Lakukan Hal Berikut untuk Kontrol Kadar Kolesterolmu

Lakukan Hal Berikut untuk Kontrol Kadar Kolesterolmu

Halo Sobat WE+, membicarakan tentang cara untuk kontrol kadar kolesterol di dalam darah memang tidak bisa lepas dari pola makan yang sehat dan juga rutin berolahraga. Selain itu, juga harus teratur melakukan tes kolesterol atau yang biasa disebut juga dengan pemeriksaan profil lipid. Tes ini merupakan pemeriksaan medis berupa tes darah yang bertujuan untuk mengukur jumlah zat lemak atau kolesterol dan trigliserida yang ada di dalam darah. 

Dengan melakukan tes kolesterol atau pemeriksaan profil lipid kamu dapat mengetahui apakah kadar kolesterol di dalam darah kamu tinggi atau rendah. Jika kondisi kadar kolesterol pada tubuh seseorang cukup tinggi akan meningkatkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke. Selain tes profil lipid, inilah beberapa cara sederhana yang kamu lakukan untuk mengontrol kadar kolesterol. 

Cara untuk Kontrol Kolesterolmu di Dalam Tubuh

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan agar ideal merupakan salah satu hal untuk mengontrol kolesterol di dalam darah. Kebanyakan orang dengan berat badan berlebihan dan menderita obesitas berisiko mengalami peningkatan kadar kolesterol lebih tinggi. Untuk itu, sebaiknya sobat WE+ selalu menjaga berat badan agar tetap ideal supaya kadar kolesterol kamu di batas normal. Caranya dengan rutin berolahraga juga dapat menjaga berat badan kamu tetap ideal serta mengkonsumsi makan-makanan yang rendah kalori dan selalu mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

2. Mengkonsumsi Makanan Rendah Lemak

Makanan yang mengandung lemak yang cukup tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk itu, kamu harus menghindari makanan berlemak tinggi dan mengkonsumsi makanan rendah lemak. Contohnya seperti ikan, ayam, putih telur, tempe, tahu, kacang-kacangan, susu rendah lemak, dan daging sapi tanpa lemak. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Sementara itu, ada lemak tinggi yang harus dihindari. Makanan berlemak tinggi yang sering dijumpai yaitu gorengan. Gorengan memang menjadi makanan favorit banyak orang, namun sebaiknya konsumsi gorengan dibatasi ya sobat WE+ karena mengandung lemak jenuh yang tinggi dan buruk untuk kesehatan.

3. Mengkonsumsi Makanan Mengandung Omega-3

Makanan yang mengandung omega-3 disinyalir dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu rutin mengkonsumsi makanan kaya omega-3 yang diantaranya yaitu ikan salmon, tuna, sarden, makarel, biji chia, dan kacang kenari.

4. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 dan makanan rendah lemak, mengkonsumsi makanan berserat terutama serat larut juga sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Beberapa makanan yang mengandung serat larut diantaranya yaitu apel, pir, wortel, brokoli, lobak, ubi jalar, kacang merah, dan gandum. Jika kamu menginginkan asupan serat larut yang lebih praktis dapat mengkonsumsi produk suplemen yang mengandung beta glucan dan inulin.

5. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat memicu menurunnya kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh sehingga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Tidak hanya dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol di tubuh, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih kaku. Akibatnya, akan meningkatkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke.

Itulah hal yang harus kamu lakukan untuk kontrol kolesterol supaya tetap terjaga dan lebih seimbang. Bagi kamu yang suka makanan berminyak seperti gorengan sebaiknya dihindari dan penting untuk menjaga makanan yang dikonsumsi serta melakukan olahraga secara rutin. Dengan begitu, kadar kolesterol tubuh bisa tetap ada di batas normal ya sobat WE+.

Penulis: Raka 25 Jan 2021 32