Market place asuransi WE+ berkolaborasi dengan Alfamart, ACA, Adira Insurance Syariah, dan Simas Insurtech memperkenalkan layanan inovatif digital untuk pembelian asuransi mikro dan pengajuan klaim. Melalui layanan tersebut, nasabah dapat membeli asuransi dan mengambil dana klaimnya di lebih dari 13.900 gerai Alfamart di seluruh Indonesia.
Bagi perusahaan asuransi, dengan 13.900 gerai Alfamart sebagai claim payment point dari WE+ tentu saja akan membuat lebih efektif distribusi klaim dan lebih efisien untuk membangun sebuah kantor cabang. Setiap klaim yang diajukan nasabah tentu saja tetap harus melalui persetujuan pihak asuransi terlebih dahulu.
Diungkapkan Founder & CEO WE+ Fifi Henirawati, “Saat ini, berdasarkan data OJK (Otoritas Jasa Keuangan) per April 2019, hanya 60% orang Indonesia yang memiliki rekening bank. Untuk itu, WE+ berkomitmen untuk menciptakan akses teknologi digital yang memudahkan masyarakat dalam pengajuan klaim langsung ke pihak asuransi yang bersangkutan. Adanya kerja sama dengan Alfamart untuk akses klaim terluas pertama di Indonesia tentunya memberikan solusi kepada masyarakat.”
Produk ACA yang dananya dapat diklaim melalui Alfamart adalah asuransi Deman Berdarah dengan premi Rp 10 ribu (3 bulan) dan Rp 50 ribu (1 tahun). Selain produk asuransi Demam Berdarah, produk asuransi mikro dari ACA yang dapat dibeli melalui WE+ antara lain Asuransi Dana Gempa, Asuransi Kecelakaan Diri Warisanku, Asuransi Rumahku, Asuransi Stop Usaha Erupsi, dan Stop Usaha Gempa Tsunami.
Sementara itu, produk Adira Insurance Syariah yang dananya bisa diklaim melalui Alfamart adalah Asuransi Demam Berdarah (DBD) Syariah dengan premi Rp 17.500 (3 bulan), Rp 30 ribu (6 bulan), dan Rp 50 ribu (1 tahun).
Selanjutnya, untuk Simas Insuretech, jenis asuransi yang bisa diklaim melalui gerai Alfamart adalah Simas Insurtech Flight Delay dengan premi Rp 50 ribu (durasi penerbangan min 2 jam) dan Rp 75 ribu (durasi penerbangan min 2 jam).
“Khusus untuk produk asuransi DBD ACA dan Adira Insurance Syariah, setelah proses klaim disetujui oleh pihak asuransi, nasabah akan memperoleh notifikasi dari pihak WE+ berupa kode voucher yang dapat dicairkan di gerai Alfamart dalam waktu tujuh hari. Sementara itu, untuk produk Flight Delay dari Simas Insurtech, kode voucher klaim dapat dicairkan dalam waktu 14 hari,” papar Fifi.
Lebih lanjut ia menerangkan, sebagai smart insurance marketplace, di awal berdirinya pada tahun 2018, WE+ hanya memiliki 1 produk dan mitra asuransi. Kini, menginjak tahun kedua, sudah lebih dari 20 mitra asuransi dan 10.000 produk asuransi yang bergabung.
“Premi bisa dibayar secara online dan offline dengan proses yang mudah di WE+. Keseluruhan produk asuransi tersebut sebelumnya melalui proses kurasi yang valid oleh tim WE+. Di sisi lain, perlindungan data nasabah juga menjadi hal penting bagi WE+. Setiap data nasabah ataupun calon customer di WE+ dipastikan aman dan tidak diperjual-belikan,” tuturnya.
Sementara itu, ditegaskan Marketing Director Alfamart Ryan Alfons Kaloh, belasan ribu gerai ALFAMART merupakan nilai lebih yang dapat mendukung terealisasinya objektif utama dari kolaborasi WE+ dan perusahaan-perusahaan asuransi. “Program ini merupakan sistem klaim online di retail offline pertama di Indonesia,” tutupnya.
-
Sumber: https://mix.co.id/marcomm/news-trend/we-jadikan-alfamart-sebagai-kanal-pembayaran-klaim-asuransi/
Waktu Publikasi: Rabu, 20/11/2019
Penulis: Dwi Wulandari