Mau Beli Mobil Bekas? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Mau Beli Mobil Bekas? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Memiliki kendaraan pribadi menjadi mimpi sebagian besar seseorang, baik yang sudah maupun belum berkeluarga. Wajar sih, selain mempermudah aktivitas, keberadaan mobil masih menjadi tolok ukur kesuksesan seseorang. Oleh karena itu, beli mobil bekas menjadi salah satu solusi bagi sebagian orang.

Tak dipungkiri, jika dibandingkan dari segi harga mobil bekas tentu jauh lebih terjangkau. Lumayan, selisihnya bisa dipakai untuk mencukupi kebutuhan lain. Apalagi jika dipadukan dengan kejelian, maka kualitas mobil bekas pun bisa mendekati selayaknya mobil baru. Nah, kamu tertarik untuk berburu mobil bekas?

Poin Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas

Sebelum beli mobil bekas, modal utama yang harus kamu miliki adalah mental. Yup, tak perlu gengsi dengan keberadaan mobil bekas, karena memang kemampuan setiap orang berbeda. Selanjutnya, pastikan kamu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk meminang mobil bekas:

1. Siapkan dan Survei Harga

Sebelum berburu terlalu jauh, alangkah lebih baik jika kamu survei harga terlebih dahulu. Selain mengecek melalui situs online, kamu juga bisa bertanya-tanya kepada teman yang paham dengan dunia otomotif. Setelah itu, siapkan budget yang diperlukan dan berikan space, karena mungkin kamu perlu mengadakan sedikit perbaikan atau modifikasi.

2. Cek Kondisi Mesin

Mengecek kondisi mesin merupakan hal paling penting dalam proses beli mobil bekas. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membawa teman atau mekanik yang paham dengan mesin mobil incaran. Sebab, jika mesin yang bermasalah, bukan tidak mungkin kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan perbaikan.

Selain itu, ada banyak hal yang harus dicek. Mulai dari kemudahan mesin untuk di-starter, suara mesin, performa, rem, transmisi, hingga kaki-kaki mobil. Begitu juga pada komponennya, pastikan tidak terjadi kebocoran. Untuk memastikannya, lakukanlah test drive terlebih dahulu. Jika penjual tidak mengizinkan, maka batalkan pembelian.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Cek Aksesoris dan Interior

Jangan pernah melewatkan pengecekan terhadap aksesoris dan interior mobil. Pastikan semua fitur yang ada masih berfungsi dengan baik, seperti sistem audio, AC, switch lampu, dan perangkat dashboard lainnya. Begitu juga dengan fitur keamanan seperti sabuk pengaman, airbag (jika ada), alarm, dan lain-lain.

Cobalah untuk duduk pada jok depan, tengah, dan belakang, cek apakah kondisinya masih layak dan nyaman. Alangkah lebih baik, jika kamu bisa memastikan bahwa aksesoris tersebut masih asli bawaan mobil atau bukan. Dan hindari beli mobil bekas yang interiornya bau apek, karena menandakan bahwa mobil tersebut pernah kebanjiran.

4. Cek Eksterior Mobil

Selain bagian dalam, kondisi body mobil (eksterior) juga harus diperhatikan secara cermat dan menyeluruh. Hal penting yang harus diperiksa, yaitu chasis atau rangka mobil dalam kondisi prima, dalam artian tidak ada bekas perbaikan atau tabrakan. Selain itu, pastikan keaslian bagian pintu, kaca, kap mesin, maupun cat. 

5. Kelengkapan Dokumen

Setelah melakukan pengecekan secara menyeluruh dan cocok, jangan lupa untuk menanyakan kelengkapan dokumen, seperti faktur, BPKB, dan STNK. Cocokkan nomor yang tertera pada dokumen dengan nomor pada mesin dan rangka mobil. 

Lebih baik lagi, tanyakan juga catatan service mobil yang sudah pernah dilakukan. Dengan service record ini, kamu bisa mengetahui kepribadian pemilik mobil serta penggunaannya. Mobil yang rutin di servis, maka akan lebih terawat dan tidak rewel. 

Jika kelima langkah di atas kamu ikuti dengan baik, dijamin kamu bisa membeli mobil bekas yang baik. Poin penting lain yang harus kamu lakukan adalah bersabar, jangan terburu-buru saat ingin beli mobil bekas. Jangan pasrah begitu saja dengan pilihan yang ada di depanmu, karena mungkin di luar sana masih banyak yang lebih baik. Cari dengan teliti dan sabar agar mendapatkan mobil bekas terbaik yang bisa kamu beli ya sobat WE+.

Penulis: Raka 21 Jan 2021 165