5 Wisata Bangka yang Tak Terlupakan, Tahu yang Pertama?

5 Wisata Bangka yang Tak Terlupakan, Tahu yang Pertama?

Wisata Bangka pada mulanya tidak terlalu dikenal. Namun, setelah meledaknya film Laskar Pelangi akhirnya menjadi destinasi favorit untuk liburan. Pulau Bangka yang merupakan pulau terbesar kesembilan di Indonesia, nyatanya menyimpan banyak objek wisata yang sangat luar biasa indah. 

Salah satu yang terkenal hingga sekarang pulau kembar yang memiliki pantai berbatu granit yang besar. Serta banyak sekali wisata yang tak kalah indahnya bila dibandingkan dengan pulau lain yang ada di Indonesia. Bisa dibilang Bangka adalah surga wisata yang memang wajib kamu kunjungi saat liburan nanti.

Inilah 5 Wisata Bangka yang Tak Terlupakan

Kamu yang belum mempunyai rencana liburan akhir tahun ini, tak ada salahnya apabila memasukkan pesona wisata pulau Bangka ke dalamnya. Di sini kamu akan menemukan banyak wisata pantai yang sangat indah serta wisata alam lainnya. Apa saja wisata terkenal dari Bangka, berikut ulasan singkatnya untuk kamu:

1. Danau Kaolin Aek Biru

Wisata Bangka satu ini mungkin tidak akan pernah kamu temui di tempat lainnya. Ya, sebagai pulau yang mata pencahariannya sebagai buruh tambang timah, pulau Bangka memiliki wisata yang merupakan akibat penggalian tambang timah. Nama wisata tersebut adalah danau Kaolin yang berlokasi di Jl. Raya Desa Nibung.

Danau ini dikenal dengan pesonanya yang Instagram Worthy. Begitu kandungan timahnya habis, danau ini kemudian merefleksikan langit biru yang indah. Tidak hanya berwarna biru, di tempat wisata ini juga ada danau yang berwarna hijau yang semakin menambah daya tarik indahnya danau Kaolin.

2. Gurun Pelawan Namang

Banyaknya tambang timah yang ada di Bangka menjadikan wisatanya tak jauh dari bekas aktivitas tambang. Contoh lainnya adalah wisata Gurun Pelawan Namang. Akhir-akhir ini, wisata ini menjadi hits dan menarik untuk dikunjungi.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Lokasi perbukitan yang menyatu dengan gurun pasir seakan satu paket yang sangat indah. Lokasi wisata ini berada pada kompleks hutan Pelawan. Yang menambah daya tarik wisata ini adalah eksotisnya yang menjadikannya mirip dengan gurun Atacama yang berada di negara Chile.

3. Pantai Dinding Batu Belinyu

Kamu sudah pernah lihat film Laskar Pelangi, bukan? Di film itu terdapat pantai yang memiliki batu besar yang sangat unik. Nah, saat liburan ke Bangka kamu pun dapat melihat dengan nyata pantai dengan batu raksasa tersebut.

Memiliki nama Pantai Dinding Batu Belinyu, lokasi wisata Bangka ini terletak di Teluk Kelabat, Air Jukung, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Ciri khas pantai ini adalah batuan granit yang berukuran 20 x 15 meter dan memiliki ketebalan lebih dari 5 meter. Ada juga batu yang mirip dengan ikan Pari.

4. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden adalah wisata unggulan pulau Bangka yang terletak di Jl. Raya Pasir Padi, Temberan, Kec. Bukit Intan, Kab. Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Agrowisata ini adalah ikon pulau Bangka yang memiliki area hijau seluas 300 hektar. Destinasi wisata satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

5. Pantai Romodong

Bangka adalah surganya wisata pantai. Pantai Romodong yang berlokasi di Bukit Ketok, Kec. Belinyu Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung ini adalah referensi wisata pantai selanjutnya. Ciri khas pantai ini adalah pasir putih dan air yang jernih. Pastinya, kamu akan betah berlama-lama di tempat ini.

Nah, itulah beberapa referensi wisata Bangka yang wajib kamu ketahui saat akan berencana berlibur ke pulau Laskar Pelangi ini. Aneka wisata pantainya yang indah, tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat berlibur sobat WE+!

Penulis: Raka 30 Dec 2020 95

Penulis: Raka
11 Sep 2020
177
Penulis: Raka
19 Dec 2020
129