Begini 5 Cara Menyiapkan Tabungan Anak yang Baik dan Benar

Begini 5 Cara Menyiapkan Tabungan Anak yang Baik dan Benar

Punya keinginan untuk menyekolahkan anak hingga ke perguruan tinggi? Sebaiknya menyiapkan biayanya sedari awal, sebab semakin tahun, biaya pendidikan semakin tinggi. Itulah sebabnya penting untuk menyediakan tabungan anak yang khusus untuk segala keperluannya saat kuliah nanti. Lalu, bagaimana cara menyiapkan tabungan untuk anak yang baik dan benar? 

Tips Menyiapkan Tabungan Anak 

Biaya pendidikan yang harus disiapkan tidak hanya untuk uang sekolah saja, melainkan pos pengeluaran lain seperti bayar kos, buku, alat praktik, dan lain sebagainya. Tentunya bukan jumlah yang kecil, bukan? Agar mudah mempersiapkannya, ada baiknya menerapkan beberapa tips di bawah ini.

1. Melakukan Riset

Maksudnya, kamu perlu mengetahui biaya yang dibutuhkan saat anak memasuki usia kuliah nanti. Caranya adalah dengan mengunjungi website resmi universitas idaman yang menjadi pilihan. Bukankah biaya pendidikan terus meningkat? Ya, riset yang dilakukan hanya untuk memperkirakan dana yang harus disediakan.

Idealnya, target tabungan anak adalah besar biaya saat ini, ditambahkan dengan tingkat inflasi. Tujuannya adalah untuk meminimalisir perbedaan antara dana yang ditabung dengan biaya saat nanti si anak memasuki masa kuliah. Dengan melakukan riset ini, kamu dapat mengetahui jumlah uang yang harus disisihkan sebagai tabungan untuk biaya pendidikan anak.

2. Melakukan penghematan

Setelah mengetahui harus menyisihkan berapa setiap bulannya, langkah selanjutnya adalah menabung dengan disiplin dibarengi melakukan penghematan. Contohnya, tak usah terlalu sering nonton di bioskop atau nongkrong di kafe dan mengalokasikan uang tersebut untuk ditabung. Percayalah, penghematan sederhana ini cukup efektif, lho.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Mulai Sejak Anak Masih Usia Dini

Jika bertanya kapan saat yang tepat untuk memulai tabungan sekolah anak, jawabannya adalah sekarang juga. Bahkan, beberapa orang tua mengambil langkah bagus dengan memulai tabungan untuk pendidikan anak sejak masih dalam kandungan. Lebih cepat lebih baik, bukan? Dengan demikian, jangka waktu menabung bisa lebih panjang, sehingga hasilnya makin optimal.

Kamu bisa memilih tabungan konvensional, atau tabungan khusus pendidikan. Biasanya, tabungan pendidikan memiliki keuntungan berupa pola menabung yang disiplin, kemudian adanya suku bunga lebih tinggi. Jadi, jika memang berniat menabung untuk biaya sekolah anak, produk ini bisa menjadi pilihan karena idealnya, tabungan ini terpisah dari simpanan lainnya.

4. Menabung Dalam Bentuk Emas

Logam mulia emas ini masih merupakan produk investasi favorit yang cukup menguntungkan. Meskipun mengalami kenaikan dan penurunan harga, tetapi tren nilainya selalu meningkat setiap tahunnya. Oleh karena tabungan untuk pendidikan anak merupakan simpanan jangka panjang, memilih emas sebagai instrumen penyimpanan ini cukup tepat dan tahan terhadap inflasi.

5. Membeli Asuransi Pendidikan

Produk ini punya banyak manfaat, diantaranya menjamin dana pendidikan tetap dapat dipenuhi meskipun terjadi risiko pada pemegang polis. Selain itu, umumnya produk asuransi pendidikan memiliki program yang membantu orang tua merencanakan biaya sekolah anak sesuai usianya. Contohnya, dana cair saat anak masuk SD, SMP, SMA, hingga kuliah.

Itulah berbagai cara untuk mempersiapkan tabungan untuk anak yang baik dan benar. Kesimpulannya, mempersiapkan tabungan anak harus dimulai sejak dini dan melakukannya pun perlu menggunakan cara smart. Hal ini disebabkan orang tua berpacu dengan waktu, tingkat inflasi, dan risiko yang ada. Dengan persiapan dan cara yang matang, maka tabungan untuk anak bisa dipenuhi dengan baik dan optimal. 

Penulis: Raka 28 Jul 2021 61

Penulis: Raka
31 Aug 2021
43
Penulis: Raka
07 Sep 2021
23