bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Solo menyimpan banyak tempat wisata dengan pemandangan yang indah dan menarik. Ditambah lagi dengan wisata kulinernya, pastinya akan membuat kamu betah liburan di sana.

Ini Dia 5 Wisata Solo yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Berbicara tentang tempat wisata, Solo adalah surganya tempat yang indah. Yakin deh, saat liburan kamu usai, kamu pasti ingin kembali lagi. Apalagi warga Solo terkenal ramah dan hangat. Nah, berikut ini adalah referensi wisata di Solo yang dapat kamu kunjungi:

1. Keraton Kasunanan Surakarta

Kamu pecinta sejarah? Sepertinya destinasi wisata yang satu ini adalah tempat yang cocok.  Keraton Kasunanan Surakarta dikenal memiliki struktur kerajaan yang masih berjalan. Di dalamnya terdapat keluarga kerajaan yang tinggal dan saat ini juga mengatur kerajaan tersebut.

Lokasi Keraton ini berada Jalan Sidikoro Baluwarti, Ps. Kliwon Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jika kamu ingin datang ke sini bisa datang mulai jam 09.00-14.00. Saat datang ke sini dilarang membawa makanan dan menggunakan pakaian pendek.

2. Museum Batik Danar Hadi

Referensi wisata Solo ini paling cocok bagi kamu yang suka dengan batik. Di tempat ini kamu dapat mempelajari lebih jauh tentang budaya Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa melihat koleksi batik yang jumlahnya mencapai 10.000 dengan beragam motif.

Museum batik ini berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi 261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Saat berkunjung ke tempat ini, kamu juga bisa sekaligus mengunjungi pabrik batik yang terletak di belakang museum untuk melihat proses produksi batik tulis dan batik cap.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Taman Sriwedari

Ingin pergi ke taman hiburan saat berada di Solo? Tenang, kamu bisa datang ke Taman Sriwedari. Taman ini terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No 275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Di sini, kamu tidak hanya bisa bersantai, tapi juga melihat pertunjukan menarik setiap harinya.

Di taman ini kamu bisa menyaksikan berbagai hiburan dan atraksi kesenian. Misalnya saja pertunjukan wayang dan pentas musik. Terdapat juga wahana permainan, stan pernak-pernik dan penjual makanan.

4. Grojogan Sewu Tawangmangu

Wisata solo menarik lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Saat datang ke sini, kamu akan dibuat kagum dengan air terjun yang memiliki ketinggian hampir 80 meter. Menurut catatan, air terjun ini adalah air terjun tertinggi yang ada di Jawa Tengah.

Adapun lokasi wisata ini terletak di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Tidak terlalu jauh dari pusat kota Solo. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus berjalan menaiki tangga yang berjumlah 1000 anak tangga.

5. Pandawa Water World Solo Baru

Referensi destinasi terakhir adalah Pandawa Water World Solo Baru. Wisata satu ini masih  terbilang baru dan modern dengan beragam wahana air yang bisa dinikmati segala usia. Terletak di Komplek Pandawa Jalan Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

Gimana? Referensi wisata Solo di atas menarik bukan. Bukan hanya wisata alam saja, kamu juga bisa menikmati wisata sejarah, budaya hingga wahana permainan yang menarik. Jadi, sudah memutuskan untuk booking tiket ke Solo sekarang juga? Selamat berlibur ya sobat WE+!

Penulis: Raka 30 Dec 2020 178