5 Kelebihan dan Kelemahan Mobil Hybrid, Ketahui Sebelum Membeli

5 Kelebihan dan Kelemahan Mobil Hybrid, Ketahui Sebelum Membeli

Mobil hybrid merupakan kendaraan yang memiliki lebih dari satu sumber tenaga untuk mengoperasikannya. Kendaraan jenis ini lebih dikenal dengan sebutan mobil listrik. Hal ini karena menggunakan penggabungan antara dengan mesin dengan bahan bakar dan listrik. Lalu, apa kelebihan dan kekurangan mobil dengan sistem seperti ini? 

Kelebihan Mobil Hybrid yang Perlu Diketahui

Disebabkan oleh adanya lebih dari satu sumber tenaga, mobil jenis hibrida ini memiliki sistem pengaturan khusus. Tujuannya agar dapat berpindah dari satu sumber tenaga ke lainnya. Tentunya mobil jenis ini akan memiliki beberapa kelebihan, seperti yang akan diulas di bawah ini.

1. Lebih Hemat BBM

Di dalam menggerakkan mobil hybrid, menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dan mesin penggerak listrik bertenaga baterai. Saat berkendara di tengah kemacetan, penggunaan BBM langsung ditiadakan dan mobil bergerak menggunakan baterai. Hal ini karena mesin didesain berpindah ke motor listrik saat berada di kecepatan rendah.

Mekanisme ini jelas sangat menghemat penggunaan BBM, mengingat saat berada di tengah kemacetan, biasanya mobil sangat boros bahan bakar. Begitu juga saat awal menyalakannya, seluruh sistem kelistrikan mobil dioperasikan dengan tenaga baterai, tanpa menggunakan bahan bakar sama sekali.

2. Akselerasi dan Kecepatan Meningkat

Terdapat stigma di masyarakat bahwa mobil irit BBM berarti performa kecepatan dan akselerasinya kurang. Namun, meskipun mobil hybrid sangat hemat BBM, ternyata akselerasi dan kecepatannya cukup baik. Hal ini disebabkan karena adanya dua mesin dengan tenaga bensin dan baterai yang saling mendukung untuk menambah kekuatan pacunya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Lebih Ramah Lingkungan

Mobil hibrida tergolong dalam kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Penyebabnya adalah penggunaan bensin rendah yang membuat emisi gas buangnya juga sangat minim. Akibatnya, pencemaran lingkungan akibat gas buangan knalpot dapat diminimalisir. Itulah sebabnya, banyak orang mulai beralih pada kendaraan hibrida untuk mengurangi pemanasan global.

4. Getaran Mesin Lebih Halus

Saat ini, jalanan di kota besar sering mengalami kemacetan. Hal ini sering membuat pengendara mobil sering merasa tidak nyaman akibat kebisingan dan getaran yang dikeluarkan mesin saat kecepatan rendah. Namun, pada mobil hibrid, hal ini diminimalisir karena saat terjebak macet, mesin yang aktif menggunakan tenaga baterai, sehingga minim suara dan getaran.

5. Perpindahan Gigi Terasa Halus

Pada mobil hybrid, transmisi yang digunakan adalah tipe CVT (Continuously Variable Transmission). Dengan tipe transmisi ini, pengemudi maupun penumpang akan mengalami perpindahan gigi yang sangat halus dan nyaris tidak terasa. Ini artinya, dari segi kenyamanan berkendara, mobil hibrid memiliki keunggulan.

Kekurangan yang Dimiliki Mobil Hybrid

Sangat wajar jika ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Begitu juga pada mobil jenis hibrida ini. Beberapa kekurangan yang dimiliki adalah harga dan biaya perawatan yang sangat mahal. Bahkan, selisih antara kendaraan jenis ini dengan mobil non hybrid bisa mencapai puluhan juta lebih mahal.

Selain itu, mobil ini memiliki banyak komponen yang rentan air. Jadi, risiko kerusakan saat terjadi banjir sangat tinggi. Namun, untuk meminimalisir risiko ini, pemilik mobil dapat memanfaatkan adanya asuransi yang menyediakan perlindungan terhadap risiko akibat banjir. 

Itulah berbagai kelebihan dan kelemahan mobil listrik atau hybrid. Dengan penjelasan tentang kelebihan dan kekurangannya, tentunya kamu sudah dapat menentukan apakah akan menggunakan mobil hybrid atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat ya sobat WE+! 

Penulis: Raka 28 Jul 2021 203