8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Secara Alami, Mudah Dilakukan!

8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Secara Alami, Mudah Dilakukan!

Gigi menjadi bagian penting bagi tubuh untuk menghaluskan makanan sebelum dicerna oleh lambung dan usus. Kamu pasti tahu bahwa kerusakan yang terjadi pada gigi akan menyebabkan sulit untuk mengunyah makanan dan akan mempengaruhi asupan nutrisi tubuh. Menjaga kesehatan gigi tentunya sangat penting untuk sobat WE+ lakukan.

Gigi yang rusak tidak hanya menyebabkan lebih sulit mengunyah makanan namun seringkali menjadi penyebab sakit gigi. Aktivitasmu tentu akan terganggu jika sedang sakit gigi. Oleh karena itu lebih baik sobat WE+ rajin merawat gigi agar terhindar dari sakit gigi.

Inilah 8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Secara Alami

Banyak cara yang bisa sobat WE+ lakukan untuk membuat gigi selalu sehat. Cara-cara alami tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam bisa sobat WE+ lakukan untuk melakukan perawatan gigi. Ikuti 8 cara mudah di bawah ini untuk menjaga kesehatan gigi secara alami.

1. Rajin Menggosok Gigi

 

 

Menggosok gigi secara rutin merupakan hal pertama yang wajib sobat WE+ lakukan untuk menjaga agar gigimu sehat. Gosok gigi dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Cara sederhana ini jika dilakukan dengan benar maka dapat menghindarkan sobat WE+ dari kerusakan gigi. 

2. Pilih Pasta Gigi yang Memiliki Kandungan Fluoride

 

 

Fluoride yang terkandung dalam pasta gigi dapat membantu sobat WE+ untuk melindungi gigi dari bakteri yang merusak gigi. Pastikan pasta gigi favoritmu mengandung fluoride sehingga gigimu semakin terjaga kesehatannya.

3. Bersihkan Lidah

 

 

Banyak orang mungkin tidak menyadari pentingnya untuk membersihkan lidah. Tahukah sobat WE+ kalau kebersihan lidah juga akan sangat membantu menjaga kesehatan pada gigi? Bersihkan lidah setiap kali sobat WE+ menggosok gigi. Lidah yang tidak pernah dibersihkan juga bisa memicu munculnya plak dan bau mulut.

4. Gunakan Obat Kumur

 

 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Apakah sobat WE+ menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi? Jika sobat WE+ belum pernah melakukannya, cobalah menyempurnakan ritual gosok gigimu dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur dapat membantu membersihkan bagian gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi dan juga berfungsi untuk membersihkan gusi.

5. Konsumsi Air Putih Secara Cukup

 

 

Mungkin kamu bingung apa hubungannya minum air putih dengan kesehatan pada gigi. Air putih akan membantu sobat WE+ untuk membersihkan gigi dan juga mulut dari asam yang muncul akibat makanan yang dikonsumsi. Minum air putih setelah mengkonsumsi makanan juga akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan di dalam mulut.

 

6. Kurangi Konsumsi Makanan Terlalu Manis Dan Asam

 

Lapisan gigi dapat terkikis jika terlalu sering mengkonsumsi makanan yang asam serta manis. Gula dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi akan diubah menjadi asam di dalam mulut. Apabila lapisan gigi terlalu sering terkikis, maka sobat WE+ akan mendapati semakin lama gigimu menjadi berlubang.

 

7. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

 

Gigi dan gusi dapat distimulasi dengan mengkonsumsi aneka sayuran dan buah. Kandungan gizi yang ada pada buah dan sayur juga akan membantu sobat WE+ untuk menjaga agar gigi selalu sehat. Pastikan sobat WE+ mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar agar gigi serta gusi semakin sehat.

 

8. Periksa Ke Dokter Secara Rutin

 

Memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi seringkali masih banyak diabaikan. Sebaiknya sobat WE+ rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi minimal enam bulan sekali agar kesehatan gigi terjaga. Pemeriksaan rutin ini perlu sobat WE+ lakukan untuk memeriksa kondisi gigi dan juga membersihkan karang gigi.

Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang mudah untuk dilakukan namun kadang kala kurang diperhatikan. Sebaiknya sobat WE+ menghindari makanan dan juga minuman yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Kamu bisa melakukan cara-cara sederhana di atas untuk merawat kesehatan dan kebersihan gigi. 

Penulis: Raka 12 Jan 2021 154