5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Stabil dan Tertata Rapi

5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Stabil dan Tertata Rapi

Bagi sobat WE+ yang sedang menggeluti sebuah usaha, salah satu hal yang penting untuk dikuasai adalah cara mengatur keuangan. Sebab, mengatur keuangan sangat menentukan dalam perkembangan bisnis atau usaha. Jika masalah keuangan dapat dikelola dengan baik, maka kondisi keuangan pun akan dapat dipantau dengan jelas. 

Tidak jarang bagi sebagian pengusaha atau pebisnis justru masih mencampur-adukkan keuangan pribadi dan keuangan. Akibatnya, pengelolaan keuangan menjadi berantakan. Oleh karena itulah, sebagai seorang pengusaha, kamu perlu mengetahui cara mengatur keuangan usaha. Bagaimana caranya? Simak pembahasannya berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Usaha

Kesalahan dalam mengatur keuangan usaha akan menyebabkan keuangan usaha sulit untuk dikembangkan. Dalam mengatur keuangan membutuhkan cara-cara tertentu yang harus diperhatikan agar keuangan stabil dan tertata dengan tapi. Berikut ini cara mengatur keuangan usaha yang baik dan benar: 

  1. Lakukan Perencanaan Keuangan Secara Umum 

Melakukan perencanaan keuangan penting untuk dilakukan bagi kamu yang baru akan terjun ke dalam usaha kecil. Beberapa hal yang perlu kamu pikirkan adalah program apa saja dan rencana usaha dalam usaha periode panjang, dan bagilah perencanaan tersebut ke dalam beberapa periode pendek seperti triwulan, bulanan, atau bahkan mingguan.

Untuk menjalankan program yang telah kamu rencanakan, lakukan perhitungan secara detail. Serta tentukan juga kapan program tersebut dijalankan. Dengan perencanaan yang matang, maka keuangan juga bisa dikelola dengan lebih mudah. 

  1. Buat Perencanaan Pendapatan 

Faktor yang perlu diperhatikan ketika membuat perencanaan pendapatan adalah harus mampu memenuhi kebutuhan modal yang sudah direncanakan di awal tadi. Kamu bisa mengawalinya dengan bagaimana rencana usaha kamu dapat mendatangkan pendapatan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Dalam membuat perencanaan pendapatan, beberapa hal yang harus kamu lakukan adalah produk apa yang akan dijual, berapa target penjualan, strategi apa yang akan digunakan untuk mencapai target penjualan, hingga memastikan setiap penjualan yang dihasilkan menghasilkan keuntungan.

  1. Buat Budgeting Secara Rutin

Kamu perlu membuat pembatas untuk membantu membatasi pengeluaran sesuai koridor yang sudah ditentukan dan estimasi sebelumnya dengan cara membuat budgeting secara rutin. Lakukan budgeting secara berkesinambungan setelah kamu menyusun anggaran untuk periode ini. 

Dalam membuat budgeting sesuaikanlah dengan kondisi dari periode bersangkutan. Agar memiliki gambaran yang lebih baik dari yang sebelumnya, kamu bisa menggunakan review dari budgeting untuk usaha kecil dari periode sebelumnya. 

  1. Pastikan Selalu Mengawasi Arus Kas Keuangan

Agar keuangan usaha kamu tetap stabil, kamu perlu mengawasi arus kas keuangan secara berkala. Untuk melakukan hal ini, kamu perlu tingkat ketelitian yang cukup tinggi karena terkadang para pelaku usaha cukup kesulitan untuk melakukannya. Alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk mengawasi arus kas keuangan adalah menggunakan jasa administrator untuk mengontrol arus kas dan menetapkan prosedur keuangan yang baik.

Selain menggunakan jasa administrator untuk mengawasi arus kas, kamu juga bisa menggunakan software akuntansi. Berbagai software akuntansi, nantinya dapat kamu gunakan secara online untuk mengontrol aliran kas hingga membuat laporan arus kas dengan mudah, cepat, dan menyajikan data secara realtime. 

  1. Gunakan Laba untuk Mengembangkan Usaha

Keuntungan dari usaha yang kamu dapatkan, perlu dipergunakan secara bijak. Menikmati hasil jerih payah sendiri memang baik dan menyenangkan, namun kamu juga perlu mengembangkan usaha dari keuntungan atau laba yang kamu dapatkan.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan usahamu adalah  dengan cara menginvestasikan laba usaha ke bidang-bidang yang menguntungkan seperti menambah armada dagang atau penambahan barang-barang dagangan untuk dijual kembali. 

Itulah beberapa cara mengatur keuangan usaha agar tertata rapi dan tetap stabil. Menjadi seorang pengusaha yang sukses memang tidak mudah, namun bukan tidak mungkin untuk mewujudkannya. Mulailah dari mengatur keuangan usaha kamu agar usahamu terus berkembang lebih besar.

Penulis: Raka 31 Jul 2021 50

Penulis: Raka
11 Sep 2020
324
Penulis: Raka
13 Sep 1212
457
Penulis: Raka
24 May 2021
537