9 Hal Bermanfaat Yang Bisa Dilakukan Ketika WFH

9 Hal Bermanfaat Yang Bisa Dilakukan Ketika WFH

Jauh sebelum pandemi, pasti pernah membayangkan enaknya bekerja dari rumah, bisa melakukan apa saja. Setelah berjalan hampir 2 tahun, sudah banyak yang mengatakan sudah bosan. Nah, untuk mengatasi bosan ada beberapa hal bermanfaat yang bisa dilakukan ketika WFH sobat WE+ di rumah lho. Apa saja? Inilah ulasan lengkapnya. 

Inilah beberapa hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan di rumah: 

 

1. Membereskan Kamar

 

Hal bermanfaat yang bisa dilakukan ketika WFH pertama adalah membereskan kamar. Coba lihat sekelilingmu, apakah sampah atau minimal debu halus yang tersembunyi di sudut kamar. Pernahkah melihat kolong ranjang dan membersihkannya? Atau menjemur kasur yang mungkin jarang dilakukan..

2. Mengecek Kadaluarsa Kosmetika

Yup, ini harus dilakukan segera. Sering hal kecil ini lolos dari perhatian. Pasalnya kesibukan membuat kamu tidak memiliki kesempatan untuk mengeceknya. Padahal, berapa banyak lipstik yang kamu punya? Siapa tahu di antaranya ada yang perlu dibuang. Mungkin juga peru membersihkan kuas yang sudah kotor.

3. Merawat Diri

Suasana pandemi seperti ini, pastilah membuatmu malas dan takut mengunjungi salon. Nah, sekarang saat yang tepat untuk belajar merawat diri dan melakukannya sendiri. Yang sederhana saja, luluran atau facial misalnya. Bahannya beli di marketplace. Tutorialnya lihat di Youtube atau situs-situs kecantikan yang ada ya sobat WE+!

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

4. Decluttering Pakaian

Nah, ini dia biang kerok yang membuat kamu merasa lemari pakaian selalu  penuh. Saatnya melakukan decluttering baju yang sudah tidak terpakai, atau tidak mau lagi digunakan. Kumpulkan semua yang masih layak,, lalu sumbangkan ke rumah amal atau posko bencana yang pasti membutuhkannya.

5. Membuat DIY

Bosan? Mengapa tidak membuat hasta karya. Tinggal lihat tutorialnya di Youtube atau media sosial lainnya. Kamu bisa belajar menghasilkan sesuatu yang berbeda, boneka misalnya. Atau menghiasi kamar dengan lampu kelap-kelap yang dirangkai sendiri. Belanja bahan bakunya bagaimana, kan WFH? Gampang, online saja!

6. Olahraga Teratur

Ayo, mengaku saja deh, kesibukan bekerja membuat mu sedikit melupakan olahraga, atau mungkin saja sudah melakukannya, namun tidak rutin. Nah, ini saatnya mulai lagi woking out sederhana yang dapat kamu lakukan di kamar atau ruang keluarga. Zumba misalnya, mengikuti  video di Youtube.

7. Belajar Memasak

Kalau dulu alasannya adalah karena waktu luang yang terbatas. Nah, kalau sekarang bisa jadi waktu luangmu lebih banyak. Tidak ada salahnya belajar memasak yang sederhana saja dulu. Misalnya, sayur bening yang hanya berbumbu bawang merah atau tumisan yang hanya membutuhkan duo bawang saja?

8. Berbincang Bersama keluarga

Kesibukan menyelesaikan pekerjaan seringkali membuat abai bahwa kedekatan dengan keluarga juga penting. Oleh karenanya, sesekali ambilah waktu mengobrol lebih banyak dengan orang tuamu atau menemani ibumu membersihkan taman. Jika ternyata kamu tinggal sendiri, rajin-rajinlah video call  dengan mereka.

9. Melirik Pekerjaan Sampingan

Hal yang satu ini akan membuat pundi-pundi mu bertambah berat. Jika masih ada waktu luang, kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan seperti freelance atau membuka online shop. Dengan perkembangan teknologi, tentu kesempatan ini masih terbuka luas, asalkan mau belajar keterampilan baru.

Itulah berbagai hal bermanfaat yang bisa dilakukan ketika WFH. Berbagai cara ini bisa menjadi pilihan aktivitas ketika rasa bosan bekerja mulai menyerang. Semoga bermanfaat dan bisa membuat produktivitas kerja WFH mu tetap terjaga! 

Penulis: Raka 31 Jan 2022 233