4 Perbedaan Asuransi Rawat Inap dan Rawat Jalan

4 Perbedaan Asuransi Rawat Inap dan Rawat Jalan

Kini cara untuk menjaga kesehatan dan memproteksinya sudah banyak, salah satunya dengan membeli produk asuransi kesehatan. Namun, sebelum menentukan akan membeli asuransi mana, calon pemegang polis akan mempertimbangkan asuransi rawat inap atau rawat jalan. Lantas, apa perbedaannya?

Kedua jenis proteksi ini memberikan bermacam manfaat untuk proteksi kesehatan. Keduanya juga memiliki kelebihan masing-masing sesuai dengan produk asuransi yang ditawarkan. Mulai dari harga yang harus dibayar tiap bulannya sampai fasilitas yang akan didapatkan. Kini, tergantung kebutuhan pemegang polis.

Biasanya yang paling sering dipilih adalah asuransi untuk rawat inap. Mengingat biaya rawat inap di rumah sakit yang cukup mahal saat ini. Namun, beberapa juga menambahkan fasilitas rawat jalan, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pada dasarnya, keduanya memiliki ketentuan berbeda, berikut penjelasannya.

Pengertian Asuransi Rawat Jalan 

Sebelum lebih jauh membahas perbedaan asuransi rawat jalan dan rawat inap, sebaiknya pahami dahulu apa pengertian dari keduanya. Kedua jenis asuransi ini sudah terlihat berbeda dari pengertiannya. Pengobatan rawat jalan atau pengobatan yang dilakukan secara mandiri, tidak perlu untuk menginap di rumah sakit. Asuransi rawat jalan akan mengacu pada proteksi biaya yang dikeluarkan untuk konsultasi dokter, dan obat-obatan yang diberikan.

Biasanya, asuransi rawat jalan dijadikan manfaat tambahan dari asuransi rawat inap. Dimana setelah proses rawat inap, pasien akan disarankan untuk pemeriksaan kembali atau kontrol beberapa kali untuk keperluan pengecekan kesehatan.

Pengertian Asuransi Rawat Inap 

Asuransi yang memproteksi pemegang polis apabila harus menjalani perawatan atau proses rawat inap di rumah sakit. Dimana berarti perawatannya harus melalui proses menginap atau bermalam di rumah sakit. Jika penanganan perawatan hanya perlu istirahat di ruang rumah sakit beberapa jam saja atau dipulangkan di hari yang sama, maka bukan termasuk rawat inap.

Perbedaan Asuransi Rawat Inap dan Rawat Jalan

Menentukan asuransi yang dibeli juga memerlukan perhatian tersendiri agar benar-benar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Kenali perbedaan produk asuransi Rawat Inap dan Rawat Jalan dari 4 hal berikut ini untuk mempermudah dalam memilih.

1. Kapan Asuransi Memberikan Perlindungan

Perbedaan utama kedua jenis asuransi tersebut terletak pada kegunaannya dalam memproteksi proses penyembuhan. Asuransi rawat inap akan dibutuhkan jika memang diharuskan menginap di rumah sakit. Lain halnya dengan asuransi rawat jalan, manfaatnya akan didapatkan pada masa pemulihan setelahnya.

2. Lokasi Perawatan

Sesuai dengan namanya, rawat inap hanya dapat digunakan untuk menanggung biaya pengobatan perawatan di rumah sakit dalam jangka waktu lebih dari semalam. Sedangkan perlindungan asuransi untuk rawat jalan, termasuk perawatan di rumah namun tetap dalam pengawasan dokter. Rawat jalan hanya akan mewajibkan pasien untuk pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit.

3. Biaya

Dengan manfaat yang lebih besar yang akan didapatkan, biaya untuk rawat inap tentu akan lebih mahal. Pasalnya ada beberapa biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan asuransi jika pemegang polis harus opname. Seperti biaya kamar, peralatan medis, kunjungan dokter dan lain sebagainya. Biaya-biaya tersebut akan terus bertambah selama masih perawatan di rumah sakit.

Sementara untuk asuransi rawat jalan, perusahaan asuransi sebagian besar menerapkan kebijakan pelayanan. Seperti pembatasan pelayanan sehingga pemegang polis harus ke dokter umum terlebih dahulu untuk mendapat rujukan ke dokter spesialis. Selain itu, pembatasan frekuensi kunjungan dalam satu tahun, pembatasan rumah sakit pilihan dan lainnya.

4. Bentuk Fleksibilitas dalam Pemilihan Manfaat

Beberapa jenis asuransi kesehatan kini sudah dapat dikatakan fleksibel. Serta sudah dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar Premi. Pada asuransi rawat jalan, kamu dapat memilih jenis risiko penyakit apa yang di-cover. Berbeda juga pada asuransi rawat inap, kamu juga akan diminta untuk memilih kelas kamar yang dapat digunakan.

Setelah mengetahui pengertian dan perbedaannya, pilihlah asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Pastikan proteksi kesehatan juga memberikan manfaat asuransi rawat inap dan rawat jalan dalam satu Polis.

Penulis: Raka 02 Nov 2020 67

Penulis: Raka
11 Sep 2020
99