6 Jenis Sepeda yang Sering Digunakan, Ketahui Karakteristiknya

6 Jenis Sepeda yang Sering Digunakan, Ketahui Karakteristiknya

Sejak pandemi Covid 19 melanda, masyarakat memiliki hobi dan aktivitas baru yaitu bersepeda. Nah, tentu saja bukan hanya satu jenis sepeda saja yang digunakan melainkan ada beberapa macam. Sebaiknya pemilihan sepeda disesuaikan dengan jenis jalur dan rute yang akan dilalui. Selain itu sesuaikan juga dengan anggaran yang kamu sediakan. Agar tidak kebingungan simak dulu beberapa jenis dari sepeda berikut ini.

Mengenal 6 Jenis dan Karakteristik Sepeda

1. Sepeda Gunung (Mountain Bike)

Sepeda gunung pernah memiliki masa kejayaan beberapa puluh tahun yang lalu. Sepeda gunung atau MTB merupakan jenis yang sangat cocok digunakan kalau Sobat We+ suka dengan medan berat. Ban dari MTB didesain untuk memiliki daya cengkeram kuat pada tanah dan batuan. 

Rangkanya juga dibuat lebih kokoh dengan ukuran lebih besar dibandingkan sepeda jenis lainnya. Shock breaker juga disematkan pada sepeda MTB (mountain bike). Sedangkan untuk ukuran gearnya adalah 3 di bagian depan dan 10 pada bagian belakangnya. Terdapat beberapa jenis MTB yang bisa disesuaikan dengan medan dan suspensinya.

2. City Bike

Ciri paling mudah dari city bike adalah adanya keranjang kecil yang dipasang pada bagian depannya. Sepeda jenis ini banyak digunakan oleh orang-orang yang tinggal di Eropa. Di Asia, kamu akan banyak melihatnya di negara Jepang. Bukan hanya digunakan oleh kaum perempuan saja karena sepeda jenis ini juga sering dipakai oleh para pria untuk pergi kerja.

Ciri lainnya adalah adanya tambahan jok pada bagian belakang sehingga memungkinkan untuk orang lain membonceng. Di Indonesia sendiri city bike sering dipakai oleh anak-anak dan remaja.

3. Sepeda Fixie

Seperti MTB, sepeda fixie juga pernah sangat digemari masyarakat beberapa tahun lalu. Sepeda fixie disukai karena mempunyai desain bodi yang ramping sehingga terkesan ringan. Dengan sepeda ini kamu bisa melaju dengan kecepatan cukup tinggi. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Keunikan lainnya yaitu sepeda fixie tidak memiliki rem karena untuk membuatnya berhenti cukup tahan saja putaran pada bagian pedalnya. Harga sepeda fixie juga tidak terlalu mahal sehingga kamu bisa membelinya tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

4. Sepeda Hybrid

Kalau kamu lebih sering bersepeda di jalan raya pilihan jenis hybrid mungkin yang paling tepat. Sepeda hibrid merupakan gabungan dari sepeda balap dan sepeda gunung sehingga bisa melaju dengan baik di jalanan beraspal. 

Desain rangka mirip dengan MTB yang memiliki shock breaker pada bagian depannya. Sedangkan roda dan diameter pipanya mirip dengan sepeda balap yaitu berukuran 27 inci.  Sepeda hybrid mempunyai bentuk roda yang dengan ban berukuran lebih lebar daripada sepeda balap. 

5. Sepeda Lipat (Seli)

Jenis sepeda lainnya yang juga tidak kalah populer adalah seli atau sepeda lipat. Karena bisa dilipat maka sepeda jenis ini dianggap sangat praktis bisa dimasukkan ke bagasi mobil dan mudah dibawa kemana saja. Biasanya orang yang memilih sepeda lipat adalah mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Sepeda lipat mudah dibawa berpindah tempat bahkan saat naik bus atau KRL.

6. Commuter Bike

Nah, inilah jenis sepeda yang sangat tepat bagi kamu yang suka melakukan touring bersama teman-teman. Sepeda komuter atau disebut juga touring bike memang dibuat khusus agar cocok digunakan untuk perjalanan yang cukup jauh. Rangkanya yang kuat akan mampu menahan beban berat. 

Sepeda jenis ini dilengkapi dengan lampu yang akan memudahkan kamu melakukan perjalanan di malam hari. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan lupa membeli rantai untuk sepeda kamu agar tetap aman diletakkan dimanapun dalam perjalanan. 

Nah, itulah beberapa jenis sepeda yang penting untuk kamu ketahui. Membeli sepeda dengan jenis yang tepat akan lebih memudahkan aktivitas dan perjalanan kamu. Lalu, manakah jenis sepeda yang cocok untuk mu? 

Penulis: Raka 12 Jan 2021 590